.

.

.

Senin, 12 Desember 2016

Bupati Lutim Terima Sejumlah Penghargaan dari Pemprov Sulsel pada Peringatan HKN 2016

Bupati Lutim HM Thoriq Husler (kedua dari kiri) memegang penghargaan yang baru saja diterima di Rujab Gubernur SulSel, Senin (14/11/2016)
LUTIM, Tabloid SAR- Sejak tahun 1964, setiap tanggal 12 November diperingati sebagai Hari Kesehatan Nasional (HKN).

Momentum itu diperingati dalam rangka melakukan pendidikan kesehatan bagi masyarakat Indonesia, sebagai salah satu upaya promosi kesehatan. Selain itu, peringatan HKN bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat Indonesia terhadap pentingnya menjaga kesehatan.

Pada peringatan HKN 2016, Kementerian Kesehatan RI mengambil tema “Indonesia Cinta Sehat” dengan sub tema “Masyarakat Hidup Sehat, Indonesia Kuat.”

Tema tersebut dilatar belakangi, pentingnya mengedukasi masyarakat agar berperilaku sehat, mengajak masyarakat membiasakan hidup sehat, dan memberikan tanggung jawab menjaga diri sendiri, keluarga, dan lingkungannya untuk hidup sehat melalui upaya preventif dan promotif.

Upaya promotif dan preventif merupakan salah satu cara efektif untuk menurunkan angka kematian akibat Penyakit Tidak Menular (PTM) dan Penyakit Menular (PM).

Upaya tersebut bergantung pada perilaku hidup individu yang turut didukung oleh kondisi lingkungan, ketersediaan sarana dan prasarana, serta dukungan regulasi untuk mewujudkan hidup sehat dengan melibatkan seluruh lapisan masyarakat.

Kendati demikian, beragam cara digelar oleh sejumlah pemerintah baik pada tingkat kabupaten atau kota maupun pemerintah tingkat provinsi, pada peringatan HKN ke 52, tahun ini.

Di Sulawesi Selatan (SulSel) misalnya, Pemerintah Provinsi (Pemprov) SulSel pada momentum tersebut memberikan sejumlah penghargaan kepada sejumlah institusi dan individu yang dinilai berprestasi dalam pembangunan kesehatan di SulSel.

Pada peringatan HKN kali ini, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Luwu Timur (Lutim) berhasil meraih sejumlah prestasi pada bidang kesehatan, atas prestasi tersebut Bupati Lutim HM Thoriq Husler, menerima berbagai jenis penghargaan.

Penghargaan itu diserahkan langsung oleh Wakil Gubernur SulSel, Agus Arifin Nu'mang kepada Bupati Lutim Husler di Rumah Jabatan Gubernur SulSel, Senin (14/11/2016).

Penghargaan yang diberikan oleh Pemprov SulSel tersebut, antara lain pembina usaha kesehatan sekolah, puskesmas terakreditasi sebagai fasilitas kesehatan tingkat pertama (FKTP), Desa Sehat, tenaga bidan teladan, tenaga kesehatan lingkungan teladan, posyandu lansia sehat, dan penghargaan lansia sehat.

Ketika menerima penghargaan tersebut, Husler menyampaikan rasa syukurnya dan bangga dengan sejumlah penghargaan yang berhasil diraihnya saat itu.

Menurutnya, keberhasilan meraih sejumlah prestasi gemilang pada bidang kesehatan, berkat dukungan semua pihak, termasuk seluruh stakeholder terkait dan masyarakat Lutim pada umumnya.

Selain itu, sektor kesehatan memang menjadi salah satu skala prioritas Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lutim, karena kesehatan menyentuh langsung kebutuhan masyarakat, kata orang nomor satu di daerah berjuluk Bumi Batara Guru tersebut.

“Hal itulah yang menjadi alasan Pemkab Lutim, selalu untuk berupaya melakukan pembenahan dan peningkatan pelayanan pada bidang kesehatan masyarakat,” jelas Husler.

Ia menambahkan, penghargaan itu akan menjadi sebuah motivasi bagi Pemkab Lutim kedepannya dalam meningkatkan kwalitas dan pelayanan kesehatan yang lebih baik lagi, tandasnya. (Tjokeng/WM)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

.