.

.

.

Kamis, 08 Desember 2016

Bupati HA Mudzakkar Akan Menata Lokasi Air Terjun Kembar Sarasa Gamaru

Bupati HA Mudzakkar Akan Menata Lokasi Air Terjun Kembar Sarasa Gamaru

Dengan beroperasinya pesawat berbadan lebar Wings Air di Bandara Bua, sehingga Bupati HA Mudzakkar akan mem-programkan penataan lokasi Air Terjun Kembar Sarasa Gamaru, sebagai tempat tujuan destinasi wisata unggulan Kabupaten Luwu.

    
Betapa eksotisnya pemandangan salah satu Air Terjun Kembar Sarasa Gamaru
di Desa Ulusalu Kecamatan Latimojong Kabupaten Luwu Sulsel.
Wilayah Kabupaten Luwu di Sulawesi Selatan (Sulsel), rupanya menyimpan beragam potensi wisata yang tak kalah menariknya. Hanya saja belum dijamah secara optimal, sehingga seolah masih tertidur di balik keperawanan alam, tapi ternyata sangat menyajikan sebuah eksotisme pemandangan yang yang sangat berpotensi untuk dikembangkan menjadi tempat destinasi wisata. 

Salah satunya adalah Air Terjun Kembar Sarasa Gamaru di Desa Ulusalu, Kecamatan Latimojong, Kabupaten Luwu. Di mana air terjun ini, berada di balik alam perawan di tengah tengah hutan belantara pada kawasan pegunungan Latimojong, tidak jauh dari lokasi jatuhnya pesawat Avia Air yang pernah menghebohkan tersebut.

Melihat potensi wisata yang dimiliki air terjun kembar ini, sehingga membuat Bupati Luwu HA Mudzakkar akan menatanya menjadi tempat destinasi wisata unggulan, supaya menjadi refresentatif tidak hanya bagi kunjungan wisatawan lokal tapi juga bagi wisatawan domestik, bahkan wisatawan mancanegara sekalipun.

Hal tersebut dikemukakan oleh bupati yang akrab disapa Andi Cakka ini, saat melihat dari dekat Air Terjun Kembar Sarasa Gamaru, pada Senin 28 November 2016, di sela-sela kegiatan peringatan Hari Menanam Pohon Nasional (HMPN) dan Bulan Menanam Nasional (BMN) Tingkat Kabupaten Luwu.
Menurut Bupati Luwu dua periode ini, bahwa kita akan anggarkan melalui APBD tahun 2017, untuk menata lokasi air terjun ini, supaya dapat menarik kehadiran wisatawan. “Apalagi pihak travel Wings Air telah meminta saya agar dapat mempersiapkan destinasi wisata unggulan dalam menjemput perjalanan wisatawan yang mempergunakan jasa travel Wings Air,” tuturnya.

Pasalnya, ujar Andi Cakka menyampaikan harapan Wings Air, jika hanya Toraja yang difasilitasi melalui paket promosi kunjungan wisata, itu masih sangat singkat waktunya jadi masih rugi bagi pengguna paket wisata jasa travel Wings Air.

“Jadi perlunya Pak Bupati menyiapkan destinasi wisata unggulan untuk menambah waktu perjalanan mereka (pengguna paket jasa wisata, red),” beber Bupati Luwu menirukan ungkapan pihak management Travel Wings Air.

Andi Cakka pun lanjut menjelaskan, selain kita akan menata lokasi Air Terjun Kembar Sarasa Gamaru. Maka kita juga akan memprogramkan untuk membuat rumah-rumah di atas pohon, supaya memberikan sensasi berwisata tersendiri bagi wisatawan yang datang berkunjung.

Tutur Bupati Luwu dua periode ini lebih lanjut, kita pun juga membangun destinasi wisata argo dan sirkuit motor cross di Kecamatan Latimojong ini. Jadi semua itu nantinya akan diharapkan dapat mengundang wisatawan untuk datang membelanjakan uangnya di Kabupaten Luwu pada umummya, khususnya di Kecamatan Latimojong ini.

Untuk menjemput masuknya arus wisatawan tersebut, sambung Andi Cakka, saya juga akan memprogramkan pengembangan tanaman bawang. Saya minta agar masyarakat dapat menghibahkan lahannya paling tidak 3,5 hektar untuk lokasi pengembangan bibit bawang.

Ujarnya lagi, jadi bibit bawang itu nantinya akan dibagi - bagikan kepada masyarakat untuk dibudidayakan lebih lanjut, supaya dapat memberikan manfaat ekonomi bagi masyarakat itu sendiri, karena wisatawan yang datang berkunjung merupakan salah satu pangsa pasar yang cukup potensial.

”Terlebih lagi iklim dan pemandangan alam yang bersifat eksotis di wilayah pegunungan pada kecamatan ini, sangat menjanjikan untuk dijadikan sebagai tempat destinasi wisata masa depan,” papar bupati yang sangat dikenal merakyat tersebut.

Kemudian ia menambahkan, kita akan proyeksikan pada tahun 2017 sudah dapat terealisasi kerjasama paket wisata dengan pihak management travel Wings Air dan juga merupakan anak perusahaan Loin Air.

“Untuk itu, saya sangat berharap pada segenap keluarga saya di Kecamatan Latimojong ini agar dapat mendukung program pemerintah daerah pada sisa kepemimpinan saya sebagai Bupati Luwu,” tandas HA Mudzakkar. (Arizal/ Infotorial).

Tampak Bupati Luwu, HA Mudzakkar bersama Direktur Eksekutif Aktivis Pembela Arus Bawah, Rahmat K Foxchy sedang berdialog tentang penataan lokasi Air Terjun Kembar Sarasa Gamaru, tidak hanya untuk mendong masuknya arus wisatawan lokal dan domestik tapi juga untuk mendong masuknya arus wisatawan mancanegara, demi mendongkrak pertumbuhan ekonomi masyarakat di Kabupten Luwu, khususnya bagi masyarakat Kecamatan latimojong. Tampak latarbelakang Air Terjun Kembar Sarasa Gamaru yang akan diagendakan penataan lokasinya melalui APBD TA 2017. 
Bupati Luwu HA Mudzakkar (tengah) sedang menunjuk ke arah Air Terjun Kembar Sarasa Gamaru, bersama Ketua DPRD Luwu Andi Muharrir (kiri) dan Kepala Desa Ulusalu, Mujizat (dua dari kanan) serta Sekretaris DPCTR Luwu Sofyan Thamrin  Kabupaten Luwu Sopyan Thmarin dan PNS Pemkab Luwu lainnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

.