.

.

Rubrik

.

Rabu, 21 Desember 2016

UPTD JA, Untuk Penuhi Pelayanan Kesehatan Masyarakat Secara Gratis

Tenaga medis JA setiap saat dapat dihubungi untuk memberikan pelayanan masyarakat dengan sistem jemput antar. 
PALOPO, Tabloid SAR - Pemerintahan Walikota HM Judas Amir di Palopo Sulawesi Selatan (Sulsel), nampaknya semakin memberikan ekspektasi kuat terhadap sistem pelayanan publik. Salah satunya adalah bidang pelayanan kesehatan, melalui Unit Pelayanan Teknis Daerah Jemput Antar (UPTD JA).

Hal inilah, sehingga menjadi salah satu program kebijakan yang bersifat inovatif yang dicanangkan Walikota HM Judas Amir. Pada gilirannya mendapat penilaian terbaik, untuk meraih penganuhgerahan The 8th Annual Fajar Institute of Pro Otonomi (FIPO) Awards 2016, Sabtu malam (19/11–2016) lalu di Maraja Ballroom Hotel Sahid Jaya, Makkassar Sulsel.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Palopo, dr HM Ishaq Iskandar MKes saat dikonfirmasi melalui telepon selulernya, Selasa (22/11–206). Menuturkan, kita sangat bersyukur mendapat penghargaan FIFO yang dihelat oleh sebuah lembaga nirlaba di bawah naungan pihak PT Media Fajar Group tahun 2016 ini.

Menurutnya, karena Pelayanan Kesehatan JA dibentuk Bapak Walikota HM Judas Amir, sudah menjadi program unggulan untuk mempercepat dan mendekatkan masyarakat dengan sistem pelayanan kesehatan. “Adanya penghargaan FIFO ini, justru diharapkan agar UPTD JA semakin memberikan pelayanan paripurna kepada masyarakat secara gratis,” ujar dr Ishaq.

Adapun UPTD JA sendiri, kata dr Ishaq, merupakan sebuah unit pelayanan dinas kesehatan setingkat puskesmas yang melayani masyarakat palopo sistem door to door.

Katanya lagi, masyarakat dipersilahkan menghubungi Tim Medis UPTD JA melalui call center yang tersedia. “Jadi sebaiknya hubungiki saja Kepala UPTD JA, jika ingin mendapatkan penjelasan yang lebih detail,” tutur Kepala Dinas Kesehatan Kota Palopo ini dari balik telepan selulernya.

Kemudian Kepala UPTD JA, dr Bakri menambahkan jika unit kerja yang dipimpinnya adalah khusus memberikan pelayanan masyarakat secara door to door, dalam hal tindakan untuk memberikan pertolongan pertama dan observasi kondisi kesehatan pasien.

Lanjut dr Bakri mengatakan, jadi silahkan hubungi call center kami di 0471-21531, Tim medis UPTD JA akan siap melayani warga Kota Palopo 24 jam. “Dokter dan Tim Medis akan segera mengunjungi rumah warga yang sakit dengan ambulans, peralatan medis dan obat-obatan," tuturnya.

Menurutnya, kalau pasien setelah observasi ternyata harus dirujuk ke rumah sakit, maka akan segera dibawa dengan mobil ambulans ke rumah sakit, namun jika masih layak dirawat di rumah, maka tim medis akan merawat pasien di rumahnya.

“Pokoknya, pelayanan kesehatan UPTD JA adalah program kesehatan gratis yang bersifat paripurna. Jadi tidak ada pungutan sama sekali, karena itu sudah menjadi kebijakan Bapak Walikota HM Judas Amir dalam memenuhi pelayanan kesehatan kepada masyarakat," kunci dr Bakri. (Ories/Elyas)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

.