.

.

Saturday, 31 December 2016

Pemkot Palopo Kembali Salurkan Bantuan Ternak kepada Kelompok Tani

Tampak salah satu Kelompok Tani sedang memegang papan bantuan ternak, foto bersama dengan Tim Fasilitator dari Kantor Dinas Pertanian, Perikanan dan Perkebunan Kota Palopo. Tampak pula para anggota Kelompok Tani penerima bantuan ternak.  
Harisman : Ini Sudah Komitmen Bapak Walikota untuk Tingkatkan Kesejahteraan Petani

Harisman SP, Kepala Dinas Pertanian, Peternakan dan Perkebunan.
Pemerintah Kota (Pemkot) Palopo di bawah kepemimpinan Walikota HM Judas Amir tidak dapat lagi diragukan kerja nyatanya. Hal tersebut, nampak terlihat dari adanya sederet langkah kebijakan yang telah diambil dan bersifat pro kerakyatan, pun tak terlepas pula mendapat apresiasi dari berbagai kalangan.

Tentunya semua itu, tidak hanya pada sebatas sebagai upaya untuk meningkatkan taraf hidup kesejahteraan rakyat. Akan tetapi dari sisi sistem pelayanan publikpun semakin paripurna, seperti pendidikan gratis dan pelayanan kesehatan gratis.

Halnya pada bidang pertanian, peternakan dan Perkebunan, maka berbagai langkah kebijakanpun tidak ketinggalan diambil oleh Walikota HM Judas Amir. Bahkan setiap tahun, justru miliaran anggaran melalui berbagai program bantuan kepada petani, tak lain sebagai upaya untuk lebih menggenjot tingkat pendapatan perkapita petani di Kota Palopo ini.

Khususnya pada tahun 2016 ini, Pemkot Palopo melalui Dinas Pertanian, Peternakan dan Perkebunan yang dinahkodai Harisman SP tersebut, kembali menyalurkan bantuan sejumlah jenis ternak kepada petani. Hal tersebut, sebagaimana pelaksanaan penyerahannya dilakukan, pada Senin (5/12-2016) dan juga diliput langsung oleh Tabloid SAR.

Kepala Dinas  Pertanian, Peternakan dan Perkebunan Kota Palopo, Harisman, saat ditemui Tabloid SAR di ruang kerjanya, Jumat (9/12-2016), menyampaikan jika pihaknya baru menyelesaikan penyaluran bantuan ternak untuk petani yang tergabung dalam sejumlah kelompok tani.

Ujarnya, kita baru saja selesai mendistribusikan bantuan ternak sapi, kambing dan unggas yakni itik dan ayam petelur kepada petani melalui pengurus kelompok taninya masing masing, dengan nilai anggaran keseluruhannya kurang lebih sebesar Rp 3 miliar.

Tuturnya lagi, bantuan ternak ini selain dianggarkan melalui APBN-P tapi juga dianggarkan melalui APBD Provinsi dan Kota pada tahun anggaran 2016 ini. “Hal ini, sudah menjadi komitmen Bapak Walikota Judas Amir, untuk terus berupaya meningkatkan kesejahteraan hidup petani di Kota Palopo ini,” tutur Harisman.

Lalu ia menjelaskan bahwa jenis bantuan ternak yang telah disalurkan ini, yakni sapi, kambing, itik dan ayam petelur. “Untuk sapi diterima oleh 5 kelompok, 2 kelompok perima kambing, 3 kelompok penerima itik dan ayam petelur diterima oleh 4 kelompok,” urai Harisman.

Adapun Daftar Nama Kelompok Tani Penerima Bantuan Ternak di Kota Palopo Tahun Anggaran (TA) 2016, jelasnya lihat (boks berita).

Kemudian mantan Kabag Kesejahteraan Rakyat Setda Kota Palopo ini menambahkan, bahwa adanya bantuan ternak ini, sudah merupakan salah satu program unggulan Bapak Walikota HM Judas Amir untuk nantinya dapat memenuhi kebutuhan daging dan telur di Kota Palopo, sekaligus untuk mendukung program nasional swasembada daging.

“Kita sangat berharap kepada para pengururus kelompok tani yang memperoleh bantuan ternak ini, supaya dapat membina dan mengawasi angotanya masing-masing dalam memelihara ternaknya, agar nantinya mampu memberikan manfaat ekonomi dalam meningkatkan kesejahteraan hidup para anggotanya,” papar Harisman mengakhiri komentarnya.

Adapun pelaksanaan pernyerahan bantuan ternak, sebagaimana yang telah disalurkan Pemkot Palopo melalui Dinas Pertanian  Peternakan dan Perkebunan  Kota Palopo, menurut hasil liputan Tabloid SAR secara langsung, lihat foto-foto kegiatan yang ada. (Infotorial/Ories/Elyas)

Tampak salah satu Ketua Kelompok Tani sedang menandatangani dokumen bukti penyerahan bantuan ternak. 
Ada 5 Kelompok Tani penerima bantuan ternak sapi sejumlah 71 ekor. 
Terdapat 2 Kelompok Tani penerima bantuan ternak kambing sejumlah 34 ekor. 
Terdapat 3 Kelompok Tani penerima bantuan ternak itik sejumlah 2.225 ekor.
Terdapat 3 Kelompok Tani penerima bantuan ternak itik sejumlah 2.225 ekor.
DAFTAR NAMA KELOMPOK TANI PENERIMA BANTUAN TERNAK TA 2016 DI KOTA PALOPO


No comments:

Post a Comment

.

.