.

.

Rubrik

.

Rabu, 21 Desember 2016

Bersama Ratusan Insan Pendidik, Bupati Torut Peringati HGN dan HUT PGRI

Suasana upacara peringatan Hari Guru Nasional (HGN) dan HUT PGRI di SMA Kristen Barana', Kabupaten Toraja Utara, Sulsel.
TORUT, Tabloid SAR- Setiap tanggal 25 November, segenap insan pendidik di Indonesia pada wilayah NKRI khususnya yang berprofesi sebagai guru, secara umum menggelar upacara peringatan Hari Guru Nasional (HGN) dan Hari Ulang Tahun (HUT) Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI).

Demikian pula di Kabupaten Toraja Utara (Torut), Sulawesi Selatan (Sulsel), ratusan guru memperingati HGN dan HUT PGRI dengan menggelar upacara pengibaran bendera di halaman SMA Kristen Barana’, Jumat (25/11/2016) pagi.

Menariknya dalam peringatan momentum hari bersejarah bagi para tenaga pendidik itu, Bupati Torut DR. Kalatiku Paembonan, M.Si bertindak sebagai Inspektur Upacara (Irup).

Didepan ratusan guru, orang nomor satu di daerah yang terkenal dengan destinasi wisatanya itu, mengatakan melalui HGN dan HUT PGRI, “mari kita memaknai momentum ini untuk menetapkan dasar pokok dan dalam upaya mencerdaskan bangsa,” seru Kalatiku.

Ia menambahkan, bahwa seluruh insan pendidik di Torut harus mampu mendorong kemajuan dunia pendidikan, karena pendidikan merupakan salah satu kunci membangun peradaban bangsa kearah yang lebih maju dan modern, jelasnya.

Kalatiku menjelaskan pula, jika Pemerintah Daerah (Pemda) Torut terus berupaya untuk meningkatkan kesejahteraan para guru.

“Pemda Torut pada era kepemimpinan saya akan terus memperhatikan kesejahteraan para guru. Dan itu telah diawali dengan peningkatan upah para guru honorer, jika selama ini guru honorer mendapatkan gaji hanya sebesar Rp 520 ribu perbulan, maka sekarang mereka dapat menikmati upah diatas Rp 1 juta perbulan,” ujar Kalatiku.

Upacara tersebut, selain diikuti oleh ratusan guru juga tampak dihadiri Asisten Pemerintahan Umum Pemda Torut Rede Roni Bare, Kepala Dinas Perindag, Koperasi & UMKM Torut Gaga Semule, Kepala Dinas Pendidikan Torut Kalvyn Tandiarrang, Sekretaris Dinas Pendidikan Torut Yakub Pongsendana, dan Kepala Satpol PP Torut Aris Pakilaran, serta Camat Tikala.

Untuk diketahui, Pemerintah Republik Indonesia dalam memberikan penghormatan kepada para guru, melalui Keputusan Presiden Nomor 78 Tahun 1994 menetapkan tanggal 25 November sebagai Hari Guru Nasional (HGN), kemudian pada tanggal 2 Desember tahun 2004, Presiden RI menetapkan guru sebagai profesi.

Dan penghormatan kepada para insan pendidik di Indonesia, lebih dipertegas melalui UU Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen, serta diperjelas dalam Peraturan Pemerintah Nomor 74 Tahun 2008 tentang Guru. (RD/WM)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

.