.

.

.

Selasa, 26 Juli 2016

Jelang Idul Fitri, Walikota Palopo Lakukan Mutasi

    
Walikota Palopo, HM Judas Amir, SH, MH, saat menandatangani SK
 mutasi sejumlah pejabat eselon II dan III pada lingkup Pemkot Palopo,
Sabtu (02/07/2016) di Auditorium Saokotae
PALOPO, Tabloid SAR- Jelang Idul Fitri 1437 H/ 2016 M, Walikota Palopo HM Judas Amir, SH MH melakukan mutasi sejumlah pejabat eselon II dan III menjadi tenaga fungsional teknis di lingkup Pemerintah Kota (Pemkot) Palopo.

Belasan pejabat yang dimutasi berdasarkan Surat Keputusan Walikota Palopo Nomor : 820/717/BKD Tertanggal 1 Juli 2016, langsung dilantik oleh HM Judas Amir, meski saat itu jajaran Pemkot Palopo sedang libur jelang hari raya Idul Fitri pada Sabtu (02/07/2016) di Auditorium Saokotae, Kompleks Rumah Jabatan (Rujab) Walikota.

Pejabat yang digeser dari posisi mereka diantaranya adalah Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan (Dispernak) Kota Palopo, Masjaya, SP, MSi digeser menjadi Penyuluh pada Dispernak Kota Palopo. Sementara posisinya sebagai Kepala Dispernak digantikan oleh Harisman, SP yang sebelumnya menjabat sebagai Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Kota Palopo.

Demikian juga dengan Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kota Palopo, Drs Salahuddin Abadi, MSi, dirinya digeser ke Balai Lingkungan Hidup (BLH) Kota Palopo, sebagai Pengawas Lingkungan Hidup. Lalu posisinya sebagai Kepala Dispora digantikan oleh Nuryadin, yang dulunya menjabat sebagai Sekretaris Dinas Pendidikan Kota Palopo. Dan posisi Nuryadin digantikan, Yunus. S.Pd M.Pd yang sebelumnya menjabat Kepala Bidang Pendidikan Dasar (Kabid Dikdas) pada Dinas Pendidikan.

Posisi Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kota Palopo yang selama ini kosong akhirnya diisi oleh Drs. Dahri Saleng, yang sebelumnya menjabat sebagai Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat, Perempuan dan Keluarga Berencana (BPMP-KB) Kota Palopo. Dan posisi Dahri Saleng, sebagai Kepala BPMP-KB kemudian diisi oleh Camat Wara Selatan, Suriani A Kaso.

Sementara Baso Ahmad yang sebelumnya menjabat sebagai Kabag Humas Pemkot Palopo dilantik menjadi Kepala Dinas Perhubungan (Kadishub) Kota Palopo, menggantikan Samil Ilyas. Lalu posisi Baso Akhmad digantikan Maksum Runi, mantan Ketua KPU Palopo sebagai Kabag Humas.

Kemudian Samil Ilyas dilantik sebagai Inspektur Kota Palopo (Kepala Inspektorat- red) , menggantikan Jamaluddin Nuhung, SH MH yang saat ini masih menjabat sebagai Pelaksana Tugas (Plt) Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Palopo. Meski demikian, Jamaluddin Nuhung juga ikut dilantik sebagai salah-satu staf ahli Pemkot Palopo.

Sedangkan Farid Kasim Judas yang sebelumnya menjabat sebagai Kepala Dinas Kebersihan, Pertamanan dan Pemakaman (Kadisberkam), dilantik menjadi Kepala Badan Penanaman Modal dan Pelayanan Perijinan Terpadu (BPMP2T) Kota Palopo, menggantikan Rukmini Yusuf.

Selain itu dalam Surat Keputusan Walikota Palopo Nomor : 820/717/BKD Tertanggal 1 Juli 2016, yang dibacakan oleh MC pada Sabtu, (02/07/2016) di Auditorium Saokotae, istri Wakil Walikota (Wawali) Palopo DR Akhmad Syarifuddin Daud, M.Ag yakni Megawati Usman, S.STP juga digeser menjadi tenaga fungsional teknis.

Megawati Usman, yang sebelumnya menjabat Kabid Penguatan Kelembagaan dan Ekonomi Masyarakat di Badan Pemberdayaan Masyarakat, Perempuan dan Keluarga Berencana (BPMP-KB) Kota Palopo, digeser menjadi tenaga fungsional perencana pada Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Palopo.

Megawati Usman dimutasi menjadi tenaga fungsional teknis bersama sekitar 14 orang pejabat eselon II dan III lingkup Pemkot Palopo, dua diantaranya Kepala Dinas, dua Staf Ahli, satu Camat, selebihnya Kabid dan Sekretaris Dinas.

Sedangkan staf ahli yang dijadikan fungsional teknis adalah Muh. Ansir Ismu SE MH, yang sebelumnya menjabat staf ahli Bidang Kemasyarakatan dan Sumber Daya Manusia pada Setda Kota Palopo, dimutasi menjadi Fungsional Pengawas Penyelenggaraan Urusan Pemerintahan Daerah Kota Palopo.

Demikian pula dengan staf ahli Bidang Pengembangan pada Setda Palopo, Anshari, ST, diangkat menjadi fungsional teknis Jalan dan Jembatan pada Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kota Palopo.

Camat Wara Timur, Herman Rahim SH MH juga dimutasi menjadi fungsional penyuluh sosial pada Dinas Sosial, Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Dinsos Naketrans) Kota Palopo. Posisinya sebagai Camat Wara Timur digantikan Baso Aznur.

Kendati mutasi yang dilakukan oleh Walikota Palopo, HM Judas Amir, bertepatan pada Hari Jadi Kota Palopo tersebut menuai berbagai kritikan dari sejumlah pihak. Namun HM Judas Amir, menepis dan menanggapinya dengan sangat diplomatis.

Menurut orang nomor satu di Kota Palopo itu bahwa terkait dengan adanya sejumlah pejabat lingkup Pemkot Palopo yang dimutasi sebagai tenaga fungsional, sebenarnya posisi itu termasuk posisi penting dan strategis. Sebab bukan fungsional umum, tapi fungsional teknis, tepisnya.

“Posisi itu termasuk posisi penting juga. Ini bukan posisi fungsional umum, tapi fungsional teknis. Dan tetap mendapat tunjangan,” ujar HM Judas Amir.

Ia menambahkan jika rotasi sejumlah pejabat Pemkot Palopo itu dilakukan karena kebutuhan organisasi. “Pelantikan seperti ini adalah hal biasa dalam organisasi. Juga sebagai upaya untuk menunaikan utang politik atau janji saya bagi masyarakat Kota Palopo. Itu yang paling penting ingin saya penuhi bagi masyarakat Palopo,” tegasnya.

Tanggapan yang diplomatis juga dilontarkan oleh berbagai pihak yang mendukung langkah Walikota Palopo HM Judas Amir.

Salah-satunya menyebutkan bahwa mutasi adalah hal biasa dalam lingkup pemerintahan, sepanjang itu dilakukan untuk kebutuhan organisasi. Dan dilaksanakan sesuai dengan aturan dan regulasi yang berlaku.

Seperti mutasi pejabat eselon II, yang harus didahului dengan lelang jabatan sesuai amanah UU Aparatur Sipil Negara (ASN),” ujar sumber media ini saat dimintai tanggapannya terkait dengan mutasi tersebut pada Sabtu, (02/07/2016) malam, seraya meminta namanya untuk tidak dilansir di media.

Ia menambahkan bahwa penempatan seorang birokrat harus betul-betul sesuai dengan kompetensinya dan memiliki integritas. Dan pejabat yang diposisikan pada jabatan eselon III minimal pernah menduduki jabatan eselon IV sebanyak dua kali, kuncinya. (Wawan/WM)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

.