.

.

.

Minggu, 03 Juli 2016

Palopo Juara Umum MTQ di Barru

PALOPO, Tabloid SAR- Kontingen Musabah Tilawatil Qur’an (MTQ) asal Kota Palopo berhasil meraih juara umum peringkat V (lima) di Kabupaten Barru, Sulawesi Selatan (Sulsel) dalam lomba MTQ Ke- XXIX Tahun 2016 Tingkat Sulsel.

Kendati kontingen Palopo hanya berhasil meraih juara umum peringkat V dalam lomba MTQ yang diselenggarakan di Kabupaten Barru, sejak 29 Mei 2016 hingga 03 Juni 2016 akhir lalu, namun delegasi MTQ Palopo berhasil memborong empat medali emas, dua perak, dan satu perunggu.

Para Kafilah asal Kota Palopo yang berhasil meraih juara pada MTQ di Barru, di antaranya Nur Hasanah, juara pertama pada jenis lomba Tilawah Remaja Putri. Juara satu lainnya adalah Muh Saiful, pada jenis lomba Qiraat Sab’ah kategori Putra.

Sementara peraih medali emas lainnya adalah Raehang Quraat, yang berhasil meraih juara I lomba Sab’ah kategori Putri dan Rosdiana Hiasan pada lomba Mushaf kategori Putri.

Sedangkan Kafilah asal Palopo yang berhasil meraih juara dua adalah Ma’ruf Tilawah pada lomba jenis cacat Netra untuk katerogi Putra dan Muh Fajar Ramadhan pada lomba Hifzil 20 Juz, kategori Putra. Dan delegasi asal Palopo yang berhasil menyumbangkan medali perunggu adalah Nur Kumulawati, pada jenis lomba dekorasi kategori Putri, keluar sebagai juara III.

Kafilah lainnya asal Palopo yang berhasil menjadi juara harapan III, diantaranya Muhammad Affandi , pada jenis lomba Tilawah Remaja, Muhammad Darwis dalam lomba Tafsir Bahasa Indonesia.

Dan Ahmad Insan pada lomba Hifzil 10 Juz , Miftahul Khaerati dalam lomba Hifzil 20 juz kategori Puteri. Disusul Isro Diniati untuk lomba Kontemporer kategori Puteri, serta Nur Hidayah, peserta Cacat Netra berhasil meraih Harapan II Puteri.

Atas prestasi yang diraih oleh Kafilah asal Palopo pada lomba MTQ Ke-XXIX di Kabupaten Barru, baru-baru ini, mendapat apresiasi yang sangat luar biasa dari Walikota Palopo HM Judas Amir, SH, MH. Para kontingen asal Palopo yang berhasil menyumbangkan medali emas, perak dan perunggu diberikan bonus oleh HM Judas Amir.

Kafilah peraih juara I diberikan bonus Rp 2 juta, juara II sebesar Rp1,5 juta, sedangkan untuk juara III mendapat Rp1 juta. Bonus ini langsung diberikan pasca pengumuman para juara dalam lomba MTQ Ke-XXIX di Barru.

Menurut para peserta, official, dan pendamping termasuk semua kontingen yang berangkat, mengikuti MTQ di Barru, bahwa mereka sangat bersyukur dan mengucapkan banyak terima kasih kepada HM Judas Amir, atas supportnya bagi para kontingen MTQ asal Palopo, khususnya ketika orang nomor satu di Kota Palopo itu menghadiri pembukaan MTQ di Barru, yang menjadi sala-satu spirit bagi peserta MTQ Palopo penuh semangat untuk mengikuti lomba.

Menurut Ketua Panitia MTQ Palopo, Harisman, bahwa semua peserta lomba MTQ diberikan uang saku sebesar Rp 4 juta per orang, baik yang berhasil meraih juara maupun bagi mereka yang belum berhasil mendapat juara. ”Jadi semua peserta yang jumlahnya hampir 100 orang masing-masing mendapatkan uang saku sebesar Rp 4 juta, itu di luar bonus. Karena bonus hanya diberikan kepada para peraih medali,” ujar Harisman kepada sejumlah wartawan, pada Minggu, (05/06/2016) awal bulan Juni lalu.

Lebih lanjut Kabag Kesra Kota Palopo itu menjelaskan bahwa kendati awalnya Panitia MTQ merasa kurang maksimal mempersiapkan para kontingen Palopo, jika dibandingkan dengan persiapan daerah lain, yang akan bertarung dalam lomba MTQ di Barru, namun Alhamdulillah kontingen kita berhasil meraih juara umum V dengan segala keterbatasannya, kata Harisman.

Harisman menambahkan bahwa hal itu dikarenakan dukungan semua pihak khususnya Pemkot Palopo dan Pak Judas Amir selaku Walikota, yang terus meyakinkan bahwa kontingen Palopo Insyah Allah dapat meraih juara umum. Akhirnya para delegasi MTQ asal Palopo berhasil mengukir prestasinya dengan meraih juara umum peringkat V,” pungkasnya.

Dalam ajang ini kontingen MTQ tuan rumah Kabupaten Barru berhasil sebagai peringkat I juara umum. Untuk diketahui bahwa MTQ Ke-XXX Tahun 2017 Tingkat Sulsel mendatang akan diselenggarakan di Kabupaten Luwu Timur. (RD/WM)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

.