.

.

Rubrik

.

Senin, 18 Juli 2016

Pemdes Sumillin, Terus Galakkan Pembangunan Fasilitas Umum

 
Kepala Desa (Kades) Sumillin, Irdan
MASAMBA, Tabloid SAR- Pemerintah Desa (Pemdes) Sumillin, Kecamatan Masamba, Kabupaten Luwu Utara (Lutra) terus berupaya menggalakkan pembangunan infrastruktur berupa fasilitas umum secara berkesinambungan.

Hal itu diungkapkan oleh Kepala Desa (Kades) Sumillin, Irdan, saat ditemui Wartawan Tabloid SAR, Kamis (24/06/2016) sore di kediamannya.

Menurut Irdan, pembangunan fasilitas umum yang diupayakan olehnya semenjak menjabat sebagai Kades Sumillin, mulai tahun 2012 lalu pasca dirinya dilantik menjadi orang nomor satu di desa tersebut, saat ini telah dinikmati oleh masyarakat desanya dan warga desa tetangga.

Pembangunan fisik berupa infrastruktur fasilitas umum yang telah diupayakan dan dinikmati oleh masyarakat Desa Sumillin, diantaranya adalah pengadaan air bersih, jalan tani, serta pembangunan talud yang saat ini masih tengah berlangsung meski Anggaran Dana Desa (ADD) tahun 2016 pada triwulan kedua ini belum cair.

Dibawah kepemimpinan Irdan, sebagai Kades Sumillin, masyarakat desa tersebut benar-benar telah merasakan sejumlah perkembangan yang lebih maju. Baik itu dari segi pembangunan fisik, maupun yang non fisik seperti perkembangan ekonomi masyarakat dan pemberdayaan masyarakat Sumillim, termasuk peningkatan sumber daya manusia (SDM) di daerah tersebut.

“Meski desa kami baru seumur jagung yang berdiri sekitar 15 tahun lalu semenjak dimekarkan dari Desa Lero, yang termasuk sala-satu desa terpencil diantara 15 desa dan 4 kelurahan di Kabupaten Lutra ini, akan tetapi kami tidak mau ketinggalan dari desa maupun kelurahan yang ada di Lutra ini,” ujar Irdan.

Kondisi Desa Sumillin, memang tampak lebih maju dan berkembang, jauh berbeda dari masa-masa sebelumnya, khususnya pada era kepemimpinan Irdan, sebagai Kades yang ketiga di desa kami, kata sejumlah warga Desa Sumillin, saat ditemui oleh wartawan media ini.

Kepada awak media ini, Irdan, menyebutkan bahwa pihaknya semenjak dilantik menjadi Kades yang ketiga di Desa Sumillin, dari tahun 2012 lalu, dirinya terus melakukan pembenahan dan lebih focus pada pembangunan fisik guna menjawab keluhan masyarakatnya pada sektor pembangunan infrastruktur jalan, katanya.

Kendati demikian, pihaknya bukan berarti mengabaikan peningkatan kesejahteraan warganya, akan tetapi Dia juga terus berupaya mendorong kemajuan perekonomian masyarakat Desa Sumillin, lewat berbagai program pemberdayaan dan peningkatan ekonomi masyarakatnya, jelas Irdan.

Ia menambahkan bahwa segala daya upaya yang dilakukannya demi kemajuan dan perkembangan masyarakat Desa Sumillin, dirinya menggunakan anggaran yang bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD), serta Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN), termasuk support dukungan dan partisipasi masyarakat Desa Sumillin dalam bentuk inmateril, tukasnya.

Program pembangunan fisik maupun non fisik yang menjadi skala prioritas oleh Irdan adalah pembangunan infrastruktur jalan dan pembangunan masyarakat menjadi, masyarakat ekonomi mandiri, tuturnya.

Masih menurut Irdan, bahwa pihaknya lebih optimis dan semakin yakin jika dirinya dapat membangun dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat Desa Sumillin, kearah yang lebih baik dibawah kepemimpinan pasangan Bupati Lutra, Indah Putri Indriani, bersama Wakilnya Thahar Rum, karena menurutnya duel tersebut sangat mendukung program kerja para Kades di Lutra demi terwujudnya masyarakat Madani di Lutra, tutur Irdan dengan rada optimisnya. (Misbah/WM)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

.