.

.

Tuesday, 26 July 2016

Dinas TPHP Kab Luwu Sosialisasi Gerakan Percepatan Tanaman Padi

Dirangkaikan dengan Penyerahan Hand Traktor  Kepada Para Petani

Bupati Luwu, Andi Mudzakkar, ngobrol santai dengan petani, seusai acara Sosialisasi Gerakan Percepatan Tanaman Padi 5  Panen dalam waktu 2 Tahun se Kecamatan Walenrang Timur yang dipusatkan di Desa Suka Damai, Sabtu (02/07/2016) sore.
    
Bupati Luwu Andi Mudzakkar, bersama para petani di Walenrang Timur 
memantau kondisi Hand Tractor bantuan Pemkab Luwu yang akan 
diserahkan kepada 10 Kelompok Tani di Kecamatan Walenrang Timur.
WALMAS, Tabloid SAR- Dinas Tanaman Pangan Holtikultura dan Peternakan (TPHP) dulunya bernama Dinas Pertanian dan Peternakan (Dispernak) Kabupaten Luwu, menggelar Sosialisasi Gerakan Percepatan Tanaman Padi 5 x Panen 2 Tahun se Kecamatan Walenrang Timur (Waltim) yang dipusatkan di Desa Suka Damai, Kecamatan Walenrang Timur, Kabupaten Luwu, Sabtu (02/07/2016).

Sosialisasi yang digelar oleh Dinas TPHP Luwu tersebut dirangkaikan dengan pembagian bantuan Hand Tractor dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Luwu, melalui Dinas TPHP Luwu.

Sebanyak 10 Kelompok Tani di Kecamatan Waltim yang mendapatkan bantuan Hand Tractor dari Pemkab Luwu, yang diserahkan langsung oleh Bupati Luwu, Andi Mudzakkar, pada saat itu.

Tampak hadir Kepala Dinas TPHP Luwu, Andi Pangerang dan Kepala Desa (Kades) Suka Damai, Ewang, mendampingi Andi Mudzakkar ketika 10 unit Hand Tractor itu dibagikan kepada 10 Kelompok Tani di Waltim itu.

Sebelum Bupati Luwu Andi Mudzakkar, menyerahkan bantuan Hand Tractor sejumlah Kelompok Tani di Waltim, terlebih dahulu Kepala Dinas TPHP Luwu, Andi Pangerang, diberikan kesempatan untuk menyampaikan sambutannya.

Dalam sambutannya, Andi Pangerang mengatakan bahwa bantuan tersebut diserahkan guna membantu para petani dalam mempercepat pengelolaan sawah garapan mereka demi mewujudkan swasembada pangan di Kabupaten Luwu, ujarnya.

Ia menambahkan bahwa bantuan alat pertanian berupa Hand Tractor itu diupayakan oleh Pemkab Luwu melalui Dinas TPHP dengan maksud untuk membantu memudahkan para petani dalam mengelola lahan garapannya sehingga dapat lebih mengefesienkan tenaga dan waktu petani kita, tambahnya.

Selain itu, Andi Pangerang juga menuturkan bahwa jumlah bantuan Hand Tractor yang telah disalurkan untuk para petani di Kabupaten Luwu sudah sebanyak 1.430 unit, jelasnya.

Dan khusus untuk wilayah Walmas yang meliputi 6 kecamatan yang terdiri Kecamatan Walenrang, Walenrang Utara, Walenrang Barat, Walenrang Timur, Lamasi, dan Lamasi Timur, sudah 649 unit bantuan Hand Tractor yang telah dibagikan kepada para petani. Sedangkan bantuan Hand Tractor khususnya bagi petani di Kecamatan Waltim, sudah tersalurkan sebanyak 50 unit, urai Andi Pangerang.

Dalam kesempatan ini pula, Andi Pengerang juga mengungkapkan optimismenya dalam pencapaian targetan petani di Luwu bisa panen sebanyak 5 kali dalam waktu 2 tahun. “Saya optimis petani kita di Luwu bisa mencapai target 5 kali panen dalam waktu 2 tahun, untuk wilayah persawahan yang teraliri air sepanjang musim,” tukasnya dengan penuh rasa optimis.

Usai menyerahkan bantuan Hand Tractor bagi para petani di Kecamatan Waltim, Bupati Luwu Andi Mudzkkar berpesan kepada para petani agar senantiasa menjaga, merawat dan memanfaatkan Hand Tractor tersebut dengan sebaik-baiknya.

Cakka sapaan akrab Bupati Luwu, juga berpesan agar para petani saling cemburu atau iri satu-sama lainnya sampai pada lapor-melapor.

Ia juga berharap agar petani yang belum mendapatkan bantuan Hand Tractor dari Pemkab Luwu untuk tetap bersabar. Karena dirinya yakin para petani di wilayah Walmas semua pada akhirnya dapat memanfaatkan bantuan Hand Tractor yang akan diupayakan dapat direalisasikan pada masa periode jabatannya selaku Bupati yang masih sisa sekitar 2 tahun kedepan, himbau Cakka.

Sementara itu, sala-satu anggota Kelompok Tani di Desa Pangalli, Abdullah, saat ditemui Wartawan Tabloid SAR di sela-sela acara tersebut mengatakan bahwa pihak merasa sangat terbantu dan bersyukur dengan adanya bantuan tersebut.

“Kelompok kami memiliki luas sawah garapan sebanyak ± 25 hektar, sangat berterima kasih dan merasa terbantu dengan adanya bantuan ini. Sebab kelompok kami sudah memiliki traktor sendiri untuk menggarap lahan kami. Tentu dengan waktu yang lebih cepat dan bisa berhasil lebih cepat pula,” Abdullah, dengan ekspresi sumringah bahagia karena mendapatkan satu unit bantuan Hand Tractor dari Pemkab Luwu saat itu. (Jirham/WM)

No comments:

Post a Comment

.

.