.

.

Saturday, 31 December 2016

Bupati Luwu Meninjau Pasar Percontohan Belopa

Nampak Bupati Luwu,H.Andi Mudzakkar pada saat meninjau lokasi Pasar Percontohan Belopa.
Hamsa : Selama Tiga Bulan Retribusi Pasar Digratiskan

LUWU, Tabloid SAR- Para pedagang di Pasar Percontohan Belopa, yang terletak di Kelurahan Sabe, Kecamatan Belopa Utara, Kabupaten Luwu, Sulawesi Selatan (Sulsel), merasa sangat bersyukur dan bahagia, ketika Bupati Luwu Andi Mudzakkar melakukan peninjauan di pasar tersebut, Selasa (13/12/2016) siang.

Pasalnya, Kepala Pasar Percontohan Belopa, Hamsa saat kunjungan tersebut berlangsung, didepan para pedagang yang menjual di lokasi itu mengatakan para pedagang akan dibebaskan dari biaya retribusi selama tiga bulan.

Kendati demikian, dalam kunjungan itu, Hamsah juga mewarning 15 pemilik kios dan 7 pemilik lodz yang belum melakukan beraktivitas pada tempat mereka di lokasi tersebut.

“Apabila dalam waktu satu bulan kedepan, mereka tidak menempati kios dan lodz-nya maka, kios atau lodz tersebut akan diberikan kepada para pedagang lainnya yang mau berjualan di sini,” tegas Hamsa.

Sementara, Bupati Luwu, Andi Mudzakkar dalam kunjungan tersebut menghimbau kepada para pedagang agar senantiasa menjaga kebersihan pasar.

Orang nomor satu di Kabupaten Luwu itu, juga memerintahkan kepada penanggung jawab Pasar Percontohan Belopa, untuk menambah jumlah bak sampah di lokasi pasar, karena menurutnya bak sampah yang ada saat itu masih kurang.

Dalam kunjungan itu, Andi Mudzakkar yang akrab disapa Cakka, juga menyeruhkan kepada para pedagang di lokasi pasar tersebut untuk membeli sendiri gembok guna mengunci kios mereka agar aman dari pencurian.

“Sebaiknya pedagang di sini membeli sendiri gembok, jangan minta dibelikan pemerintah, karena jangan sampai kalau kami yang belikan, trus tidak diminta-minta ada yang kehilangan barangnya, lantas kami yang dicurigai,” ujar Cakka di depan para pedagang dengan rada canda.

Bupati Luwu dua periode itu, dalam kunjungan ini juga mengapresiasi keberhasilan Tim Relokasi, dalam merelokasi para pedagang dari pasar lama Belopa ke Pasar Percontohan tersebut.

“Saya atas nama Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Luwu, mengapresiasi dan berterima kasih kepada Tim yang berhasil merelokasi para pedagang dari pasar lama ke pasar ini. Hasilnya cukup baik karena berjalan dengan aman, tertib dan damai, serta tidak memunculkan kisruh,” tandasnya.

Bupati Luwu Andi Mudzakkar, yang ditemui disela- sela kunjungan itu, mengatakan eks pasar lama Belopa akan alih fungsikan menjadi Taman Kota. Di taman tersebut para pedagang kuliner jajanan sore hari (Pujasari) akan ditempatkan disitu.

“Lokasi pasar lama akan kita jadikan Taman Kota. Para pedagang kuliner akan kita tempatkan di taman itu, untuk berjualan makanan pada sore hari,” ujar Cakka.

Ia menambahkan di tengah taman tersebut akan dibuat kolam air mancur. Kolam itu sengaja dibangun, selain untuk menambah keindahan taman, juga akan kita fungsikan sebagai sumber air bagi pemadam kebakaran, jelasnya.

Dalam kunjungan tersebut tampak mendampingi Bupati Luwu Andi Mudzkkar, Kepala Bappeda Muh Rudi dan Kepala UPTD Pasar Andi Arsyad, serta Kepala Pasar Percontohan Belopa Hamsa.

Untuk diketahui, para pedagang di pasar lama Belopa, mulai memindahkan barangnya ke Pasar Percontohan Belopa, Jumat (9/12/2016) pagi. (RD/WM)

No comments:

Post a Comment

.

.