.

.

.

Jumat, 18 November 2016

Palopo Jadi Tuan Rumah Festival Keraton Nusantara XIII

Kepala Daerah se Luwu Raya Siap Sumbang Dana Revitalisasi Istana Kedatuan

Pertemuan empat kepala daerah se Tana Luwu dengan Datu Luwu, untuk membahas program revitalisasi Istana Datu Luwu dalam rangka menghadapi FKN XIII nantinya.
PALOPO, Tabloid SAR- Penyelenggaraan Festival Keraton Nusantara (FKN) XIII tahun 2019 dipercayakan kepada Kedatuan Luwu untuk menjadi tuan rumah, dan dipusatkan kegiatannya di Kota Palopo Sulawesi Selatan (Sulsel).

Namun untuk menghadapi penyelenggaraan FKN XII tersebut, nampaknya keempat kepala daerah se Luwu Raya siap menyumbangkan dana masing-masing sebesar Rp 1 Miliar.

Kesepakatan itu disampaikan dalam pertemuan yang digelar di Auditorium Saokotae, Senin 31 Oktober 2016.

Sehingga akan terkumpul Rp4 miliar untuk revitalisasi Istana Kedatuan Luwu.

Hadir dalam pertemuan itu, Datu Luwu XL H Andi Maradang Mackulau, Wali Kota Palopo H Muhammad Judas Amir, Bupati Luwu HA Mudzakkar, Bupati Luwu Timur HM Tharig Husler, Wakil Bupati Luwu Utara Thahar Rum.

Hadir pula, Ketua DPRD Luwu Andi Muharrir, Ketua DPRD Luwu Timur Amran Syam, dan Ketua DPRD Palopo Harisal A Latief minus Ketua DPRD Luwu Utara. Tak ketinggalan pula hadir dewan adat 12 Kedatuan Luwu.

Untuk menghadapi tuan rumah penyelenggaraan FKN XII nantinya, kata Datu Luwu H Andi Maradang Mackulau, bahwa dana yang diperlukan untuk revitalisasi itu tidak sedikit.

“Jadi adanya bantuan anggaran dari dari para kepala daerah se Tana Luwu ini, maka diharapkan dapat memenuhi harapan untuk merevitalisasi bangunan Istana Luwu ini,” tutur Datu Luwu tersebut.

Walikota Palopo, HM Judas Amir menuturkan, bahwa meskipun Pemerintah Kota Palopo telah mengalokasikan anggaran untuk perbaikan Istana Datu Luwu sebesar Rp700 Juta. Tapi hanya untuk perbaikan atap dan juga lantai. Jika untuk revitalisasi keseluruhannya, Pemkot Palopo juga siap siapkan dana Rp1 Miliar.

"Kami siap berikan Rp1 Miliar. Apalagi kami juga telah menganggarkan perbaikan Istana sebesar Rp700 Juta," ujar Judas.

Menurut rencananya bahwa penyelenggaraan FKN XIII ini nantinya, juga akan mengundang Poso, Marowali, Kolaka dan Toraja. Hal tersebut, sebab daerah-daerah ini merupakan bagian dari wilayah Kerajaan Luwu pada masa lampau. (RD)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

.