.

.

.

Kamis, 17 November 2016

Walikota Palopo Membuka Pertemuan Forum Regional Gereja- Gereja Mitra EMS Jerman di Indonesia

Judas Amir : Semua rumah ibadah di Kota Palopo akan disertifikatkan

Walikota Palopo Drs. HM. Judas Amir, MH, membawakan sambutannya dalam acara pembukaan Regional Forum Gereja- Gereja Mitra Evangelical Mission In Solidarity (EMS) Jerman di Indonesia yang dipusatkan di Kota Palopo, Selasa (18/10/2016).

PALOPO, Tabloid SAR – Walikota Palopo Judas Amir, membuka secara resmi acara Regional Forum Gereja- Gereja Mitra Evangelical Mission In Solidarity (EMS) Jerman di Indonesia yang dipusatkan di Kota Palopo.

Pembukaan forum yang dihadiri oleh para pengurus gereja- gereja protestan anggota atau mitra EMS di Indonesia tersebut berlangsung di Aula Kantor Balai Kota Palopo, Selasa (18/10/2016).

Pertemuan kali ini mendaulat Gereja Protestan Indonesia Luwu (GPIL) sebagai pelaksana pertemuan regional mitra EMS di Indonesia.

Walikota Palopo Judas Amir, dalam sambutannya, mengatakan jika dirinya telah membatalkan untuk menghadiri salah satu pertemuannya di Jakarta dan terpaksa diwakili. Sebab dirinya merasa sangat penting untuk menghadiri pembukaan forum tersebut.

“Hal itu merupakan salah satu upaya dalam melayani masyarakat Kota Palopo dengan baik,” katanya.
Judas Amir juga memperkenalkan program sertifikasi rumah ibadah di Kota Palopo. “Semua rumah ibadah di Kota Palopo akan disertifikatkan sesuai nama rumah ibadah tersebut,” jelasnya.

Sementara, Bupati Luwu Timur HM. Thoriq Husler, pada kesempatan itu, menyampaikan bahwa keanekaragaman atau perbedaan dapat menjadikan kita kuat.

“Tingkatkan dan jaga kebersamaan. Kita boleh berbeda dalam kemajemukan yang ada, itu merupakan potensi bagi kita dalam rangka menggali potensi sumber daya yang ada untuk dapat dipersatukan demi kemajuan dan pembangunan,” kata Husler.

Dalam kesempatan yang sama pula, Ketua Majelis Pekerja Sinode GPIL, Pdt. Lamban Mandi Tandi Pare, M.Si, dalam laporannya menyampaikan bahwa forum regional tersebut merupakan pertemuan rutin yang dilakukan setiap tahunnya oleh gereja- gereja anggota atau mitra EMS Jerman di Indonesia.

“Tujuannya, untuk mempererat kebersamaan sesama anggota dan mitra EMS, berbagi pengalaman dan memikirkan program, serta aksi bersama untuk solidaritas bagi masyarakat dan umat,” terangnya.
Sedangkan perwakilan EMS Jerman, Mr. Hans, pada kesempatan yang sama mengatakan jika EMS adalah organisasi gereja internasional yang anggotanya tersebar Afrika, Jerman, India, Timur Tengah, Korea, Jepang, China, dan Indonesia, ujarnya.

Mr. Hans menuturkan, jika dirinya punya kesan tersendiri dengan Kota Palopo, setelah 25 tahun silam Ia datangi. 

“Palopo dulunya hanya sebuah kota kecil, namun kini telah menjadi kota modern dengan infrastruktur yang cukup memadai. Kota bersih dan teratur,” tambahnya.

Tampak hadir dalam acara tersebut, Bupati Toraja Utara DR. Kalatiku Paembonan, M.Si, Kajari Palopo M. Muhadjir, SH, MH, Kasdim 1403 Sawerigading Mayor Awaluddin, Wakapolres Palopo Kompol Woro Susilo, Asisten I Setda Kota Palopo Hatta Toparakassi, SH, MH dan para pimpinan gereja, serta pimpinan Sekolah Tinggi Teoligi Intim Makassar. (RD/WM)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

.