.

.

.

Selasa, 14 Februari 2017

Musrenbang Kecamatan Malangke Dihadiri Sejumlah Kepala SKPD dan Anggota DPRD Lutra

Dari kanan kekiri : Dandramil Malangke Kapten TNI Yonathan T, Anggota DPRD Lutra Muhammad Ibrahim, S.Sos, Kepala Dinas Perikanan Marwan, Camat Malangke Sofyan Zubair, SP, Kepala Bappeda Lutra Ir. Rusdi Rasyid, Wakil Ketua II DPRD Lutra Andi Sukma, S.Sos dan Anggota DPRD Lutra Amir Mahmud, SH 

LUTRA,
Tabloid SAR- Camat Malangke Sofyan Zubair membuka secara resmi Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) tingkat kecamatan di Aula kantornya, Selasa (14/2/2017) sekitar pukul 09.30 Wita.

Musrenbang tersebut dihadiri masing-masing 7 orang delegasi setiap desa bersama para Kepala Desa (Kades) se Kecamatan Malangke, Kabupaten Luwu Utara (Lutra), Sulawesi Selatan (Sulsel).

Selain itu, hadir pula sejumlah Anggota dan Pimpinan DPRD Lutra asal Daerah Pemilihan (Dapil) 2 dari Kecamatan Malangke dan Malangke Barat (Malbar), antara lain Wakil Ketua II DPRD Lutra Andi Sukam, Amir Mahmud, Muhammad Ibrahim dan H. Rusli.

Sementara dari unsur eksekutif dihadiri sejumlah Kepala Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) lingkup Pemkab Lutra, yakni Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Lutra Rusdi Rasyid, Kepala Dinas Perikanan Lutra Marwan, serta sejumlah perwakilan SKPD terkait.

Hadir pula, pendamping lokal desa (PLD) H. Kamistan dan Abustang Alle, Bidan Desa, para guru dan Kepsek se Kecamatan Malangke, tokoh masyarakat, tokoh pemuda dan tokoh agama setempat.

Dalam kegiatan itu, Camat Malangke Sofyan Zubair meminta maaf kepada seluruh hadirin karena ruangan tempat pelaksanaan Musrenbang terasa sesak dan sempit.

“Kami tidak membayangkan peserta yang hadir kali ini sangat luar biasa membludak, jadi kami meminta maaf jika aula ini terlalu kecil dan terasa sesak karena sempit. Kami juga berterima kasih atas kehadirannya dalam Musrenbang ini,” kata Sofyan.

Ia juga berharap kepada para Kades dan delegasi yang mewakili desanya, supaya dalam rapat komisi betul-betul serius memperjuangkan hasil Musrenbangnya pada tingkat desa dengan mengacu pada peringkat atau skala prioritas kebutuhan desanya, sehingga dapat diakomodir dalam Musrenbang kecamatan.

“Kami berharap para Kades dan utusan desa bisa focus dalam mengusulkan hasil Musrenbang desanya berdasarkan skala prioritas yang dibutuhkan desanya, tidak berdasar keiginan. Dan kepada SKPD terkait kami harapkan untuk memandu jalannya Musrenbang ini nantinya, sehingga tidak bias dan melebar, supaya tepat sasaran,” pinta Sofyan.

Sementara Wakil Ketua II DPRD Lutra Andi Sukma dalam acara tersebut mengatakan, pihaknya selaku wakil rakyat atau pihak legislatif berharap agar kedepannya Pemkab Lutra atau pihak eksekutif dapat bekerjasama untuk membangun Kabupaten Lutra pada umumnya, serta Kecamatan Malangke dan Malbar pada khususnya sesuai dengan harapan masyarakat.

Selain itu, Andi Sukma juga menghimbau para Kades supaya dalam penggunakan anggaran, jangan ada dobel pada satu lokasi karena hal itu, melanggar regulasi atau aturan yang ada.

“Pak Kades jangan menganggarkan kegiatan fisik maupun non fisik pada lokasi yang sama, supaya ada pemerataan dalam pemanfaatan anggaran, jangan pula mengusulkan pembangunan fisik seperti lapangan misalnya jika lokasi pembangunannya belum termasuk sebagai aset desa atau kecamatan dan atau aset Pemkab Lutra,” himbaunya.

Politisi Partai Hanura itu, juga mengajak semua pihak untuk bekerja sama dalam meletakkan anggaran sesuai dengan petunjuk teknisnya (Juknis).

Sedangkan Kepala Bappeda Lutra Rusdi Rasyid dalam Musrenbang tersebut mengatakan bahwa untuk daerah pesisir di Kecamatan Malangke dan Malbar,  memang diprioritaskan pembangunan fisik jalan rabat beton karena tanah di daerah itu labil.

Rusdi menambahkan bahwa untuk memaksimalkan usulan-usulan masyarakat dalam Musrenbang diperlukan berbagai pendekatan pembangunan, seperti pendekatan politik, teknobati, partisipasi dan top down.

Pihaknya juga menjelaskan jika dalam Musrenbang kecamatan, kegiatan diprioritaskan menjadi dua yaitu kegiatan fisik dan non fisik, terangnya.

Adapun usulan dalam kegiatan tersebut sebagian besar mengusulkan pengadaan pabrik es balok, pembuatan jalan tani/tambak, pembangunan jembatan beton, pembangunan jalan rabat beton, lanjutan pembenahan tanggul daerah aliran sungai Masamba, pembangunan talud, bantuan ternak sapi dan kambing, bantuan pengadaan mesin jahit dan pelatihannya, pengadaan bibit ikan bandeng, udang paname, nener dan benur, serta bantuan bibit ikan karper dan ikan lele dumbo.

Penulis   : Dedhy
Editor     : William Marthom

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

.