.

.

Monday, 12 December 2016

Peduli Alam Indonesia, Nadine: Saya Gak Bisa Berjalan Sendiri

Nadine Chandrawinata
Tak cuma aktif di dunia hiburan dengan membintangi berbagai judul film, Nadine Chandrawinata juga terbilang sangat aktif mengikuti berbagai gerakan sosial. Terbaru, kakak dari Mischa dan Marcell Chandrawinata ini didapuk untuk mengawal kampanye Pelestarian Hutan Batang Tori di Sumatera.

Sudah bukan rahasia lagi memang kalau jumlah hutan di Indonesia kian waktu tambah berkurang. Padahal menurut Nadine, ada banyak gerakan yang bisa dilakukan oleh para generasi muda seperti melindungi hewan ataupun melakukan langkah go green.

"Kita harus tahu bahwa selain kita sebagai penghancur tapi juga penyelamat. Sebenarnya untuk anak muda bisa melakukan hal-hal yang simple tapi juga berguna bagi satwa yang dilindungi. Salah satunya di hutan Batang Toru ada 800 orangutan dan itu yang kita perjuangkan," ujar Nadine saat ditemui dalam acara preskon Penyelamatan Hutan Batang Tori Sumatra di Senayan City, Jakarta Selatan.

Nadine bahkan tak tanggung-tanggung terjun langsung ke lapangan untuk membuktikan keseriusannya terhadap perlindungan alam. Dari situ, ia bisa melihat fakta bahwa alam Indonesia memang banyak yang dirusak oleh oknum tak bertanggung jawab.

"Saya pernah ke Tapanuli dan hutannya sangat lebat, mungkin kalau sendiri bisa nyasar. Saya pernah ke Malinau Kalimantan, hutannya juga lebat sekali. Tapi yang paling miris waktu di Wamena. Saya melihat penebangan pohon ekstrem. Ternyata di situ juga ada beberapa hektar yang dibakar. Di situ saya menangis ibaratnya seperti tangan kita dipotong," tambahnya.

Nadine mengharapkan banyak dukungan untuk gerakan pelestarian alam yang dilakukannya.

Ia pun berharap apa yang dilakukannya ini bisa mendapatkan dukungan dari banyak orang. Yap, Nadine sadar bila perjuangannya tak akan berarti bila tanpa adanya dukungan dari berbagai pihak.

"Saya gak bisa berjalan sendiri. Jadi saya minta tolong bagi yang bisa menyuarakan dan memberikan regulasi. Saya berharap suatu saat pemerintah daerah begitu juga anak muda untuk tidak melakukan hal yang gegabah dan bisa dimulai dari diri sendiri. Mungkin dengan pola hidup yang lebih ramah lingkungan misalnya mengurangi penggunaan tisu yang tadinya enam jadi satu. Kemudian mengurangi plastik dan bawa tas sendiri saat belanja," tandas Nadine. (int)

No comments:

Post a Comment

.

.