.

.

Sunday, 3 July 2016

Walikota Palopo Resmikan Pasar Rakyat Modern Andi Tadda


PALOPO, Tabloid SAR- Dengan anggaran sebesar Rp 10 milyar, Walikota Palopo HM Judas Amir, SH, MH, berhasil merevitalisasi Pasar Tradisional Andi Tadda Palopo yang di berada di Jalan Andi Tadda, Kelurahan Pontap, Kecamatan Wara Timur, Kota Palopo.

Kini Pasar Tradisional Andi Tadda Palopo yang dibangun diatas lahan seluas 2 hektar itu tidak lagi tampak kumuh, becek, berdebu, sumpek, panas dan beraroma tidak sedap (bau busuk) saat ini sudah berubah total pasca direvitalisasi menjadi Pasar Rakyat Modern Andi Tadda Palopo.

Demikian pula dengan parkirannya yang dulunya sempit, sesak kini sudah diperluas dan tidak lagi semrawut. Semua sudah tertata rapi, indah, dan nyaman bagi para pedagang dan pengunjung pasar.

Kondisi demikian tampak jelas dan sangat terasa ketika Walikota Palopo HM Judas Amir, meresmikan pasar yang baru saja direvitalisasi secara total dengan anggaran sebesar Rp 10 Milyar itu.

Pasar tersebut diresmikan beroperasi oleh Walikota Palopo, HM Judas Amir, yang ditandai dengan penandatanganan prasasti dan penggutingan pita oleh Ketua TP-PKK Palopo, Ny. Hj Utia Sari Judas, MKes, sekitar pukul 11.00 Wita, Kamis (02/06/2016) awal Juni lalu. 

HM Judas Amir, saat menyampaikan sambutannya dalam acara peresmian tersebut berpesan kepada para pedagang pasar untuk melayani pembeli dengan senyuman yang ramah.

“Karena dengan senyuman yang ramah tersebut maka pengunjung pasar merasa nyaman berbelanja dan Insyah Allah akan semakin bertambah meningkat,” ujar HM Judas Amir, disambut riuh tepuk tangan dan ucapan kata “amin” para pedagang dan udangan yang hadir mengamini petua yang disampaikan orang nomor satu di Kota Palopo itu.

Pembangunan pasar yang lebih baik dan bersih menurut HM Judas Amir, harus diikuti dengan pelayanan yang baik dan ramah pula bagi para pengunjung. “Saya kasih tahu rahasianya supaya pengunjung pasar menjadi semakin banyak yang datang ke sini,. rahasianya adalah perbanyaklah senyum kepada para pengunjung,” kata HM Judas Amir.

Mantan anggota DPRD Luwu itu menambahkan bahwa revitalisasi Pasar Tradisional Andi Tadda menjadi Pasar Rakyat Modern Andi Tadda merupakan upaya pemerintah untuk hadir di tengah-tengah masyarakat. “Pemerintah berupaya untuk menjadikan pasar-pasar rakyat menjadi lebih bersih, nyaman dan aman. Untuk itu, HM Judas Amir berharap pedagang senantiasa menjaga dan merawat bangunan pasar dengan sebaik-baiknya,” harapnya.

Untuk pengembangan Pasar Rakyat Modern Andi Tadda ini, ke depan menurut HM Judas Amir , dirinya akan memperluas kawasan pasar ke arah bagian barat. Untuk tahap awal dirinya berencana untuk membebaskan tanah di sebelah kanan pasar itu.

Dalam acara peresmian tersebut nampak hadir anggota Forum Komunikasi Pimpinan Daerah Kota Palopo yang terdiri Dandim 1403 Sawerigading Palopo Letkol Kav Cecep Tendi Sutendi, Kapolres AKBP Dudung Adijono, Kajari Palopo Muhammad Muhajir, Ketua Pengadilan Negeri Palopo Albertus Usada, SH, MH dan Ketua DPRD Palopo, Harisal Latif, serta sejumlah pimpinan SKPD lingkup Kota Palopo.

Hadir pula sejumlah pimpinan perbankan seperti Pemimpin Kantor Cabang BRI Palopo Christoffel C Ginzel, Kepala Cabang Bank Mandiri Palopo Hery Susilo,dan sejumlah pimpinan Bank lainnya yang ada di Kota Palopo.

Sekedar untuk diketahui Pasar Rakyat Modern Andi Tadda Palopo mampu menampung 462 pedagang yang menempati 202 kios dan 260 lapak atau pelataran. Pembangunan tahap pertama pasar tersebut menelan anggaran hingga Rp 10 milyar dan pada tahap kedua mendatang yang pelaksanaannya pada tahun ini membutuhkan anggaran sebesar Rp Rp7,5 milyar. (RD/WM)

No comments:

Post a Comment

.

.