.

.

Sunday, 15 January 2017

Desa Bonelemo Barat akan Menjadi Penghasil Bawang Merah Terbesar di Luwu

Kadis Pertanian Kabupaten Luwu, Ir Andi Pangerang (kiri) bersama Sudirman Baso (tengah) dan Ansar Pandaka (kanan) dari Komisi II DPRD Kabupaten Luwu

LUWU, Tabloid SAR– Kabupaten Luwu dengan rahmat Ilahi atas kesuburan tanahnya, membuat tanaman jenis apapun bisa ditanam didaerah yang dinahkodai Andi Mudzakkar sebagai Bupati Luwu itu, pasti akan tumbuh subur.

Hanya saja tanaman holtikultra belum familiar bagi masyarakat petani di daerah tersebut untuk dibudidayakan. Kalaupun ada yang membudidayakannya, paling hanya untuk memenuhi kebutuhan rumah tangga saja, atau sekedar dijual pada pasar-pasar tradisional di pedesaan.

Akibatnya kurang memberikan manfaat untuk menggerakkan ekonomi masyarakat di daerah itu.

Namun bagi Kepala Desa Bonelemo Barat, Andi Palinrungi,  rupanya telah mengembangkan potensi tanaman holtikultura jenis bawang merah untuk berupaya menggerakkan ekonomi masyarakatnya.

Maka Ia pun membuat kebun percontohan bawang merah seluas 2 hektar, untuk maksud memotivasi masyarakatnya agar dapat pula membudidayakan tanaman holtikultura jenis ini.

Menurut Kepala Desa Bonelemo Barat, Andi Palinrungi, jika kebunnya seluas 2 hektar ini, mampu memproduksi bawang merah sebanyak 30 ton dengan masa panen hanya dalam jangka dua bulan saja.

“Saya berharap pada masyarakat Bonelemo Barat, mereka dapat termotivasi menjadi petani bawang merah, sebab komoditas tersebut memiliki pangsa pasar yang sangat luas dan dapat meningkatkan kesejahteraan para petani,” tuturnya.

Andi Palinrungi, juga berharap kepada pihak DPRD dan Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Luwu agar memprogramkan desanya sebagai sentra pertanian bawang merah, khususnya dalam hal bantuan anggaran kelompok tani bawang, melalui APBD Kabupaten, pintanya.

“Itu karena lahan desa kami sangat cocok untuk budidaya tanaman bawang,” tutur Andi Palinrungi.

Salah satu bukti bahwa tanaman bawang merah, sangat memiliki posisi strategis dalam menggerakkan ekonomi masyarakat. Kebun percontohan milik Kepala Desa Bonelemo Barat tersebut, dikunjungi oleh Komisi II DPRD Kabupaten Luwu, bersama Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Luwu, Andi Pangerang, Sabtu, (14/01/2017).

Dalam kunjungan tersebut Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Luwu, Andi Pangerang mengatakan, bahwa pihaknya sepakat untuk menjadikan Desa Bonelemo Barat, sebagai lokasi percontohan budidaya bawang merah di Kabupaten Luwu.

Hal tersebut diamini pula oleh Anggota Komisi II DPRD Kabupaten Luwu, yang hadir pada peninjauan kebun bawang merah milik Kepala Desa Bonelemo Barat itu.

Untuk diketahui, Ansar Pandaka dan Sudirman Baso dari Komisi II DPRD Kabupaten Luwu yang meninjau kebun percontohan itu, nampak terkesima melihat tanaman bawang merah milik Kepala Desa Bonelemo Barat tersebut. (Rama/Rais/WM)

No comments:

Post a Comment

.

.