.

.

Thursday, 26 January 2017

Camat Malangke Bersama Anggota DPRD Lutra Hadiri Musrembang Desa

Dari kanan kekiri : Kades Malangke Sirajuddin, Anggota DPRD Lutra H. Rusli, Camat Malangke Sofyan Subair, Kasi PMD Akbal dan Ketua PKK Kecamatan Malangke, saat menghadiri Musrembang Desa Malangke, di Aula Kantor Desa Malangke, Kecamatan Malangke, Kabupaten Lutra, Selasa (24/01/2017) pagi

LUTRA, Tabloid SAR- Sehari setelah menghadiri Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrembang) tingkat desa di Desa Tokke dan Pincepute, Kecamatan Malangke, Kabupaten Luwu Utara (Lutra), Sulawesi Selatan (Sulsel), pada Senin (23/01/2017) selama sehari penuh, Camat Malangke Sofyan Subair bersama jajarannya tak kenal lelah.

Hal itu dapat dilihat atas kehadiran Sofyan bersama jajarannya dan Anggota DPRD Lutra dari Fraksi Demokrat H. Rusli yang masih berkenan untuk menghadiri Musrembang tingkat desa pada dua desa keesokan harinya, Selasa (24/01/2017).

Pada pagi harinya, Sofyan beserta sejumlah aparat Kecamatan Malangke dan H. Rusli, menghadiri Musrembang Desa Malangke, yang berlangsung di Aula kantor desa itu.

Kegiatan tersebut dibuka secara resmi oleh Kepala Desa (Kades) Malangke, Sirajuddin dan dihadiri oleh Pendamping Lokal Desa (PLD), Bidan Desa, para Kepala Sekolah setempat, Ketua BPD Desa Malangke, tokoh agama, tokoh pemuda dan tokoh masyarakat.

Dalam sambutannya, Sirajuddin atas nama Pemerintah Desa (Pemdes) Malangke dan masyarakat desanya, mengucapkan terima kasih kepada Camat Malangke karena baru kali ini, Musrembang Desa Malangke dihadiri Camatnya.

“Atas nama Pemdes dan masyarakat, saya selaku Kades Malangke mengucapkan terima kasih atas kehadiran Pak Camat dalam Musrembang ini,” ujar Sirajuddin seraya mengatakan baru kali itu Musrembang Desa Malangke dihadiri pejabat nomor wahid di Kecamatan Malangke.

Sirajuddin juga berterima kasih atas kehadiran Anggota DPRD Lutra, H. Rusli dalam kegiatan tersebut.

“Kami juga mengucapkan rasa terima kasih yang tak terhingga kepada anggota dewan yang terhormat, Bapak H. Rusli yang telah berkenan hadir ditengah-tengah warga kami, meski agendanya padat selaku wakil rakyat,” kata Sirajuddin disambut tepuk tangan meriah dari para hadirin.

Sementara Camat Malangke, Sofyan dalam sambutanya menyarankan kepada masyarakat Desa Malangke agar mengusulkan program-program yang sifatnya sangat penting dan mendesak.

“Melalui kesempatan ini, ijinkan saya menyarankan kepada Bapak, Ibu, saudara-saudari sekalian, untuk focus saja mengusulkan program-program yang sangat penting dan mendesak. Tidak usah mengusulkan terlalu banyak program, karena anggaran pemerintah sangat terbatas, sebab anggaran pembangunan juga harus merata pada desa-desa lainnya di Kabupaten Lutra,” himbaunya.

Hal tersebut ditambahkan Sekretaris Camat (Sekcam) Malangke, Irawan Kapeng bahwa jika masyarakat mau usulannya, cepat direspon oleh Pemkab Lutra, maka setelah selesai menggelar Musrembang, masyarakat harus membuat proposal terkait usulan itu.

“Kalau mau usulannya cepat direspon oleh pemerintah, sebaiknya seusai Musrembang, masyarakat harus segera membuat proposal untuk diusulkan ke Pemkab. Proposalnya diserahkan kepada Pemerintah Kecamatan Malangke, nanti Pak Camat yang lanjutkan ke Pemkab,” jelasnya.

Dalam kegiatan tersebut, Kepala Seksi Pemberdayaan Masyarakat Desa (Kasi PMD) Kecamatan Malangke, Akbal meminta Kades Malangke untuk memaparkan dana desa yang masuk ke Desa Malangke dan alokasi dana desa yang telah terealisasi di tahun 2016 lalu.

Sementara Anggota DPRD Lutra, H. Rusli yang hadir saat itu, menjelaskan kepada masyarakat bahwa beras Raskin hanya diperuntukkan bagi masyarakat miskin atau kurang mampu, yang terdata sebagai penerima bantuan tersebut.

“Beras Raskin hanya diperuntukkan bagi masyarakat miskin yang terdata sebagai penerima bantuan itu, jadi jika tidak terdaftar sebagai penerima Raskin, sebaiknya tidak usah ke kantor desa untuk meminta Raskin,” himbau H.Rusli.

Legislator Partai Demokrat tersebut, juga menghimbau aparat Desa Malangke, dalam menjalankan roda pemerintahannya pada tingkat desa, agar senantiasa disesuaikan dengan ketentuan yang ada.

“Saya juga ingin menyampaikan kepada kita semua, khususnya kepada jajaran Pemdes Malangke, untuk menjalankan tugas dan tanggungjawabnya sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Termasuk penggunaan dana desa (DD) dari Pemerintah Pusat dan alokasi dana desa (ADD) dari Pemkab Lutra,” tegasnya.

Dalam Musrembang itu, masyarakat Desa Malangke, mengusulkan bronjong sungai, draenase, perintisan jalan tani sepanjang 2 Km, pengaspalan jalan sepanjang 1,5 Km dan pemagaran SDN di desa tersebut.

Dari kanan kekiri : Kades Pattimang Andi Sumarni, Ketua PKK Kecamatan Malangke, Camat Malangke Sofyan Subair, Anggota DPRD Lutra H. Rusli dan Kasi PMD Kecamatan Malangke Akbal, saat menghadiri Musrembang Desa Pattimang di Baruga Petta Timang, Desa Pattimang, Kecamatan Malangke, Kabupaten Lutra, Selasa (24/01/2017) siang

Usai mengikuti Musrembang di Desa Malangke, yang berlangsung dari pagi hari hingga siang menjelang waktu makan siang. Camat Malangke, Sopyan bersama jajarannya dan Anggota DPRD Lutra, H. Rusli, setelah makan siang, mereka menghadiri Musrembang Desa Pattimang yang berlangsung di Baruga Petta Timang.

Beberapa menit, setelah rombongan Camat Malangke bersama H. Rusli tiba di Baruga Petta Timang, Kades Pattimang, Andi Sumarni membuka secara resmi Musrembang tersebut, sekitar pukul 13.30 Wita.

Dalam kegiatan itu, Sofyan dan H. Rusli, memberikan arahan dan saran-saran, serupa dengan apa yang disampaikan saat menghadiri Musrembang Desa Malangke, ketika membawakan sambutannya.

Sementara, Kasi PMD Kecamatan Malangke, Akbal mengatakan kepada masyarakat setempat, agar tidak mengusulkan program yang anggarannya di bawah Rp 100 juta. Karena menurutnya, program itu masih dapat dibiayai oleh Dana Desa (DD) dari pemerintah pusat yang dikelola langsung oleh Pemdes Pattimang.

Para peserta Musrembang, mengusulkan pelebaran jalan tani sepanjang 600 meter, pembuatan tribun Lapangan Sepak Bola Pattimang, pembangunan draenase, sarana bermain untuk TK, program pelatihan ketrampilan menjahit, bibit pohon bakau, genset umum, pagar SMPN Pattimang sepanjang 350 meter, pagar Pustu dan penimbunan Lapangan Sepak Bola Pattimang.

Kegiatan tersebut selain dihadiri Camat Malangke, Sopyan beserta jajarannya, Anggota DPRD Lutra dari Fraksi Demokrat, H.Rusli, Kades Pattimang, Andi Sumarni beserta jajarannya, Ketua PKK kecamatan, Bidan Desa, Babinsa Pattimang yang mewakili Danramil Malangke, sejumlah Kepala SDN dan SMPN di Pattimang, Pendamping Lokal Desa, para tokoh agama, tokoh pemuda, dan tokoh masyarakat setempat.

Penulis   : Dedhy
Editor     : William Marthom

No comments:

Post a Comment

.

.