.

.

Tuesday, 31 January 2017

Pasca Kunker Wapres, Pembangunan Bandara di Toraja dan Luwu Akan Dituntaskan


Wapres RI Jusuf Kalla (tengah) memimpin rapat terbatas bersama sejumlah mentri dan pejabat terkait di Kantor Wapres, Jakarta Pusat, Senin (30/01/2017)
 
Luhut : Pemerintah Mengharapkan Pembangunan Bandara di Toraja dapat Diselesaikan Tahun Ini

JAKARTA, Tabloid SAR- Pasca kunjungan kerja (Kunker) Wakil Presiden Republik Indonesia (Wapres RI) Jusuf Kalla di Toraja, yakni di Kabupaten Tana Toraja (Tator) dan Toraja Utara (Torut), Sulawesi Selatan (Sulsel), Minggu (22/01/2017).

Yang saat itu dilanjutkan ke Kabupaten Luwu pada ke esokan harinya, untuk menghadiri puncak perayaan Hari Jadi Luwu (HJL) ke 749 dan Hari Perjuangan Rakyat Luwu (HPRL) ke 71 tahun, Senin (23/01/2017).


Usai menggelar Kunker pada daerah tersebut,  Wapres RI Jusuf Kalla (JK) mengundang tiga Kepala Daerah yang dikunjungi saat itu. Ketiganya adalah Bupati Tator Nicodemus Biringkanae dan Bupati Torut Kalatiku Paembonan, serta Bupati Luwu Andi Mudzakkar.

Mereka diundang untuk menghadiri rapat terbatas, terkait pengembangan pariwisata di Toraja dan pembangunan bandara pada kedua wilayah itu.

Rapat tertutup yang di gelar di Kantor Wapres RI tersebut, dihadiri para mentri dan pejabat terkait, Senin (30/1/2017).

Rapat itu, selain dihadiri Bupati asal Toraja dan Luwu, juga dihadiri Menteri Pariwisata Arief Yahya, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, serta sejumlah pejabat terkait.

Hal itu diungkapkan Mentri Maritim Luhut Binsar Panjaitan seusai mengikuti rapat tersebut.  

“Tadi Pak Wapres kasih arahan mengenai pengembangan tourism di Toraja dan membahas cara mengintegrasikan peningkatan sector pariwisata di daerah tersebut,” kata Luhut kepada sejumlah wartawan seusai mengikuti rapat itu.

Luhut menambahkan bahwa rencana awal pemerintah adalah membangun bandara  yang ada Toraja, sehingga tauris dapat langsung menuju destinasi wisata di Toraja dalam waktu singkat, tanpa memakan waktu terlalu lama dalam perjalanan.

Selain bandara di Toraja, pemerintah pusat juga akan mengintegrasikan pembangunan sejumlah sara pendukung lainnya untuk mengenjot kunjungan wisatawan ke Indonesia termasuk Toraja dengan membangun hotel, infrastruktur jalan dan sarana komunikasi.

“Integrasi pembangunan dan investasi di Toraja dapat menciptakan lapangan kerja baru bagi masyarakat setempat,” sebut Luhut sembari mengatakan pemerintah mengharapkan pembangunan bandara di Toraja dapat diselesaikan tahun ini.

Hal senada diungkapkan Bupati Luwu Andi Mudzakkar, bahwa selain Toraja yang mendapat perhatian pemerintah untuk membangun bandaranya, Kabupaten Luwu juga mendapat hadiah serupa, berupa penambahan landasan pacu sepanjang 400 meter.

“Selain Toraja, Kabupaten Luwu juga dapat kado dari pemerintah pusat pasca Kunker Pak Wapres pekan lalu. Luwu juga dapat hadiah berupa penambahan landasan pacu sepanjang 400 meter, yang sebelumnya hanya 1.400 meter,” ujar Andi Muzakkar kepada wartawan, Selasa (31/01/017).

Menurut Andi Mudzakkar, jika tahun ini pembangunan penambahan landasan pacu sepanjang 400 meter itu rampung, maka tahun 2018 mendatang pesawat berbadan  lebar jenis boing sudah dapat mendarat di Bandara I Laga Ligo Bua, Kabupaten Luwu.

“Selain itu, pemerintah pusat juga akan membantu pembangunan jalan Poros Bua yang menghubungkan langsung Kabupaten Luwu dengan Toraja sepanjang 30 Km,” sebut Bupati Luwu dua periode itu.

Bupati Luwu yang akrab disapa Cakka itu, menambahkan bahwa hal tersebut dilakukan oleh pemerintah pusat untuk meningkatkan sektor pariwisata di Luwu dan Toraja karena sepanjang jalan Poros Bua- Toraja nantinya akan dijadikan lokasi agro wisata.

“Dengan demikian, wisatawan yang datang di Luwu dengan muda menuju destinasi wisata di Toraja, begitu juga sebaliknya,” tandas Cakka.

Untuk diketahui, jumlah wisatawan yang berkunjung ke Toraja pada tahun 2016 lalu sekitar 90 ribu orang dan tahun ini ditargetkan 182 ribu orang. Pemerintah pusat optimis target tersebut dapat dicapai jika, pembangunan Bandara di Toraja dapat dirampungkan tahun ini.

Editor     : William Marthom    

No comments:

Post a Comment

.

.