.

.

Rubrik

.

Jumat, 03 Februari 2017

Pemkab Lutim Akan Optimalkan Pelabuhan Waru di Malili

Wabup Lutim Irwan Bachri Syam (kanan)

LUTIM,
Tabloid SAR-  Jalur transportasi adalah salah satu infrastruktur yang menjadi urat nadi paling menentukan gerak roda perekonomian masyarakat. Sehingga Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Luwu Timur (Lutim) akan terus mengoptimalkan sejumlah sarana transportasi yang ada.

Meski jalur transportasi darat di Lutim sudah cukup memadai, akan tetapi jalur laut dan udara di daerah ini masih belum maksimal.

Jalur transportasi udara di Lutim masih belum optimalkan, karena bandara yang ada di Sorowako, Kecamatan Nuha itu, masih berstatus bandara khusus yang dikelola langsung PT Vale Indonesia Tbk selaku pemiliknya.

Hal itu diungkapkan Wakil Bupati (Wabup) Lutim Irwan Bachri Syam di kantornya, Jumat (03/02/2017).     

Menurut Irwan, untuk terus meningkatkan gerak maju perekonomian masyarakat,  infrastruktur transportasi harus ditingkatkan dan dibenahi hingga memadai secara optimal.

“Makanya Pemkab Lutim menargetkan dalam waktu dekat ini, akan lebih focus mengoptimalkan jalur transportasi laut. Apalagi memang sudah ada pelabuhan Waru di Malili yang belum berfungsi secara optimal,” kata Irwan.

Wagub Lutim itu, juga menyebutkan bahwa memaksimalkan jalur transportasi laut, memang sejalan dengan visi maritim pemerintah pusat saat ini.

“Saat ini, pembangunan infrastruktur pelabuhan Waru masih terus di galakkan, jika sudah rampung di pelabuhan tersebut akan kita bangun sejumlah gudang besar yang diharapkan dapat menarik para investor untuk berinvestasi di daerah ini,” tambahnya.

Lanjut Irwan, mengoptimalkan jalur maritim memang telah menjadi salah satu visi misi Pemkab Lutim yang tentunya diharapkan dapat meningkatkan rodah perekonomian masyarakat.

“Roda perekonomian masyarakat Lutim akan berkembang dan semakin baik jika pelabuhan Waru sudah dapat beroperasi secara optimal, karena daerah Lutim berada di jalur perdagangan yang sangat starategis antara provinsi Sulawesi Tengah dan Sulawesi Tenggara,” ujarnya.

Selain berharap investor mau berinvestasi di Lutim jika pelabuhan Waru sudah optimal, juga diharapkan bisa menciptakan lapangan pekerjaan dan dapat meningkatkan kesejatraan masyarakat, kunci Irwan.

Editor : William Marthom

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

.