.

.

.

Jumat, 15 Juli 2016

Jajaran Pemkab Tator Apel Gabungan, Warga Mengira Demo Besar-Besaran

     
Suasana apel gabungan jajaran Pemkab Tator
di Taman Rakyat Kolam Makale.
MAKALE, Tabloid SAR- Sejumlah warga Kabupaten Tana Toraja (Tator) heran dan tercengang saat melintas di sekitar Taman Rakyat Kolam Makale, Jumat (17/06/2016) pagi.

Pasalnya jalur angkutan kota jurusan Rantepao- Makale yang rutenya harus melalui sisi selatan- barat dan utara, taman tersebut dialihkan oleh Satuan Lalulintas (Satlantas) Polres Toraja.

Karena pada sisi utara, kolam yang berada di jantung Kota Makale tersebut tepatnya di depan Kantor DPRD Tator, ada ratusan massa yang berkonsentrasi ditempat itu dan memenuhi badan jalan.

Warga yang sempat melintas disekitar lokasi tersebut, mengira ratusan massa di depan Rumah Rakyat (Kantor DPRD- red) itu adalah warga yang lagi demo besar-besaran.
Sejumlah pegawai Pemkab Tator, mengangkat sampah keatas mobil truk pengangkut sampah.

Ternyata setelah ditelusuri, ratusan massa tersebut adalah Pegawai Negeri Sipil (PNS) lingkup Pemkab Tator yang menggelar Apel Pagi Gabungan. Yang dipimpin oleh Wakil Bupati (Wabup) Tator, Victor Datuan Batara yang bertindak selaku pembina upacara.

“Tabe’ ya’i lamekutana pa’i apa omora nademoi tau dio kantoro’ na sane’ dewan (permisi saya mau bertanya apa lagi yang didemo warga di kantor dewan- red) ?”

Tanya seorang kakek kepada sejumlah mahasiswa yang lagi nongkrong diatas motornya di depan Kampus Baru UKI Toraja di bagian disisi sebelah selatan kolam, dengan menggunakan bahasa daerah yang masih sangat kental dengan dialek asal Kecamatan Bonggakaradeng (Bongkar), Kabupaten Tator.

Para mahasiswa itu pun menjawab dengan kata, “tangngia tau ma’ demo jo to’ ambe’, pegawai ma’ upacara iyanna (bukan orang demo itu Pak tapi pegawai yang lagi upacara- red),” begitulah perbincangan mereka yang sempat didengar Wartawan Tabloid SAR yang hendak meliput apel tersebut.

Memang agak unik tidak seperti biasanya pelaksanaan apel tersebut karena selama ini apel pagi Pemkab Tator dilaksanakan di halaman kantor Bupati atau di Kantor masing-masing SKPD, tetapi saat itu digelar di Taman Rakyat Kolam Makale.

Apel gabungan ini diikuti oleh seluruh pimpinan SKPD dan segenap PNS lingkup Pemkab Tator dengan mengenakan beragam kostum (tidak berseragam PNS- red).

Wabup Tator, Viktor Datuan Batara, yang bertindak sebagai pembina upacara dalam arahannya mengatakan bahwa apel itu diselengarakan di lokasi tersebut dimaksudkan untuk memberikan suasana baru dan kesegaran bagi aparatur Pemkab Tator.

“Apel kali ini sengaja diselenggarakan di tempat ini dengan maksud memberikan suasana baru kepada segenap Aparatur Sipil Negera (ASN) jajaran Pemkab Tator guna memberi suasana baru dan kesegaran,” ujar mantan Kapolres Toraja itu.

Usai menggelar apel gabungan, acara tersebut dilanjutkan dengan senam pagi bersama dan kerja bhakti membersihkan kawasan Taman Rakyat Kolam Makale. (Salmon/WM)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

.