.

.

Saturday, 31 December 2016

Bupati Luwu Kukuhkan Satgas Saber Pungli

Bupati Luwu Andi Mudzakkar (kiri) saat mengukuh Satgas Saber Pungli Kabupaten Luwu, di Aula Andi Kambo, Kota Belopa, Ibukota Kabupaten Luwu, Sulawesi Selatan (Sulsel), Kamis (08/12/2016).
Luwu, Tabloid SAR- Pasca Presiden Jokowi, menandatangani Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 87 Tahun 2016 tentang Satuan Tugas Sapu Bersih Pungutan Liar (Satgas Saber Pungli), pada Oktober 2016 lalu di Jakarta.

Nampaknya sejumlah jajaran pemerintah yang menjadi bahagian dari anggota Satgas Saber Pungli, hingga ke daerah kabupaten/kota di seluruh wilayah NKRI menindaklanjuti Perpres tersebut.

Jajaran anggota Satgas Saber Pungli di kabupaten/kota menindaklanjuti Perpres tersebut dengan mengukuhkan Satgas Saber Pungli di daerahnya.

Kegiatan demikian dilaksanakan Bupati Luwu Andi Mudzakkar. Ia mengukuhkan Satgas Saber Pungli tingkat Kabupaten Luwu, di Kompleks Kantor Bupati Luwu tepatnya Aula Andi Kambo, Kota Belopa, Ibukota Kabupaten Luwu, Sulawesi Selatan (Sulsel), Kamis (08/12/2016).

Satgas tersebut dibentuk untuk melaksanakan tugas pemberantasan Pungli, secara efektif dan evisien khususnya di wilayah Kabupaten Luwu.

Dalam menjalankan tugasnya, Satgas ini, harus senantiasa berkoordinasi dengan Satgas Saber Pungli pada tingkat provinsi dan pusat.

Sebelum mengukuhkan Satgas Saber Pungli Kabupaten Luwu yang terdiri dari, aparat TNI, Polri, Kejaksaan, dan aparat Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Luwu. Andi Mudzakkar yang akrab disapa Cakka mengawalinya dengan sambutan.

Dalam sambutannya, Cakka mengatakan, wewenang Satgas tersebut antara lain membangun sistim pencegahan dan pemberantasan Pungli.

Selain itu, Satgas ini juga bertugas melakukan Pulbaket (pengumpulan bahan dan keterangan) dari para pihak yang terkait.

“Satgas ini juga bisa melakukan operasi tangkap tangan (OTT). Termasuk memberikan rekomendasi yang bersifat wajib diperhatikan oleh SKPD dan unit kerja, serta instansi vertikal dalam wilayah Kabupaten Luwu,” ujar Cakka.

Putra bungsu tokoh kharismatik asal Tana Luwu Almarhum Kahar Muzakkar itu, juga mengharapkan agar Satgas Saber Pungli Kabupaten Luwu, mampu bekerja secara maksimal khususnya dalam melakukan pengawasan pada setiap ruang yang berpotensi terjadi adanya praktek Pungli.

Tampak hadir dalam acara pengukuhan tersebut, Kapolres Luwu AKBP Ahmad Yanuari Insan, Kajari Luwu I Gede Edy Bujayanasa, dan Sekda Luwu Syaiful Alam, serta sejumlah personil TNI dari Kodim 1403 Sawerigading, anggota Polri dari Polres Luwu, dan aparat Kejari Luwu, serta sejumlah Aparatur Sipil Negara (ASN) lingkup Pemkab Luwu.

Untuk diketahui, dalam Perpres Nomor 87 Tahun 2016 tentang Satuan Tugas Sapu Bersih Pungutan Liar (Satgas Saber Pungli), dijelaskan bahwa anggota Satgas Saber Pungli, terdiri dari Polri, Kejaksaan Agung (Kejagung) RI, Kementrian Dalam Negeri (Kemendagri) RI, Kementrian Hukum dan HAM (Kemenkumham) RI, Ombudsman RI, Pusat Pelaporan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK), Badan Intelejen Negara (BIN), dan Polisi Militer TNI. (RD/WM)

No comments:

Post a Comment

.

.