.

.

Rubrik

.

Kamis, 26 Januari 2017

Camat Malangke Hadiri Musrembang Desa Tokke dan Pincepute

Dari kanan kekiri : Kasi PMD Kecamatan Malangke Akbal, Camat Malangke Sofyan Subair, Kades Tokke Nurlang Tabbo, dan Ketua BPD Tokke Mungkir, saat menghadiri Musrembang tingkat Desa di Desa Tokke, Kecamatan Malangke, Kabupaten Lutra,  Senin (23/01/2017) pagi


LUTRA, Tabloid SAR- Dalam sehari penuh Camat Malangke, Sofyan Subair menghadiri Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrembang) tingkat desa pada dua desa di Kecamatan Malangke, Kabupaten Luwu Utara (Lutra), Sulawesi Selatan (Sulsel), Senin (23/01/2017).

Pada pagi harinya hingga siang, Sofyan menghadiri Musrembang di Desa Tokke,  kemudian seusai makan siang, Sofyan menghadiri Musrembang di Desa Pincepute.

Sekitar pukul 09.00 Wita, Kepala Desa (Kades) Tokke, Nurlang Tabbo membuka secara resmi Musrembang Desa Tokke di aula kantornya.

Dalam Musrembang tersebut, Camat Malangke, Sofyan didampingi Seretaris Camat (Sekcam) Malangke, Irawan Kapeng, Kepala Seksi Pemberdayaan Masyarakat Desa (Kasi PMD) Kecamatan Malangke, Akbal.

Hadir pula dalam Musrembang itu, Kepala Puskesmas Malangke, Darsalam, yang didampingi Bidan Desa Tokke, para Kepala Sekolah se Kecamatan Malangke, Pendamping Lokal Desa (PLD) Tokke, Ketua Badan Perwakilan Desa (BPD) Tokke, Mungkir, para tokoh agama, tokoh pemuda dan toko masyarakat setempat.

Sebelum memasuki session penyerapan aspirasi berupa usul dan saran pembangungan yang diharapkan masyarakat Desa Tokke saat itu, terlebih dahulu Camat Malangke, Sofyan menyampaikan kepada Kades Tokke untuk segera memasukkan laporan kegiatannya selama tahun 2016.

“Kami berharap  Pak Kades Tokke bersama jajarannya, agar segera merampungkan dan menyerahkan laporan kegiatan 2016-nya paling lambat tanggal 30 Januari 2017,” himbau Sofyan. Pada kesempatan itu pula, Sekcam Malangke, Irawan Kapeng juga menghimbau aparat Desa Tokke agar berpakaian dinas saat berkantor.

Sementara, Kasi PMD Kecamatan Malangke, Akbal pada kesempatan itu menyampaikan kepada aparat Desa Tokke untuk memperbaiki sistem administrasinya.

“Saya berharap kedepannya, Pemerintah Desa (Pemdes) Tokke dan seluruh jajarannya agar memperbaiki sistem administrasi desanya, karena tahun ini, Badan Pemeriksaan Keuangan (BPK)  Perwakilan Sulsel yang akan turun langsung melakukan pemeriksaan keuangan desa,” imbuhnya.

Dalam Musrembang tersebut, sejumlah usulan disampaikan oleh para Kepala Dusun (Kadus) setempat.

Kadus Tokke dalam Musrembang itu, menyampaikan usulan warganya yang berharap agar Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lutra membangunkan Pabrik Es Balok di dusunnya.

“Berdasarkan hasil Musrembang tingkat dusun yang kami selenggarakan beberapa waktu lalu, warga kami sepakat untuk mengusulkan kepada Pemkab Lutra agar membangun Pabrik Es Balok di dusun kami, karena di Dusun Tokke warganya mayoritas berprofesi sebagai nelayan,” ujar Kadus Tokke sembari mengatakan warganya butuh es balok untuk mengawetkan hasil tangkapan mereka saat melaut dan setelahnya.

Sementara para Kadus lainnya mengusulkan, pembangunan rabat beton dan pengerasan jalan di dusun mereka.

Sedangkan Kepala Puskesmas Malangke, Darsalam  mengusulkan rehab ruang bersalin dan sarana jamban yang diprioritaskan untuk warga miskin, supaya tidak membuang hajat disembarang tempat.

Pihak SDN 123 Tappong, mengusulkan pembangunan pagar sekolahnya. Dan para tokoh agama, tkoh masyarakat serta tokoh pemuda desa setempat, mengusulkan pembangunan Masjid, bronjong sungai, draenase, pembuatan jalan mini dan rumah adat di Desa Tokke.

Sebelum Musrembang tersebut ditutup secara resmi, Camat Malangke, Sofyan menghimbau agar setiap desa, memiliki perpustakaan desa. Selain itu, pihaknya juga menghimbau Pemdes setempat membuat tanda batas untuk setiap batas-batas dusunnya.

Dari kanan kekiri : Kepala Puskesmas Malangke Darsalam, Kades Pincepute Andi Basman Rauf , Camat Malangke Sofyan Subair dan Kasi PMD Kecamatan Malangke Akbal, saat menghadiri Musrembang tingkat Desa di Desa Pincepute, Kecamatan Malangke, Kabupaten Lutra,  Senin (23/01/2017) siang

Usai istrahat makan siang, pasca Musrembang di Desa Tokke, Camat Malangke bersama jajarannya menghadiri Musrembang di Desa Pincepute.

Musrembang tersebut dibuka secara resmi oleh Kades Pincepute, Andi Basman Rauf, sekitar pukul 13.40 Wita di Aula Kantor Desa Pincepute, sesaat setelah Camat Malangke, Sofyan bersama jajarannya tiba di tempat itu.

Musrembang tersebut dihadiri para tokoh masyarakat, tokoh pemuda dan para pemuka agama, serta Pendamping Lokal Desa (PLD)  dan masyarakat setempat.

Dalam pertemuan itu, Komite Sekolah SDN 131 Pincepute, Mantong mengusulkan pemagaran sekolahnya dan pembangunan masjid.

Bidan desa setempat mengusulkan pemagaran Pustu Pincepute dan pengadaan genset, karena di daerah tersebut sering terjadi pemadaman listrik milik PT. PLN tanpa alasan yang jelas.

Sedangkan warga setempat mengusulkan pembangunan sejumlah plat dekker (dukker- red)  dan talut, serta pemeliharaan jalan di desa mereka.

Pada kesempatan itu, Kades Pincepute, Andi Basman meminta kepada Camat Malangke bersama jajarannya untuk menindaklanjuti usulan warganya, agar dapat direalisasikan Pemkab Lutra.

Penulis   : Dedhy
Editor     : William Marthom

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

.