.

.

.

Senin, 04 Juli 2016

Kepala Desa Harapan Dorong Kegiatan Pemberdayaan Kelompok Tani

(Deri kiri ke kanan); Babinsa Serka Masri S, Koordinator PHP
Yohanes Paramma SP, Mantri Tani Rasius SP,
Staf PSDA Kab Luwu Slamet Hariono dan
Kepala Desa Harapan Suyati Syam.
WALMAS, Tabloid SAR—Nampaknya Kepala Desa Harapan, Suyati Syam di Kecamataan Walenrang Kabupaten Luwu, paham benar bahwa kelompok tani adalah lokomotif ekonomi pedesaan untuk upaya mendorong kesejahteraan masyarakat tani.

Maka dengan hal itu, sehingga dilakukan kegiatan Rembug Tani Desa (RTD), Jumat (10/06-2016) di Kantor Desa Harapan. Hadir Koordinator Pengamat Hama Penyakit (PHP) Yohanes Paramma SP, Mantri Tani Rasius SP, Staf PSDA Kab Luwu Selamet Hariono dan Babinsa Serka Masri S.

Adapun kegiatan yang dihadiri oleh puluhan anggota kelompok tani ini, terkait kegiatan pemberdayaan kelompok tani di lokasi sentral pangan, Balai Penyuluhan Pertanian, Perikanan dan Kehutanan (BP3K) Kecamatan Walenrang Kabupaten Luwu tahun anggaran 2016.

Menurut Kepala Desa Harapan, Suyati Syam bahwa dilaksanakannya kegiatan ini dengan harapan dapat mendorong pemberdayaan kelompok tani. “Pasalnya, kelompok tani adalah gerda terdepan untuk meningkatkan produktifitas hasil pertanian demi meningkatkan kesejahteraan masyarakat pedesaan,” tuturnya.

Sedangkan Koordinator PHP, Yohanes Paramma SP menjelaskan kiat-kiat penanggulangan hama terhadap pengelolaan tanaman pertanian agar dapat menghasilkan produksi yang semaksimal mungkin. Sembari ia mengharapkan agar petani lebih memprioritaskan penggunaan pupuk organik.

Para anggota kelompok tani yang hadir.
Menurutnya, bahwa pupuk organik ini sangat dijamin keamanannya dari bahaya kimia yang dapat menimbulkan penyakit bagi konsumen. “Kita sangat mengharapkan pada petani agar dapat merubah wawasan dalam mengelola lahan pertanian yang ramah lingkungan, tanpa menggunakan sarana produksi yang bersifat kimiawi,” tukasnya.

Dimana pertemuan ini sendiri sangat mendapat antusiasme dari anggota kelompok tani yang hadir. Mereka sangat berterima kasih atas adanya acara tudang sipulung ini, karena mendapat pengetahuan baru terhadap sistem tata kelola pertanian yang sifatnya ramah lingkungan. (Herman)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

.