.

.

Rubrik

.

Rabu, 21 Desember 2016

KPA Lutim Peringati Hari AIDS Sedunia

Tampak calon pendonor menjalani pemeriksaan kesehatan sebelum darahnya diambil untuk ditransfusikan bagi orang yang membutuhkan
Irwan: Jangan Kucilkan ODHA Dalam Interaksi Sosial

LUTIM, Tabloid SAR- Komisi Penanggulangan Aids (KPA) Kabupaten Luwu Timur (Lutim), peringati Word AIDS Day (Hari AIDS Sedunia- red) di Lapangan Andi Nyiwi Malili, Kamis (01/12/2016).

Peringatan Hari AIDS Sedunia kali ini, diperingati KPA Lutim dengan menggelar aksi donor darah dan sosialisasi bahaya virus HIV- AIDS.

KPA Lutim bersama sejumlah pejabat lingkup Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lutim, dan para karyawan swasta dari berbagai perusahaan, serta ratusan warga daerah berjuluk Bumi Batara Guru itu, mendonorkan darah mereka dalam kegiatan tersebut.

Dalam kegiatan tersebut Ketua Pelaksana KPA Lutim Irwan Bachri Syam yang juga Wakil Bupati Lutim mengajak masyarakat Lutim agar tidak mengucilkan para pengidap HIV- AIDS atau ODHA (Orang Dengan HIV AIDS).

Karena menurut orang nomor dua di Kabupaten Lutim itu, ODHA harusnya diberi dukungan moril agar mereka lebih semangat dalam berinteraksi sosial dengan masyarakat di sekitar lingkungannya untuk bangkit dari keterpurukannya.

“Sebaiknya para ODHA jangan dijauhi dalam interaksi sosial, karena dalam pergaulan demikian penyakit itu tidak menular,” himbau Irwan.

Kendati demikian, Irwan juga memberikan saran untuk menghindari penyebaran virus HIV- AIDS dengan cara menjauhi pergaulan bebas atau sex bebas dan penggunaan Narkoba.

“Meski demikian hindarilah pergaulan bebas atau sex bebas, termasuk Narkoba karena kedua hal itu, secara umum paling banyak ditemukan menjadi penyebab penyebaran virus HIV- AIDS,” jelas Irwan.

Jadi sebaiknya jangan jajan diluar, karena berhubungan sex diluar nikah atau sex bebas dapat menjadi penyebaran virus HIV AIDS. Sebab ODHA dapat menularkan virusnya ketika berhubungan ala suami istri dengan mereka.

“Kalaupun terpaksa harus jajan diluar, sebaiknya gunakan kondom untuk menghindari penyebaran virus HIV- AIDS,” kata Irwan dengan rada canda disambut tawa ratusan peserta kegiatan tersebut.

Pengguna narkoba yang menggunakan jarum suntik juga rentan terkena virus HIV- AIDS karena virus ODHA dapat menyebar melalui jarum suntik saat menggunakan narkoba. Sebab virus HIV- AIDS yang ada pada jarum suntik berupa sisa- sisa darah ODHA saat menggunakan jarum itu dapat menular kepada pengguna jarum yang sama ketika menggunakan narkoba, tandasnya.

Berdasarkan data yang berhasil dihimpun Wartawan Tabloid SAR menyebutkan, pada tahun 2015 sebanyak 99 ODHA di Kabupaten Lutim yang terdiri dari 46 orang perempuan dan 53 laki- laki.

Dari 99 jumlah ODHA pada tahun lalu, saat ini sudah menurun, meski tidak terlalu signifikan, karena masih ada 66 ODHA di Bumi Batara Guru tersebut. (Dahlan/WM)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

.