.

.

Monday, 13 February 2017

Kecamatan Suli Ikut Meriahkan Luwu Expo 2017

Camat Suli Drs. H Abdul Hafid, M.Si

H Abdul Hafid : Kecamatan Suli Tampil dengan Miniatur Rumah Adatnya

LUWU, Tabloid SAR- Dalam rangka memperingati dan memeriahkan Hari Jadi Luwu ke 749 dan Hari Perjuangan Rakyat Luwu ke 71, serta Hari Jadi Kota Belopa ke 11, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Luwu menggelar Luwu Expo atau pameran pembangunan di Lapangan Andi Djemma Belopa, Kabupaten Luwu, Sulawesi Selatan (Sulsel).

Kegiatan tersebut dibuka secara resmi oleh Wakil Presiden Republik Indonesia Jusuf Kalla, pada Senin (23/1/2017) bulan lalu dan rencananya akan berlangsung hingga hari ini, Senin (13/2/2017).

Luwu Expo ini, diikuti oleh seluruh instansi  pemerintah lingkup Pemkab Luwu, termasuk Pemerintah Kecamatan Suli yang hadir menampilkan miniatur rumah adatnya di lokasi pameran.

Hal itu diungkapkan Camat Suli H Abdul Hafid, saat ditemui Wartawan Tabloid SAR di lokasi Luwu Expo.

Abdul Hafid mengatakan bahwa rumah adat yang di pamerkan oleh Kecamatan Suli melambangkan keunikan bangunan tradisional asal daerah itu.

Rumah adat tersebut, memiliki ciri khas perpaduan warna kuning, coklat dan hijau, melekat indah pada seluruh sisi bangunan, membuat miniatur bangunan rumah adat Suli ini sangat elok dipandang.

Miniatur bangunan rumah adat ini, dilengkapi kamar dan tempat tidur, serta dapur untuk tempat masak-memasak anggota PKK Kecamatan Suli. Lantainya beralaskan tikar tradisional hasil karya masyarakat Suli.

“Tidak hanya itu, ciri khas rumah adat yang di tampilkan Kecamatan Suli secara garis besarnya berarsitektur rumah panggung yang dihiasi dengan Kain Tabere ini, sangat kental melambangkan adat di Tànah Luwu,” kata Abdul Hafid.

Lanjutnya, di dalam stand ini, juga dipamerkan berbagai macam aneka kue khas Luwu, hasil olahan kerajinan tangan para Ibu-Ibu Dasa Wisma di Kecamatan Suli, diantaranya Kue Bagea, Gambung Durian khas Desa Buntu Kunyi’, Krupuk Bantal asal Desa Malela dan tak ketinggalan pula Baccilaung kue khas Desa Botta, sebut mantan Camat Suli Barat yang sekarang menjabat sebagai Camat Suli itu.

Ia menjelaskan, bahwa miniatur rumah adat Suli yang ditampilkan pada standnya di Luwu Expo kali ini, mengusung tema “Membangun Desa Menata Kota”.

“Tema itu, merupakan akselerasi peningkatan seluruh aspek pembangunan desa yang dimulai dari aspek struktur, infrastruktur, sarana dan prasarana, hingga peningkatan sumber daya manusianya,” tandas Abdul Hafid.

Untuk diketahui, sekitar 164 stand yang ikut dalam pameran pembangunan di Luwu Expo tahun ini, stand tersebut terdiri dari 34 stand SKPD, 24 stand kecamatan, 22 stand instansi vertikal dan undangan, serta 84 stand untuk umum, termasuk stand yang disiapkan bagi para pedagang asongan.

Penulis   : Jurimin
Editor     : William Marthom

No comments:

Post a Comment

.

.