.

.

.

Sabtu, 29 Oktober 2016

Dinkes Kota Palopo Lakukan Program Pelatihan KKR & Dokter Kecil

dr Ishaq : Kita Sasar Sekolah untuk Pengenalan Perawatan Kesehatan Secara Dini

    
dr HM Ishaq Iskandar MKes Kepala Dinkes Kota Palopo
PALOPO, Tabloid SAR – Salah satu program kegiatan Dinas Kesehatan Kota Palopo secara rutin melakukan pelatihan Kader Kesehatan Remaja (KKR) dan dokter kecil, dengan sasaran sekolah-sekolah untuk pengenalan perawatan kesehatan secara dini.

Hal tersebut dikemukakan oleh Kepala Dinkes Kota Palopo, dr HM Ishaq Iskandar MKes, saat ditemui beberapa waktu lalu. “Program ini adalah sudah menjadi kegiatan rutin Dinkes Kota Palopo untuk memperkenalkan cara-cara perawatan sekolah secara dini terhadap siswa-siswi,” ujarnya.

Tutur Kadis yang dikenal murah senyum ini, maka Puskesmas atau Pusat Kesehatan Masyarakat (PKM) adalah menjadi ujung tombak atas kegiatan program kegiatan dokter kecil tersebut. “Hal itu sudah rutin berlangsung pada setiap Puskemas yang ada di Kota Palopo ini,” kata Ishaq.

Itu karena PKM, sambung dia, merupakan operator terdepan dalam sistem pelayanan kesehatan yang bersentuhan langsung dengan masyarakat. “Maka dengan alasan itu, sehingga ditunjuk untuk menjadi penyelenggara terhadap program kegiatan pelatihan dokter kecil,” papar Ishaq.

Lanjut Ishaq menuturkan, adapun program pelatihan KKR sasarannya adalah siswa-siswi Sekolah Menengah Pertama (SMP, red) dan sederajatnya, sedangkan program pelatihan dokter kecil sasarannya adalah murid-murid SD (Sekolah Dasar, red) dan sederajatnya.

Kemudian ia menambahkan, tentunya pula yang menjadi pemateri atas program kegiatan ini adalah dokter yang dibantu oleh tenaga medis yang ada pada Puskesmas atau PKM tersebut.

“Berbagai pelatihan disimulasikan, misalnya mengajarkan tentang P3K (Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan), UKS (Usaha Kesehatan Sekolah), materi dokter kecil, kesehatan perorangan, kesehatan gigi dan termasuk melakukan pemantauan status gizi anak sekolah,” ulas Kadis Keshatan Kota Palopo ini mengakhiri komentarnya. (Ories)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

.