.

.

Monday, 18 July 2016

Berdialog dengan Kepala DPPKAD Kota Palopo, Hamzah Jalante

Bersama Walikota HM Judas Amir Raih WTP

Walikota Palopo, HM Judas Amir (tengah) saat menerima dokumen opini WTP dari Kepala BPK Perwakilan Sulawesi Selatan, Andi K Lologau (kanan) pada Senin, 30 Mei 2016. WTP merupakan sebuah penghargaan supremasi tertinggi dalam sistem tata kelola keuangan pada suatu organisasi pemerintahan.  

           
Kepala DPPKAD Kota Palopo, Hamzah Jalante berfose
bersama dengan istri tercinta, Ny Hj Subiati Hamzah Jalante.
PALOPO, Tabloid SAR- Sungguh luar biasa Pemerintah Kota (Pemkot) Palopo, di bawah Kepemimpinan Walikota HM Juas Amir, karena mampu meraih supremasi tertinggi dalam sistem tata kelola keuangan daerah atau Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD), untuk pertama.

Hal ini, ditandai atas adanya  Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) tahun 2016 dari Badan Pengawas Keuangan Republik Indonesia (BPK RI), yang memberikan predikat opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) terhadap Laporan Keuangan Daerah (LKPD), terkait APBD Pemkot Palopo Tahun Anggaran (TA) 2015.

Tentunya Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) yang paling bertanggungjawab, terhadap sistem pengelolaan keuangan di lingkup Pemkot ini, tidak lain adalah Dinas Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (DPPKAD) Kota Palopo.

Tentunya pula tak terlepas dari peran sentral dari Sekretaris Daerah (Sekda) dalam mengkoordinasikan dinas daerah dan lembaga teknis daerah, khususnya dalam hal kewenangannya tentang pembinaan dan pengawasan terhadap pengelolaan anggaran pada setiap SKPD.

Tanpa terkecuali, pun juga tak terlepas dari peran inspektorat menurut kapasitasnya selaku Aparat Pengawasan Internal Pemerintahan (APIP) dalam menjalankan kewenangannya sebagai auditor keuangan, untuk mendorong terwujudnya penyelenggaraan pemerintahan yang baik dan bersih (good and clean government).

     
Hamzah Jalante adalah sedang bermain musik  orgent,
 mendakan sosok yang memiliki jiwa seni. Sekaligus menunjukkan
potret seorang borokrat yang bersifat low profile dengan
akses pergaulan yang cukup luas. 
Untuk itu maka pada beberapa kesempatan, berdialog dengan Kepala DPPKAD Kota Palopo, Hamzah Jalante. Kemudian saya merangkumnya, Sabtu (02 Juli 2016) dalam bentuk sebuah artikel berita yang tersaji kali ini, sebagaimana kutipan-kutipannya pada halaman 07. Lebih lengkapnya klik label Info Daerah berjudul : Berdialog dengan Hamzah Jalante, WTP Hadiah Surprice bagi Hari Jadi ke-14 Kota Palopo.

Namun yang pastinya bahwa harapan peminjam (Walikota Palopo, red) dan pemberi pinjaman (Kemendagri, red) terhadap penugasan salah satu pejabat struktural pada Kemendagri ini di Pemkot Palopo sudah tercapai. Hal tersebut, ditandai dengan tata kelola pendapatan, keuangan dan aset daerah semakin baik dengan indikator keberhasilan, antara lain : 

1. Pendapatan daerah, seperti Pendapatan Asli Daerah  (PAD), Dana Perimbangan dan lain-lain pendapatan daerah yang sah. sudah melampaui proyeksi pendapatan pada Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kota Palopo 2013-2018.

2. Opini WTP atas audit LKPD Kota Palopo TA.2015 yang merupakan hasil akhir/muara penilaian dari manajemen pengelolaan keuangan mulai dari perencanaan, pelaksanaan, penatausahaan, pelaporan dan pertanggungjawaban.

     
Foto Hamzah Jalante bersama keluarga, mengucapkan
Selamat Idul Fitri 1437 H/2016 M,  Minal Aidin Walfaidzin,
 Mohon Maaf Lahir Batin.  
Hal yang sangat patut diteladani pada diri Kepala DPPKAD Kota Palopo ini, sebab sama sekali tidak menunjukkan sifat-sifat kearogansian gaya kekuasaan sebagai seorang pejabat. Dalam menerapkan suatu arah kebijakan, lebih mengedepankan pendekatan edukasi, ketimbang pendekatan yang bersifat formalistik.

Jadi hal ini, karena latar belakangnya sebagai pengajar bagi para calon pejabat melalui beberapa program Pendidikan Latihan Kepemimpinan (DIKLATPIM) lll yang dilaksanakan Badan Diklat Provinsi Sulawesi Selatan, sehingga membawa paradigma baru terhadap sistem pelayanan publik yang lebih berorientasi pada peningkatan produktifitas birokrasi.

Pada gilirannya bersama dengan Walikota HM Judas Amir, akhirnya mampu mengangkat PAD sekaligus mempersembahkan, predikat opini WTP untuk pertama kalinya bagi Kota Palopo. (***).

No comments:

Post a Comment

.

.