.

.

Friday, 13 January 2017

Bupati Tator Lantik Satgas Saber Pungli

Ketua Satgas Saber Pungli Kabupaten Tana Toraja (Tator), Kompol Zeth Saalino menandatangani fakta integritas mendukung pelaksanaan Saber Pungli di Tator.
TATOR, Tabloid SAR- Dalam rangka melaksanakan Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 87 Tahun 2016 tentang Satuan Tugas Sapu Bersih Pungutan Liar (Satgas Saber Pungli), guna memberantas praktek Pungli di Kabupaten Tana Toraja (Tator).

Bupati Tator,  Nicodemus Biringkanae melantik dan mengukuhkan Satgas Saber Pungli Kabupaten Tator, Rabu (11/01/2017) di Gedung Tammuan Mali' Makale.

Satgas Saber Pungli Kabupaten Tator yang dilantik orang nomor satu di daerah berjuluk Bumi Lakipadada tersebut dipimpin Wakapolres Tator, Kompol Zeth Saalino.

Satgas tersebut terdiri dari jajaran Kepolisian Resort Tator, Kodim 1414 Tator, Kejaksaan Negeri Tator, Pengadilan Negeri Tator dan jajaran Inspektorat Tator, serta sejumlah instansi terkait lingkup Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tator.  

Dalam pelantikan itu, Nicodemus saat membawakan sambutannya mengatakan, bahwa tugas utama Satgas Saber Pungli ini, adalah melakukan pendampingan hukum kepada masyarakat Tator, melalui pemberantasan praktik-praktik Pungli pada lingkungan daerah Kabupaten Tator.

“Karena Satgas ini bertujuan untuk kepentingan masyarakat Kabupaten Tator, maka seluruh biaya yang dibutuhkan Satgas ini, akan dibiayai langsung oleh masyarakat Tator melalui APBD kita,” kata Nicodemus.

Ia menambahkan, bahwa praktek Pungli telah merusak seluruh sendi-sendi kehidupan masyarakat, bangsa, dan Negara, yang bisa dikategorikan setara dengan kejahatan korupsi, terangnya.

Dalam kegiatan ini, juga dilakukan penandatanganan pernyataan sikap atau fakta integritas mendukung pelaksanaan Saber Pungli di Kabupaten Tator oleh seluruh pihak terkait dalam Satgas tersebut.

Tampak hadir dalam pengukuhan dan pelantikan tersebut,  Dandim 1414 Tator, Letkol Jimmy Sirait, Kapolres Tator, AKBP Arief Satryo, Kajari Tator, Jaka Suparna, Wakil Bupati Tator, Victor Datuan Batara, Plt Sekda Tator, Yunus Sirante, serta perwakilan dari Pengadilan Negeri Makale.

Untuk diketahui, dalam  Perpres Nomor 87 Tahun 2016 tentang Satgas Saber Pungli, dijelaskan bahwa  anggota Satgas tersebut pada tingkat pusat, terdiri dari jajaran Polri, Kejagung RI, Kemendagri RI, Kemenkumham RI, Ombudsman RI, Pusat Pelaporan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK), BIN, dan jajaran Polisi Militer TNI (Marthinus/WM)

No comments:

Post a Comment

.

.