.

.

Saturday, 31 December 2016

Surat Terbuka untuk Direktur PDAM Kota Palopo

Keluhan ini disampaikan kepada Direktur PDAM Kota Palopo. Sekaitan dengan keberadaan salah satu Terminal Pengelolaan Mata Air (Bak Penampungan) PDAM Kota Palopo yang berada di Kelurahan Battang KM 6, Kecamatan Wara Barat. 

Perihal pembuangan limbah air PDAM saat membersihkan bak penampungan air PDAM yang dialirkan ke drainase Jalan Trans Palopo-Toraja yang meluap dan mengalir ke lahan perkebunan warga setempat, hal ini sangat meresahkan pemilik lahan.

Padahal drainase yang ada diperuntukkan untuk mengantisipasi air hujan agar tidak meluap kebadan jalan dan tidak untuk menjadi saluran pembuangan limbah air hasil pembersihan bak/tangki penampungan pengelolaan air PDAM. 

Kondisi drainase Jalan Trans Palopo- Toraja yang kecil, tidak mampu menampung volume air yang cukup besar jika bersamaan dengan turunnya hujan lebat, saat petugas PDAM Kota Palopo membersihkan bak penampungannya.

Aktivitas pembuangan air limbah PDAM yang setiap saat dilakukan, telah membuat aliran air di tengah perkebunan warga semakin melebar dan mengikis kebun warga. 

Belum lagi jika aliran dengan volume debit air yang cukup besar tiba-tiba tersumbat akibat dedaunan hingga meluap ketengah– tengah lahan perkebunan tanaman-tanaman produktif warga seperti kakao, yang  merusak pertumbuhan tanaman itu dan berdampak pada hasil produksinya. 

Belum lagi dampak-dampak lain yang kemungkinan bisa terjadi sepanjang badan Jalan Trans Palopo- Toraja, bisa saja anjlok akibat tanah penopangnya yang terus menerus terkeruk akibat derasnya aliran air dari bak penampungan PDAM.

Keadaan kebun sekitar aliran limbah PDAM tersebut, dengan kadar air lebih, membuat lahan dan tanaman warga tidak lagi produktif, seperti sebelumnya sejak PDAM membuang limbah air ketengah-tengah kebun warga. 

Setidaknya sekitar 5 pemilik kebun yang merasakan dampak dari rusaknya lahan perkebunan mereka akibat limbah air PDAM yang dibuang saat membersihkan bak penampungan airnya. 

Oleh karenanya diminta kepada pihak PDAM Palopo untuk membuat drainase khusus untuk aliran air limbah pembuangan yang dialirkan melalui tengah-tengah kebun warga setempat atau membuat drainase khusus aliran air limbah pembuangan yang tidak melalui kebun warga. 

Sebenarnya keluhan ini sudah beberapa kali disampaikan kepada pemerintah setempat dalam hal ini Lurah Battang, namun keluhan tersebut tidak pernah direspon secara positif.

Demikian surat pembaca ini kami sampaikan melalui Tabloid untuk dipublikasikan dan kepada pihak PDAM dalam hal ini Direktur PDAM Kota Palopo, agar kiranya segera merespon ditindaklanjuti keluhan ini. Atas perhatian dan kerjasamanya  kami ucapkan banyak terima kasih.

Palopo, 15 Desember 2016
Hormat saya,

W A R G A

Catatan : Identidas dan alamat lengkap penulis Surat Pembaca, dirahasiakan.

No comments:

Post a Comment

.

.