.

.

.

Jumat, 15 Juli 2016

Tradisi WTP Kembali Diraih Gowa, Lutra dan Lutim

Sejarah Baru bagi Luwu, Palopo dan Torut, Bagi Wajo untuk Kedua Kalinya

    
Kantor BPK RI Perwakilan Provinsi Sulsel di Makassar.
MAKASSAR, Tabloid SAR – Badan Pengawas Keuangan Republik Indonesia (BPK RI) tidak hanya memberikan predikat opini Wajar Tanpa Pengcualian (WTP) yang keenam kalinya terhadap pihak Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel), atas Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) tentang Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Tahun Anggaran (TA) 2015.

Akan tetapi terdapat pula sejumlah pemerintah kabupaten (Pemkab) dan pemerintah kota (Pemkot) di wilayah yang dipimpin oleh Gubernur Syahrul Yasin Linpo ini, juga mendapat predikat opini WTP, yakni Pemkab Wajo, Pemkab Luwu, Pemkot Palopo, Pemkab Luwu Utara (Lutra), Pemkab Luwu Timur (Lutim) dan Pemkab Toraja Utara (Torut).

Selain itu, maka WTP juga diperoleh oleh Pemkot Makassar, Pemkab Maros, Pemkab Gowa, Pemkab Bantaeng, Pemkab Bulukumba, Pemkab Pangkajene dan Kepulauan (Pangkep), Pemkot Parepare, Pemkab Soppeng, Pemkab Bone dan Pemkab Pinrang.

Hal tersebut, sebagaimana siaran pers yang dikeluarkan oleh Kantor BPK Perwakilan Sulsel yang dikutip oleh Tabloid SAR. Maka diperoleh pula penjelasan bahwa Pemkab Takalar, Pemkab Selayar, Pemkab Sinjai dan Pemkab Sidrap, nampaknya hanya mendapat perdikat opini Wajar Dengan Pengecualian (WDP).

Namun Pemkab Barru adalah justru menerima opini Tidak Wajar. Maka dari hasil audit BPK tersebut, rupanya belum ada daerah yang dinyatakan disclaimer of opinion, dengan kata lain BPK menolak memberikan apini atau tidak memberikan pendapat.

Bagi Pemkab Gowa Lutra dan Lutim, bahwa predikat tentang opini WTP adalah sepertinya sudah metradisi selama ini. Di mana Pemkab Gowa sendiri, justru meraih WTP untuk kelima kalinya.

Pada kali ini diraih di bawah kepemimpinan Bupati Adnan Purichta Ichsan, melanjutkan tradisi WTP empat kali sebelumnya di bawah kepemimpinan Bupati H. Ichsan Yasin Limpo adalah justru tak lain ayah Bupati Gowa sekarang.

Adapun tradisi yang sama adalah juga diraih oleh Pemkab Lutra dan Pemkab Lutim. Hanya saja bedanya dengan Pemkab Gowa, karena tradisi mengenai predikat WTP pada masing-masing kedua Pemkab di Tana Luwu ini, baru untuk keempat kalinya.

Adapun tradisi WTP bagi Pemkab Lutra untuk keempat kali ini, kembali dilanjutkan oleh pemerintahan Bupati Hj. Indah Putri Indriani dan HM Thahar Rum. Sebelumnya, selama tiga tahun berturut-turut diraih melalui pemerintahan Bupati H Arifin Junaidi, saat itu Indah masih menjadi Wakil Bupati Lutra.

Berita terkait, selengkapnya baca “Rubrik Info Daerah” pada halaman 09, berjudul : Lutra Empat Kali Raih WTP dari BPK RI.

Halnya WTP keempat kalinya untuk Pemkab Lutim adalah dipersembahkan oleh pemerintahan Bupati HM Thoriq Husler dan Wakil Bupati Irwan Bakri Syam. Pun tradisi tersebut, tentunya untuk melanjutkan prestasi kepemimpinan Bupati HA Hatta Marakarma, yang sebelumnya juga memperoleh WTP selama tiga tiga, dengan wakil bupatiya tak lain adalah Husler sendiri.

Berbeda dengan Pemkab Luwu, Pemkot Palopo dan Pemkab Torut, bahwa rupanya baru membuat sejarah baru dalam mendapatkan predikat opini WTP dari BPK. Sedangkan Pemkab Wajo adalah sudah kedua kalinya.

Untuk Pemkab Luwu sendiri, sepanjang sejarah pemerintahannya, baru hanya Bupati HA Mudzakkar yang mampu meraih predikat tertinggi atas sistem Laporan Keuangan Pemerintahan Daerah (LPKD), terkait Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBD) TA 2015 lalu.

Prestasi gemilangpun diraih Pemkot Palopo, walau baru berusia 14 tahun tersebut. Namun sudah mampu menorehkan sejarah baru untuk meraih predikat WTP, di bawah kepemimpinan Walikota HM Judas Amir.

Halnya bagi Pemkab Torut adalah justru suatu daerah paling bungsu di Sulsel ini, nampun sudah mampu menunjukkan prestasinya, untuk juga mencatat sejarah baru dalam meraih WTP.

Sedangkan Pemkab Wajo adalah untuk kedua kalinya meraih WTP. Karena rupanya melalui LHP - BPK RI 2013, Pemkab Wajo adalah juga pernah meraih WTP. Baca pula “Rubrik Info Daerah” pada halaman 13, berjudul : Pemkab Wajo, Kembali Naik Kelas untuk Meraih WTP.

Sementara Pemkab Tana Toraja, Pemkab Enrekang dan Pemkab Jeneponto, hingga berita ini naik cetak, nampaknya belum terkonfirmasi melalui siaran pers yang dikeluarkan secara resmi dari BPK RI. (Tim Lipus)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

.