.

.

Thursday, 19 January 2017

Tahun Ini Raskin dan Biaya Rumah Sakit di Kota Palopo Gratis

Wali Kota Palopo Drs. HM Judas Amir, MH (kiri) menyampaikan sambutannya saat menghadiri acara serah terima fisik dan lepas sambut Camat Telluwanua dari Budiman Sulaiman, S.Sos, kepada Darsan Dappi, ST
Kabag Humas Pemkot Palopo Maksum Runi, S.Ag, MH
Maksum Runi : Februari 2017 Pemkot Palopo Buka Rumah Pangan di Setiap Kelurahan

PALOPO, Tabloid SAR- Warga Kota Palopo khususnya masyarakat miskin, patut bersyukur dengan adanya sejumlah program brillian Pemerintah Kota (Pemkot) Palopo di bawah kepemimpinan HM Judas Amir selaku Wali Kota yang mempunyai kepedulian untuk membantu meringankan beban masyarakat kurang mampu di kota ini.

Pasalnya, mulai 1 Januari 2017, masyarakat Kota Palopo tidak lagi diwajibkan membayar bantuan beras miskin (Raskin) seharga Rp 24 ribu per zak isi 15 Kg. Sebab  tahun ini, Raskin di Kota Palopo telah digratiskan oleh Pemkot. Karena telah dianggarkan melalui APBD tahun 2017.

Hal itu diungkapkan oleh Wali Kota Palopo HM Judas Amir, dalam sambutannya pada acara serah terima fisik dan lepas sambut Camat Telluwanua dari Budiman Sulaiman kepada Darsan Dappi di halaman Kantor Camat Telluwanua, Kota Palopo, Kamis (19/01/2017) siang.

“Melalui kesempatan ini, saya menyampaikan kepada kita semua bahwa tahun ini mulai 1 Januari 2017, masyarakat Kota Palopo tidak perlu lagi membayar harga Raskin karena Pemkot Palopo sudah menganggarkannya melalui APBD 2017,” kata Judas disambut tepuk tangan meriah dari ratusan warga Telluwanua yang menghadiri kegiatan tersebut.

Judas juga menambahkan, bahwa masyarakat kurang mampu yang belum terdaftar sebagai penerima Raskin di Kota Palopo akan diberikan jatah Raskin karena tahun ini Pemkot Palopo telah menyiapkan Raskin tambahan bagi 10 ribu Kepala Keluarga setiap bulannya.

Tidak hanya itu, masyarakat Palopo juga sudah digratiskan biaya pengobatannya di rumah sakit, meski belum terdaftar menjadi peserta BPJS Kesehatan, tambahnya.

“Jadi dengan adanya program ini, tidak boleh lagi ada masyarakat Kota Palopo yang tidak pergi berobat ke Puskesmas atau Rumah Sakit dengan alasan tidak punya uang, meski belum terdaftar sebagai peserta BPJS Kesehatan,” jelas Judas sembari mengatakan saat ini hanya dengan modal foto copy KTP dan Kartu Keluarga (KK) Kota Palopo, akan dilayani oleh pihak Rumah Sakit.

Nanti petugas Rumah Sakit yang mendaftarkan pasien itu kepada BPJS saat mereka menjalani perawatan medis, tandasnya.

Sementara Kabag Humas Palopo Maksum Runi di tempat terpisah disela-sela berlangsungnya kegiatan tersebut mengatakan, saat ini Pemkot Palopo di bawah kepemimpinan Bapak HM Judas Amir sedang fokus dengan berbagai macam program untuk meringankan beban masyarakat demi mewujudkan kesejatraan warganya.

Ia menuturkan, selain menggratiskan Raskin dan biaya Rumah Sakit, mulai Februari 2017, Pemkot Palopo juga akan membuka Rumah Pangan di setiap kelurahan.

“Nanti Rumah Pangan itu, akan menjual sembilan bahan makanan pokok (Sembako) dengan harga murah. Harganya sama dengan harga distributor,” jelas Maksum, seraya mengatakan hal itu dilakukan selain sebagai upaya dalam membantu masyarakat juga untuk mengendalikan harga Sembako di Kota Palopo.

Untuk diketahui, tahun ini Pemkot Palopo menyediakan bantuan BPJS Kesehatan bagi 52 ribu warga Kota Palopo tanpa terkecuali. Masyarakat kurang mampu, termasuk yang kaya bisa menggunakan fasilitas tersebut, tambahnya. (William/RD)

No comments:

Post a Comment

.

.