.

.

Rubrik

.

Sabtu, 25 Juni 2016

Semarak Puncak Perayaan Hari Jadi Kab Lutra ke 17

Syahrul Harapkan Perubahan yang Lebih Baik, Indah dengan Sambutan Puitisnya
Gubernur Sulsel, Syahrul Yasin Limpo                                Bupati Luwu Utara, Indah Putri Indriani
MASAMBA, Tabloid SAR-- Peringatan Hari Jadi Kabupaten (Kab) Luwu Utara (Lutra) ke-17 yang digelar, Rabu 27 April 2016, di Lapangan Taman Siswa Masamba, nampak berlangsung sangat meriah dan semarak.

Pasalnya, bahwa kesemarakan tersebut adalah bukan hanya semata karena adanya Evi Masamba dan teman-temannya sesama artis, yang hadir menghibur segenap hadirin dengan tembang-tembang dankdutnya yang lawas-lawas.

Akan tetapi, karena memang Indah Putri Idriani adalah membawa membawa fenomena tersendiri di atas panggung kekuasaan pada tingkat kepala daerah, sebagai satu-satunya perempuan yang tambil menjadi bupati di Provensi Sulawesi Selatan (Sulsel) ini.

Adapun acara yang dihadiri oleh Gubernur Sulsel, Syahrul Yasin Limpo, lebih istimewa lagi karena dihadiri pula oleh mantan Bupati Lutra, H Arifin Junaidi, tak lain adalah rivalitas politik Bupati Indah Putri Indriani, pada Pilkada Serentak 2015 lalu.

Nampak pula hadir Ketua DPRD Sulsel Moh Rum, para kepala dan wakil kepala se Tana Luwu, sejumlah legislator baik di tingkat pusat maupun anggota DPR RI, DPRD Sulsel dan segenap pimpinan dan anggota DPRD Kab Lutra, para unsur Pimpinan Muspida Kab Lutra dan daerah-daerah tetangga, serta para undangan hingga masyarakat dari berbagai lapisan.

Menurut hasil liputan langsung wartawan Tabloid SAR pada puncak acara Hari Jadi Kab Lutra tersebut, diawali dengan acara serah terima jabatan (sertijab) antara Penjabat Bupati Lutra Andi lham Gazalin dengan Bupati Terpilih, Hj Indah Putri Indriani.

Gubernur Sulsel, Syahrul Yasin Limpo, melalui pidatonya adalah sangat mengapresiasi kinerja Pemkab Lutra di bawah duet kepemimpinan Bupati dan Wakil Bupati Luwu Utara, Hj Indah Putri Indriani dan HM Thahar Rum.

Syahrul Yasin Limpo dalam pidatonya yang tanpa teks berpesan, kita sangat berharap pada duet kepemimpinan Indah dan Thahar ini agar senantiasa kompak dalam membawa perubahan yang lebih baik, khususnya adalah bagaimana meningkatkan kesejahteraan hidup bagi rakyat Lutra.

Menurutnya, bahwa Rahmat Allah SWT telah menyediakan potensi alam yang begitu melimpah bagi daerah Lutra ini. Karena di laut ikan tinggal diambil, di pesisir pantai dapat menjadi tempat pembudidayaan rumput laut.

Ujarnya lagi, halnya di daratan rendah dapat dioptimalkan sebagai lahan pertanian yang produktif. “Termasuk di lereng-lereng gunung adalah dapat pula dimanfaatkan untuk budidaya tanaman perkebunan dan pengembangan peternakan,” papar Syahrul.

Syahrul pun mengutarakan, apabila Pemkab Lutra dapat mengelola potensi alam yang begitu melimpah tersebut dengan baik, arif dan bijaksana, maka akan dapat mensejahterakan hidup rakyat di daerah ini. “Jadi sudah sangat sejalan dengan tema Hari Jadi Lutra ke 17 ini ‘Ayo, Bangkitkan Ekonomi Kerakyatan’. Thema ini sangat saya apresiasi,” ucap Ketua DPD Golkar Provinsi Sulsel tersebut.

Banyak hal yang dipesankan oleh Gubernur Sulsel ini. Syahrul tak lupa meminta kepada duet kepemimpinan Bupati Indah dan Wakil Bupati M Thahar Rum, supaya mewujudkan pemerintahan daerah yang baik dan bersih (good dan clean government).

Halnya dalam sistem pelayanan publik, tidak lupa pula menjadi pesan khusus oleh orang nomor satu di Provinsi Sulsel ini, agar masyarakat dilayani dengan sebaik-baiknya. "Terlebih lagi terahadap sistem pelayanan kesehatan dan pendidikan," imbuhnya.

Pesan Syahrul lainnya adalah meminta kedua pemegang tampuk pemerintahan di Lutra ini, agar dapat mengakselerasi pembangunan infrastruktur untuk kepentingan fasilitas publik. Misalnya, seperti pembangunan jalan dan jembatan untuk dapat membuka akses perekonomian rakyat pada desa-desa yang masih terisolasi.

Namun jelasnya, bahwa Syahrul mengingatkan pada Bupati Indah dan Wakil Bupati M Thahar Rum agar selalu dan terus kompak. Bagaimana duet kepemimpinan di Lutra ini, dalam mengambil setiap kebijakan adalah dituntut untuk senantiasa memanusiakan manusia sesuai dengan harkat dan martabat manusia itu sendiri.

Karena pelaksanaan pembangunan, pada dasarnya adalah tidak lain untuk mengangkat harkat martabat kehidupan menusia, apapun latarbelakang kehidupan sosialnya. Begitulah inti dari pidato Gubernur Syahrul Yasin Limpo pada puncak peringatan Hari Jadi Kab Lutra ke 17 tersebut.

Sedangkan Bupati Lutra, Indah Putri Indiani yang tampil lebih awal untuk menyampaikan sambutannya yang kedengarannya sangat puitis. Indah, begitu sapaan akrab Bupati Lutra ini, di tengah memaparkan prestasi yang diraihnya bersama mantan Bupati H Arifin Junaidi.

Kemudian bupati yang berparas cantik ini menuturkan, “ambil tanganku kuambil tanganmu" yang disambut applause teputangan dengan sangat meriah oleh segenap hadirin.

Maka sudah barang tentu adanya ungkapan puitis yang dilontarkan oleh bupati perempuan pertama di Sulsel ini, tak lain untuk memberikan pesan kepada seluruh kalangan, untuk bersatu padu dalam membangun Lutra ke depan.

Terkhusus lagi bahwa ungkapan puitis ini, ia lontarkan untuk juga mengajak lawan politiknya pada Pilkada Serentak 2015 lalu. “Kini tidak ada lagi lawan, tidak ada lagi kubu 'PINTAR' atau 'MANASSA' yang ada adalah KITA," ujar Indah dengan nada keibuannya dan lagi-lagi disambut applause teputangan yang membahama.

Terpenting ke depan, sambung Indah, bahwa bagaimana merajut kembali kebersamaan dan bersama-sama membangun Lutra yang semakin maju, demi membawa perubahan yang lebih baik bagi kesejahteraan hidup rakyat di daerah kita ini.

“Mari bergandengan tangan, senafas dalam cita cita untuk harapan besar dalam melakukan perubahan dengan satu tujuan, yaitu untuk mewujudkan Lutra yang menjadi daerah yang lebih baik, berkeadilan dan bermartabat,” tandas Indah.

Indah pun mengajak kepada seluruh aparat birokrasi di lingkup Pemkab Lutra, aar bersama-sama berbuat untuk rakyat, yang ada manfaatnya bagi rakyat, dengan melakukan pelayanan dengan motto, “melayani dengan hati, sepenuh hati, dengan hati-hati dan tidak sesuka hati”. Kembali hadirin memberinya apresiasi dengan applause teputangan yang tak kalah meriahnya.

“Semoga motto ini tidak menjadi slogan semata, akan tetapi dijadikan pedoman dan spirit bagi kita segenap aparatur sipil negara, sehingga dalam penyelenggaraan pemerintahan dapat berjalan dengan baik,” tutur Indah.

Pada usia ke-17 ini, tuturnya lagi, sehingga Pemkab mengangkat tema 'Ayo, Bangkitkan Ekonomi Kerakyatan' dengan harapan, untuk menggerakkan ekonomi kerakyatan dalam menyerap tenaga kerja demi menuntaskan persoalan-persoalan kemiskinan di Lutra ini.

Menyinggung soal pasar bebas Asean atau lazim disebut Masyarakat Ekonomi Asian (MEA). Indah pun menyapaikan harapannya agar masyarakat Lutra tidak menjadi penonton di daerah sendiri, tapi jika perlu adalah mampu menjadi pemain di daerah lain.

Banyak pula hal yang dipaparkan oleh Bupati Indah di hadapan Gubernur Syahrul Yasin Limpo. Antara lain sejumlah keberhasilan yang telah dicapai Kab Lutra, salah satunya adalah sudah menjadi daerah surplus beras dan salah satu lumbung beras di Sulsel ini.

Tidak lupa pula orang nomor satu di Lutra ini menyampaikan beberapa mega proyek yang ada di Lutra yang sudah mnejadi prioritas pembangunan Lutra, yakni Jalan Lingkar Munte, Pelebaran Bandara, Terminal Masamba, Bendungan Baliase.

"Kami berharap, pembangunan mega proyek ini bisa berjalan tanpa menggunakan APBD Lutra, tapi dari APBD Provinsi dan APBN. Kami berharap Pak Gubernur bisa membantu ini," pintanya dihadapan orang nomor satu di Sulsel ini.

Indah pun juga berjanji akan memprioritaskan pembangunan infrastruktur jalan dan jembatan untuk membuka isolasi desa-desa pada wilayah-wilayah kecamatan yang masih sangat terpencil, seperti Limbong, Seko dan Rampi.

Sementara menurut yang direlay oleh Tabloid SAR, bahwa sambutan Bupati Indah Putri Idriani pada puncak perayaan Hari Jadi Kab Lutra ke 17 tersebut adalah sangat memberikan nuasa yang begitu menyejukkan.

Nampaknya, bahwa ada komitmen kuat untuk membawa sebuah harapan perubahan yang lebih baih bagi kemajuan pembangunan, demi kemasylahatan hidup rakyat di Lutra ke depan.


Melalui acara ini pula, nampaknya pula Gubernur Sulsel Syahrul Yasin Limpo meresmikan sejumlah proyek di Kab Lutra. Sekaligus dapat memberikan sebuah motivasi dan spirit bagi kemajuan pembangunan Kab Lutra ke depan, di bawah kendali duet kepeminan Bupati Indah Putri Indriani dan Wakil Bupati M Thahar Rum. (Tim Lipsus)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

.