.

.

Wednesday, 4 January 2017

Puncak Event Lovely December 2016 di Tana Toraja Dihadiri Puluhan Ribu Orang


Gubernur Sulsel DR. Syahrul Yasin Limpo, SH, M.Si, MH, bersama rombongannya saat tiba di Plataran Taman Rakyat Kolam Makale, Kabupaten Tana Toraja, tempat pelaksanaan puncak event Lovely December 2016, Kamis (29/12/2016)
TATOR, Tabloid SAR- Sejak tahun 2008, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel) menggelar Event Lovely December dengan tagline “Ayo ke Toraja”. Melalui event ini, diharapkan mampu menyedot wisatawan, baik manca negara maupun domestik.

Dalam pelaksanaan Lovely December, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Sulsel  bekerjasama dengan dua Pemerintah Daerah di Toraja yakni Kabupaten Tana Toraja (Tator) dan Toraja Utara (Torut) yang sudah merupakan salah satu agenda maupun program tahunan pemerintah.

Secara bergantian Kabupaten Tator dan Torut menjadi tuan rumah pelaksanaan Lovely December, yang mana event tersebut dijadikan sebagai ajang promosi wisata Toraja, guna meningkatkan kunjungan wisatawan pada kedua daerah sedarah itu.

Pada pelaksanaan Lovely December 2016 kali ini, Kabupaten Tator menjadi tuan rumah. Event yang diperingati setiap penghujung tahun tersebut mengambil tema Toraya Maelo yang berarti Toraja Baik.

Sejak tanggal 1 Desember 2016, berbagai macam kegiatan dilaksanakan oleh pemerintah dan masyarakat setempat pada setiap kecamatan, hingga ke pelosok Lembang (Desa- red) di Kabupaten Tator.

Pada minggu pertama pelaksanaan event Lovely December 2016 diisi dengan kegiatan bertajuk “Getaran Panggilan Sukma Ilahi” yang ditandai dengan pagelaran religi seperti lomba Paduan Suara Gerejawi dan Lomba Qasidah Rebana. Tujuannya adalah untuk memperkokoh kedamaian di Tator yang didukung dengan keharmonisan hubungan inter dan antar umat beragama, serta nilai-nilai kearifan local.

Memasuki minggu kedua event promosi wisata Toraja itu, diisi dengan kegiatan, bertajuk “Gerakan Cinta Lingkungan” dengan melakukan penanaman satu juta bibit Kopi Arabika dan Kopi Rabusta yang dilaksanakan bekerjasama dengan Pemerintah Kecamatan dan Lembang (Desa- red), serta Kelurahan se Kabupaten Tator. Dengan tujuan menciptakan kawasan pengembangan potensi produk unggulan utamanya Kopi yang berdaya saing.

Pada minggu ketiga  Lovely December 2016 diisi dengan kegiatan bertajuk “Pagelaran Seni dan Budaya” dengan tujuan tercipta dan berkembangnya kepariwisataan Tator yang berbasis social budaya Toraya (Orang Toraja- red).
Dan pada minggu keempat  diisi dengan event Puncak Lovely December dan Natal Oikumene, di Plataran Taman Rakyat Kolam Makale, Kabupaten Tator, Sulsel, pada Kamis (29/12/2016).

Pada puncak even Lovely December 2016 tersebut, digelar berbagai pagelaran Budaya Toraja dengan menampilkan sejumlah tarian etnik Toraja seperti Tarian Pa’ Gellu’, Tarian To Mekopi dan Tarian Ma’ Bugi’.

Paduan suara Toraya Choir, Gloria Paroki Makale, PWGT Klasis Makale, DB3 Voice Fisip UNHAS dan Paduan Suara Pemprov Sulsel, serta Qasidah Asyiah Tator, juga ikut menambah kemeriahan puncak event Lovely December 2016.

Puluhan ribu tamu undangan dan wisatawan manca Negara maupun domestik, serta masyarakat setempat memadati Plataran Taman Rakyat Kolam Makale, tempat pucak event tersebut digelar.

Tampak hadir pada kegiatan tersebut, Gubernur Sulsel Syahrul Yasin Limpo, Wakil Gubernur Sulsel Agus Arifin Nu’Mang, Ketua DPRD Prov. Sulsel Mohammad Roem, Dan Lantamal VI Laksamana Pertama Yusup, Irwasda Polda Sulsel Kombes Pol. Lukas Arry, dan sejumlah Kepala SKPD lingkup Pemprov Sulsel, serta para Anggota DPRD Sulsel.

Selain itu, hadir pula Anggota DPR RI dari Fraksi Golkar Markus Nari, bersama Perwakilan Kementrian Koodinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Perwakilan Kementrian Pariwisata RI, serta Perwakilan Kementrian Perhubungan RI.

Selaku tuan rumah, Bupati Tator Nicodemus Biringkanae, bersama Wakil Bupati Tator Victor Datuan Batara, juga hadir beserta Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Tator yang terdiri dari Ketua DPRD Tator Welem Sambolangi', Dandim Tator Letkol CPN Jimmy Sirait, dan Kapolres Tator AKBP Arief Satryo, serta Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Tator Jaka Suparna.

Para Anggota DPRD Tator dan DPRD Torut, serta para Bupati dan Walikota se Sulsel, bersama Kepala SKPD dan Kepala Bagian lingkup Pemkab Tator, para Camat, Lurah, serta Kepala Lembang se Kabupaten Tator juga hadir, tak terkecuali hadir pula sejumlah tokoh agama, tokoh adat, tokoh pemuda dan tokoh masyarakat Toraja, serta Ketua dan Wakil Ketua PKK Tator. (William/RD)


Prosesi penyambutan Gubernur Sulsel DR. Syahrul Yasin Limpo, SH, M.Si, MH, bersama rombongannya saat tiba di Plataran Taman Rakyat Kolam Makale, Kabupaten Tana Toraja, tempat pelaksanaan puncak event Lovely December 2016, Kamis (29/12/2016)

Gubernur Sulsel DR. Syahrul Yasin Limpo, SH, M.Si, MH (tengah) didampingi Wakil Gubernur Sulsel Agus Arifin Nu'mang (kanan) dan Bupati Tana Toraja Nicodemus Biringkanae (kiri) foto bersama dengan Kelompak Paduan Suara Pemprov Sulsel
Kelompok Paduan Suara DB3 Voice Fisip Unhas  yang mendapatkan Predikat “Best Presentation” pada Busan International Coral Festival 2016 di Korea Selatan. Tampil memukau saat menyanyikan lagu daerah Toraja pada puncak pelaksanaan even Lovely December 2016 di Plataran Taman Rakyat Kolam Makale, Kabupaten Tana Toraja, Kamis (29/12/2016)

No comments:

Post a Comment

.

.