.

.

Thursday, 22 December 2016

Pemkab Lutim Berhasil Meraih Penghargaan APE 2016 dari Kementrian PPPA

Mentri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Yohana Susana Yembise (kanan), menyerahkan piagam penghargaan APE Tahun 2016 kepada Wakil Bupati Luwu Timur, Irwan Bachri Syam (kiri) di Istana Wakil Presiden Republik Indonesia, Jakarta, Rabu (21/12/2016).

LUTIM, Tabloid SAR-  Pemerintah Kabupaten Luwu Timur (Lutim) berhasil meraih penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya (APE) Tahun 2016 untuk kategori Tingkat Utama dari Kemetrian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (KPPPA).

Penghargaan tersebut diserahkan langsung oleh Mentri PPPA, Yohana Susana Yembise kepada Wakil Bupati (Wabup) Lutim, Irwan Bachri Syam, di Istana Wakil Presiden Republik Indonesia, Jakarta, Rabu (21/12/2016).

Salah satu indikator penilaian, Tim Verifikasi KPPPA dalam penganugerahan APE kepada Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lutim adalah diberlakukannya pemisahan bus sekolah antara putera dan puteri di daerah tersebut.

Pemisahan bus sekolah putra dan putri,  dilakukan oleh Pemkab Lutim untuk menghindari terjadinya pelecehan seksual terhadap anak khususnya diatas bus sekolah.

“Hal itu, menjadi dasar pemikiran sehingga Badan Keluarga Berencana dan Pemberdayaan Perempuan (BKBPP) Kabupaten Lutim, mengusulkan agar bus sekolah putra dan putri dipisahkan beberapa waktu lalu,” kata  Irwan seusai menerima penghargaan APE.

“Selain itu, keberhasilan Lutim meraih penghargaan tertinggi pada Bidang Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) ini, juga merupakan bentuk pengakuan atas komitmen dan peran Pemkab Lutim dalam upaya mewujudkan kesetaraan dan keadilan gender,” jelas Irwan.

Guna meningkatkan efektivitas pelaksanaan, kebijakan pemisahan antara bus sekolah putra dan putri pada seluruh wilayah Lutim, maka dalam waktu dekat ini, hal itu akan dibuatkan regulasi, terangnya.


Pada kesempatan itu, Irwan juga mengatakan, pihaknya optimis kedepannya, Pemkab Lutim Insyah Allah masih bisa mendapatkan perhargaan demikian, dengan terus berbenah dalam meningkatkan pelayanan terhadap masyarakat utamanya melalui pemberdayaan perempuan dan perlindungan terhadap anak, tegasnya. (RD/WM)

No comments:

Post a Comment

.

.