.

.

.

Senin, 05 September 2016

Program Sistem Aplikasi Resmi Diluncurkan Fungsinya, Untuk Pantau Agar Guru & Siswa Tidak Mangkir

Direktur Macca Indonesia Foundation Haeril Al Fajri (keempat dari kanan), Direktur Kaizen Learning Edy Maiseng, SH, M.Kn (keempat dari kanan), Kepala Dinas Pendidikan Kota Palopo Akram Risa, S.Pd, M.Si (kelima dari kanan) foto bersama seusai Lounching dan Seminar SIPARAPE di Gedung Soedanrae Palopo

PALOPO, Tabloid SAR – Pemerintah Kota (Pemkot) Palopo, akhirnya resmi meluncurkan sebuah aplikasi tentang Sistem Informasi Pemantauan Pembelajaran dan Prestasi Belajar, disebut dengan istilah Siparape’.

Adapun aplikasi program yang berfungsi untuk memantau agar guru dan siswa agar tidak lagi mangkir pada saat berlangsung jam sekolah tersebut. Merupakan sebuah aplikasi terkait dengan sistem teknologi informasi (internet, red) yang dikembangkan oleh Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Palopo ini.

Sedangkan launching-nya dilakukan oleh Ketua TP PKK Kota Palopo, dr. Hj. Utiasari Judas, di Gedung SCC, Kamis lalu (4/8-2016).

Istri Walikota Palopo ini melalui seremoni peluncuran aplikasi tersebut, mengharapkan agar sistem ini dapat berjalan dengan baik dan berkesinambungan, sehingga tujuan mulianya, untuk membebaskan Palopo dari guru dan siswa guru mangkir dapat terwujud.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan Kota Palopo, Akram Risa, dalam sambutannya me-nyampaikan jika sistem aplikasi yang diinisiasi olehnya ini, digarap selama kurang lebih 3 bulan. “Tujuan yang ingin dicapai atas diluncurkannya program Siparape’ ini, tak lain agar para guru dan dan guru memiliki integritas dalam mengikuti proses belajar dan mengajar,” paparnya.

Menurutnya, bahwa Siparape’ ini merupakan akronim dari sistem yang kita buat. Namun demikian, Siparape’ sendiri adalah bersumber dari bahasa Bugis Palopo yang bermakna suatu sikap yang saling menghormati atau menghargai.

Tuturnya lagi, adapun sikap mengenai Siparape’ ini, maka turunan maknanya adalah sangat mengandung nilai-nilai integritas. “Olehnya itu, sehingga kita memilih nama ini sebagai brand dari nama program aplikasi tersebut," imbuhnya.

Akram pun menambahkan bahwa pengelolaan pendidikan ke depan harus menggunakan pendekatan sistem online. Jadi Siparape’ nantinya akan melibatkan partisipasi orang tua, sekolah, Dinas Pendidikan, kepala daerah dan DPRD yang masing-masing akan memiliki akun.

Olehnya itu, maka diapun mengharapkan dukungan dari segenap kalangan masyarakat di Kota Palopo ini, terlebih dari kalangan dunia aktivis LSM dan para insan pers, supaya dapat pula memberikan dukungan, melalui semangat kebersamaan untuk mewujudkan sistem ini.

"Ini bukti komitmen kami dalam mewujudkan kualitas terbaik bagi pendidikan di Kota Palopo. Ketika sistem ini diterapkan, insya Allah secara realtime kita dapat memantau anak sekolah kita masing-masing melalui smartphone,” kunci Akram Risa sesaat mengakhiri  sambutannya.

Sementara itu, Asisten II Bidang Ekonomi dan Pembangunan Pemkot Palopo, H Burhan Nurdin, memberikan apresiasi atas peluncuran Siparape’ ini. Kata dia, sistem ini memberi manfaat yang luar biasa bagi peningkatan kualitas pendidikan di Kota Palopo ke depan.

"Ini inovasi yang luar biasa karena dapat memberi manfaat yang luar biasa. Jadi melalui Siparape’, kita sudah bisa memonitor, tidak hanya kehadiran anak kita saja, tetapi juga memonitor prestasi belajarnya," demikian pujian H Burhan Nurdin dalam sambutannya. (Ories/Elyas/Hms)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

.