.

.

.

Kamis, 08 Desember 2016

Bupati Andi Cakka Canangkan HMPI dan BMN Tingkat Kab Luwu

Para peserta yang hadir pada perncanangan HMPI-BMN 2016 Tingkat Kabupaten Luwu,di Gamaru Desa Ulusalu Kecamatan Latimojong, tampak sejumlah pejabat di lingkup Pemerintah Kabupaten Luwu, aparat kepolisian, Ormas dan LSM dan seluruh lapisan masyarakat.   

    
Andi Mudzakkar Bupati Luwu
Peringatan Hari Menanam Pohon Nasional (HMPI) dan Bulan Menanam Nasional (BMN) Tahun 2016 Tingkat Kabupaten (Kab) Luwu, dicanangkan oleh Bupati Luwu HA Mudzakkar, Senin (28/11-2016) sebagaimana yang dipusatkan di Dusun Gamaru, Desa Ulusalu, Kecamatan (Kec) Latimojong, Kab Luwu, Sulawesi Selatan (Sulsel).

Bupati Luwu Haji Andi Mudzakkar, saat mencanangkan peringatan yang sifatnya kegiatan nasional ini, terlebih dahulu mengutip pidato seragam Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI Sitti Nurbaya Bakar, dengan mengangkat tema “Hutanku adalah Rumahku dan Rumahku adalah Hutanku”.

Andi Cakka, begitu Bupati Luwu dua periode ini akrab disapa, lebih banyak memberikan motovasi kepada masyarakat tentang pentingnya menanam pohon untuk mendorong kesejahteraan hidup ke depan.

Tak lupa pula orang nomor satu di Kab Luwu ini, menekankan pentingnya melestarikan hutan sebagai rumah bagi kelangsungan kehidupan, sebagaimana tema pidato seragam Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan tersebut.

Sebelumnya Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Kehutanan dan Perkebunan (Hutbun) Kab Luwu, Andi Agussalim SP MP dalam laporannya dihadapan Bupati Luwu, menyampaikan bahwa kegiatan ini, diikuti oleh seluruh SKPD di lingkup Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Luwu, TNI/POLRI, instansi vertikal lainnya, camat dan kepala desa, pihak swasta dan segenap Ormas, LSM dan lapisan masyarakat juga ikut berpartisipasi.

Andi Agussalim pun melaporkan mengenai kesiapan bibit yang ditanam sejumlah 22.500 pohon. Hal tersebut untuk ditanam pada sisi jalan, mulai dari perbatasan Kec Bajo Barat dengan Kec Latimojong, hingga di lokasi Air Terjun Sarasa Kembar Gamaru, sepanjang 26,5 Kilometer.

Andi Agussalim yang juga Sekretaris Dinas Hutbun Kab Luwu ini, tidak lupa pula melaporkan tentang sponsor atas kegiatan HMPI dan BMN Tingkat Kab Luwu ini, antara lain pihak Perbankan, PT Pertamina, PT Pamply, PT Masmindo Dwi Area dan lain-lain.

Pada kesepatan ini pula, Andi Agussalim menyampaikan bahwa jika tahun sebelumnya, dimana program kegiatan HMPI dan BMN adalah dicanangkan penanaman satu juta pohon. Namun pada tahun 2016 ini, diubah dengan cara setiap orang menanam pohon selama hidupnya.

Menurutnya, bahwa menanam satu pohon saja, maka ke depan akan dapat memberikan kontribusi oksigen bagi kehidupan dua orang. “Jika setiap orang selama hidupnya menanam 25 pohon, nantinya akan dapat memberikan kontribusi oksigen terhadap sejumlah 50 orang,” paparnya.

Sambung dia, bahwa pada hari ini kita menanam bibit sejumlah 22.500 pohon, jika tumbuh menjadi besar, berarti kita akan menyumbang oksigen bagi kehidupan sejumlah 45.000 orang. Lalu ia juga melaporkan bahwa pada tahun 2016 ini, sudah 397.100 pohon bibit pohon yang ditanam dalam bentuk berbagai kegiatan.

“Sedangkan udara yang kita hirup ini, bersumber dari karbon dioksida yang mengalami proses fotosintesis melalui pohon, sehingga menghasilkan oksigen bagi kehidupan,” ulas Plt Kadis Hutbun Kab Luwu tersebut.

Adapun potret tentang kegiatan HMPI dan BMN Tingat Kab Luwu yang dicanangkan oleh Bupati Luwu Haji Andi Mudzakkar di Kec Latimojong tersebut. Menurut hasil liputan langsung Tabloid SAR, sebagaimana foto-foto kegiatan yang tersedia. (Ories/Elyas/Infotorial)

(Dari Kanan ke kiri) : Kasi Pidsus Kejari Luwu Muh Akbar Datau SH, Ketua DPRD Luwu A Abdul Muharrin, Bupati Luwu HA Mudzakkar, Wakapolres Luwu Kompol Abraham Tahalele, Wakil Bupati Luwu H Amru Saher, saat pencanangan HMPI-BMN 2016 Tingkat Kabupaten Luwu di Gamaru Desa Ulusalu Kecamatan Latimojong.  

Tampak Bupati Luwu, HA Mudzakkar sedang menanam pohon.

Wakil Bupati Luwu sedang menanam pohon, didampingi Plt Kadis Hutbun Kabupaten Luwu Andi Agussalim (berdiri). Tampak pula Wakil Kapolres Luwu,  Kompol Abraham Tahalele.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

.