.

.

Sunday, 3 July 2016

PT. Pertamina Tanam 2.000 Bibit Mangrove di Kabupaten Luwu, Ditutup dengan Acara Bukber

Bupati Luwu H Andi Mudzakkar, bersama sejumlah petinggi PT. Pertamina (Persero) wilayah region VII Sulawesi dan warga Desa Karangkarangan, menanam bibit pohon Mangrove di sekitar Terminal Bahan Bakar Minyak (TBBM) Palopo di Desa Karangkarangan, Kecamatan Bua, Kabupaten Luwu, Sabtu (11/06/2016).
BUA, Tabloid SAR- Program corporate social responsibility (CSR) PT Pertamina (Persero), melaui Terminal Bahan Bakar Minyak (TBBM) Palopo, yang berada di Desa Karangkarangan, Kecamatan Bua, Kabupaten Luwu, bekerjasama dengan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Luwu dan masyarakat Desa Karangkarangan melakukan penanaman 2.000 batang bibit pohon Mangrove, Sabtu, (11/06/2016) baru-baru ini.


Tampak hadir dalam kegiatan penanaman 2.000 batang bibit Mangrove ini, diantaranya Bupati Luwu, H Andi Mudzakkar berserta sejumlah Kepala SKPD Kabupaten Luwu, General Manager Pertamina Marketing Operation Region (GM-MOR) VII Sulawesi, Tengku Badarsyah beserta tim managemen dan Operation Head TBBM Palopo, Hendarsyah Latif, Ketua Dewan Pengurus Cabang Himpunan Pengusaha Minyak dan Gas (DPC Hiswana Migas) Palopo, Rahmat Kasim dan masyarakat Desa Karangkarangan.

Bibit tersebut ditanam diatas lahan seluas ± 3 hektar yang terletak di Desa Karangkarangan, tepatnya di sekitar TBBM Pertamina Palopo.

Suasana acara buka puasa bersama (Bukber) PT. Pertamina (Persero) di halaman Kantor Terminal Bahan Bakar Minyak (TBBM) Palopo di Desa Karangkarangan, Kecamatan Bua, Kabupaten Luwu, Sabtu (11/06/2016).
GM-MOR VII Sulawesi, Tengku Badarsyah, dalam sambutannya mengatakan PT. Pertamina, sangat serius dalam melakukan penghijauan kota dan daerah di Sulawesi. Oleh karenanya dalam pelaksanaan program CSR PT. Pertamina, melakukan penanaman ribuan bibit pohon Mangrove, ujar Tengku.Dia menjelaskan bahwa pohon Mangrove dapat berfungsi sebagai green beelt untuk daratan di dalamnya, karena banyak habitat yang bisa tumbuh dan hidup, serta dapat diolah menjadi berbagai macam produk, jelasnya.

Tengku juga menyampaikan harapannya agar masyarakat turut serta menjaga kelestarian Mangrove yang sudah ditanam, harapnya.

Tengku menambahkan bahwa berdasarkan data terakhir PT. Pertamina, sejak tahun 2011, perusahaan berlogo Kuda laut itu sudah menanam lebih dari 80 juta pohon di Indonesia. Dan khusus di Sulawesi, MOR VII PT. Pertamina sudah melakukan penanaman sekitar 80 ribu pohon Mangrove dan berbagai jenis pohon lainnya di beberapa lokasi, klaim Tengku.

“Di Makassar PT. Pertamina sudah menandatangani Memorandum of Understanding (MoU) dengan Walikota Makassar H Danny Pomanto untuk menjadikan Kota Makassar sebagai pusat Mangrove di kawasan Indonesia Timur, dan kerjasama itu akan diawali dengan peletakan batu pertama Mangrove Centre Makassar dalam waktu dekat ini,” kata Tengku.

Masih menurut Tengku, bahwa kegiatan penanaman pohon Mangrove di sekitar TBBM Palopo, merupakan sala-satu implementasi pelaksanaan program CSR yang diadakan di Bulan Suci Ramadhan kali ini. Selain itu, selama Bulan Suci Ramadhan, PT. Pertamina khususnya MOR VII Sulawesi akan melaksanakan berbagai macam program CSR, diantaranya pemberian santunan kepada 1.250 anak yatim di Sulawesi, pungkasnya.

“Program pemberian santunan kepada anak yatim sudah kami mulai kemarin di Kota Parepare, dengan memberi santunan kepada 100 anak yatim di Kota kelahiran Baharuddin Jusuf Habibie (mantan Presiden BJ Habibie- red) kemudian digenapkan 200 anak yatim di tempat ini,” rinci Tengku.

Implementasi program CSR lainnya selama Bulan Suci Ramadhan adalah program pasar murah di 17 TBBM dan DPPU milik PT. Pertamina guna membantu pencapaian target Pemerintah Pusat untuk menjaga kestabilan harga sembilan bahan makanan pokok (Sembako). Program lainnya yakni wakaf sarana dan perlengkapan ibadah kepada 5 Masjid di sekitar wilayah operasi kami, papar Tengku.

“Program One Day One Juz, juga kami lancarkan dengan memberikan reward voucher petalite di seluruh wilayah operasi pertamina,” sebutnya.

Bupati Luwu, H Andi Mudzakkar, dalam sambutannya sangat mengapresiasi PT. Pertamina (Persero) selama ini atas kepeduliannya dengan kelestarian alam dan lingkungan dimana mereka membuka usaha serta kepedulian kepada masyarakat sekitarnya.

H Andi Mudzakkar, menambahkan bahwa pihaknya selaku Kepala Daerah Luwu telah melakukan sejumlah upaya pembuatan payung hukum dalam mendukung program pelestarian alam khususnya hutan yang ada di Kabupaten Luwu.

“Khusus untuk tanaman Mangrove ini, saya sudah sampaikan kepada para Kepala Desa yang di wilayahnya memiliki hutan Mangrove supaya membuat regulasi dalam bentuk Peraturan Desa (Perdes) yang mengatur tentang perlindungan tanaman Mangrove di desa mereka,” katanya.

Perdes itu bisa berisikan tentang sanksi bagi badan hukum atau orang-perorangan yang melakukan penebangan dan atau pengrusakan pohon Mangrove di desa mereka, tegas Andi Cakka, sebutan lain Bupati Luwu H Andi Mudzaakkar.

Kegiatan ini ditutup dengan acara buka puasa bersama (Bukber) PT. Pertamina (Persero) dengan Pemkab Luwu, masyarakat Desa Karangkarangan dan puluhan anak yatim di halaman TBBM Palopo milik PT. Pertamina di Kecamatan Bua.

Untuk diketahui dalam Bukber ini pula PT. Pertamin memberikan santunan kepada 100 orang anak yatim. (CHA/WM)

No comments:

Post a Comment

.

.