.

.

.

Kamis, 02 Februari 2017

Wakil Ketua DPRD Lutra dan Camat Malangke Hadiri Musrembang Desa Tolada

Dari kanan kekiri : Babinkamtibmas Tolada Sudirman SH, Kepala Desa Tolada Andi Zulpadli, Camat Malangke Sofyan Zubair, SP, Wakil Ketua II DPRD Lutra Andi Sukma, S.Sos, saat menghadiri Musrembang Desa Tolada, Senin (30/01/2017)

LUTRA,
Tabloid SAR- Wakil Ketua II DPRD Luwu Utara (Lutra) Andi Sukma dan Camat Malangke Sofyan Zubair menghadiri Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrembang) Desa Tolada yang diselenggarakan di Aula Kantor Desa Tolada, Kecamatan Malangke, Kabupaten Lutra, Sulawesi Selatan, Senin (30/01/2017) pagi.

Kegiatan tersebut dibuka secara resmi oleh Kepala Desa (Kades) Tolada Andi Zulpadli dengan mengucapkan Basmalah sekitar pukul 09.00 Wita

Dalam acara tersebut, Andi Zulpadli mengatakan bahwa dalam Musrembang tahun ini, tantangan utamanya adalah bagaimana mengusulkan berbagai macam program dalam rangka pencapaian Rencana Pembangunan Jangka Menengah Desa (RJPMDes) dengan mensingkronisasikannya sesuai usulan masyarakat desa.

“Selain singkronisasi usulan masyarakat dengan RPJMDes, juga evaluasi pencapaian Rencana Kerja Pemerintah (RKP) Desa Tolada tahun 2016 dan Rencana Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (RAPBD) tahun 2017, sejatinya senantiasa diintegrasikan dalam usulan masyarakat kepada Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lutra, supaya tidak saling tumpang tindih,” kata Andi Zulpadli.

Ia menjelaskan bahwa pembangunan desa meliputi empat bidang, yakni bidang penyelenggaraan pemerintahan desa, bidang pelaksanaan pembangunan desa, dan bidang pembinaan kemasyarakatan desa, serta bidang pemberdayaan masyarakat, jelasnya.

Sementara, Camat Malangke Sofyan Zubair pada kesempata itu, mengatakan bahwa Musrembang Desa adalah sebuah rutinitas yang harus dilaksanakan setiap tahun, karena amanah undang-undang.

Sofyan juga menjelaskan bahwa pada tingkat desa ada namanya pendamping lokal desa (PLD).

“PLD itulah yang akan mendampingi para Kades dan aparatnya untuk mengawal pemerintahan desa, sehingga masalah-masalah dihadapi dapat dikomunikasikan atau dikoordinasikan, supaya pembangunan di desa bisa berjalan sebagaimana yang kita harapkan dan sesuai dengan peraturan,” tandasnya.

Orang nomor satu di Kecamatan Malangke itu, juga menjelaskan bahwa dalam rencana pembangunan desa, harus ada RPJMDes dan harus pula sesuai dengan Visi Misi desa.

“Jadi program pembangunan desa, tidak bisa dilakukan tanpa melalui Musrembang Desa,” tegasnya.

Camat itu, juga menegaskan bahwa di setiap desa harus ada perpustakaan desanya dan diisi minimal 1.001 macam buku.

Selain itu, Sofyan juga menghimbau agar seluruh aparat desa memiliki seragamnya masing-masing.

“Aparat desa harus ada seragamnya, supaya bisa diketahui, yang mana Kaur, BPD, Hansip,dan Kepala Dusun,” imbuhnya.

Dalam kesempatan itu pula, Kepala Puskesmas Malangke Darsalam mengajak masyarakat agar rajin membawa anak-anak mereka ke Posyandu.

Menurutnya, Posyandu adalah saranan untuk memonitor perkembangan gizi dan kesehatan anak-anak bersama Ibunya.

“Penyakit itu sama dengan api, kalau apinya kecil kita masih bisa padamkan, tapi kalau apinya sudah membesar kita perlu proses lama untuk mematikannya. Begitu juga dengan penyakit, makanya kita harus rajin ke Posyandu untuk mendeteksi perkembangan kesehatan anak diusia dininya,” ujar Darsalam.

Sedangkan Kepala UPTD Pendidikan Kecamatan Malangke Muhammad Jufri, dalam acara tersebut hanya mengusulkan agar kantornya dapat dipagar tahun ini.

“Pemagaran Kantor UPTD Pendidikan Kecamatan Malangke adalah sebuah kebutuhan mendesak. Alangkah jeleknya dilihat kalau kantor UPTD kelihatan telanjang,” katanya.

Dalam Musrembang tersebut, Wakil Ketua II DPRD Lutra Andi Sukma, menghimbau supaya anggaran di bawah Rp 100 juta, supaya tidak diusulkan ke Pemkab Lutra karena masih bisa dibiayai oleh Dana Desa.

Politisi Partai Hanura itu, juga mengajak masyarakat untuk bersinergi dengan Pemkab Lutra dalam membangun 5 tahun kedepan.

“Jangan lagi ada politik menyiksa diri atau barisan sakit hati karena faktor kalah dalam pertarungan politik pada masa lampau. Sekarang waktunya kita membangun desa dengan bersinergi bersama pemerintah. Karena sejatinya kita bagaikan bensin dan mobil yang harus seiring-sejalan berdampingan untuk membangun daerah kita,” serunya.

Pada Musrembang tersebut, Kepala Seksi Pemberdayaan Masyarakat Desa (Kasi PMD) Kecamatan Malangke Akbal tidak berbicara panjang lebar. Ia langsung mempersilahkan para Kepala Dusun (Kadus) untuk memaparkan usulan-usulan yang sudah mereka sepakati dalam musyawarakan dusun (Musdus).

Usulan para kadus sebagian besar adalah pembangunan jalan tani, bronjong, jembatan, pengerasan jalan tani.

Selain itu, usulan pembangunan rumah guru, pembangunan TK Tolada dan mobilernya, pagar Puskesmas Malangke sepanjang 50 meter, pembangunan Pos Kamling masing-masing RT, pembangunan Pasar Tolada, pengadaan peralatan olahraga, pembangunan Kantor PKK Desa Tolada, pagar Kantor UPTD Pendidikan Kecamatan Malangke sepanjang 124 meter.

Selain dihadiri Camat Malangke Sofyan bersama stafnya, hadir pula Staf dari PMD Kabupaten Lutra Sudirman, Ketua PKK Kecamatan Malangke Hayati, Babinkantibmas Desa Tolada Sudirman, pendamping lokal desa (PLD) H.Kamistan, Abustang Alle, Akmar, para tokoh masyarakat, tokoh pemuda, tokoh agama dan Ibu-Ibu Majelis Ta'lim.

Sebelum Musrembang itu ditutup, terlebih dahulu Ketua PKK Desa Tolada menyerahkan baju seragam untuk Ibu-Ibu Majelis Ta’lim desa setempat dalam acara tersebut.

Penulis : Dedhy
Editor : William Marthom

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

.