.

.

Rubrik

.

Selasa, 21 Maret 2017

Anggota DPRD Lutra Asal Dapil 2 Gelar Reses di Kecamatan Malangke

Dari kanan kekiri anggota Polsek Malangke Muhammad Aras, anggota DPRD Lutra Abdul Muis dan H.Rusli Hamid, Kepala Dinas Perikanan Lutra Maharwan, Camat Malangke Sofyan Zubair, anggota DPRD Lutra Muhammad Ibrahim dan Amir Mahmud, serta Wakil Ketua II DPRD Lutra Andi Sukma

LUTRA
, Tabloid SAR-  Menjelang pembahasan  Kebijakan Umum Anggaran (KUA) dan Prioritas Plafon Anggaran Sementara (PPAS) Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Perubahan (APBD-P) Kabupaten Luwu Utara (Lutra), maka seluruh anggota DPRD Lutra, wajib menggelar reses untuk menyerap aspirasi masyarakat di daerah pemilihan (Dapil) mereka.

Berdasarkan hal tersebut, maka sejumlah anggota DPRD Lutra dari Dapil 2 Kabupaten Lutra yang meliputi wilayah Kecamatan Malangke dan Malangke Barat (Malbar) akan menggelar reses pada dua kecamatan itu.

Berdasarkan pantauan Wartawan Tabloid SAR menyebutkan, sebanyak  lima anggota DPRD Lutra dari Dapil 2, menggelar reses yang dipusatkan di Aula Kantor Camat Malangke, Senin (20/3/2017).

Dalam reses tersebut, anggota DPRD Lutra menyerap aspirasi masyarakat di Dapil-nya terkait kegiatan fisik, maupun non fisik yang disampaikan oleh para Kepala Desa (Kades) bersama aparatnya dan pengurus Badan Permusyawaratan Desa (BPD), serta masyarakat dalam wilayah Dapil 2 Lutra.

Wakil Ketua II DPRD Lutra, Andi Sukma (Hanura) memimpin langsung reses tersebut, dengan didampingi empat orang rekannya dari Dapil 2 Lutra, antara lain, Amiruddin Mahmud (Golkar), H. Rusli Hamid (Demokrat), Muhammad Ibrahim (PAN) dan Abdul Muis (PKS).

Reses ini dibuka secara resmi oleh Camat Malangke Sofyan Zubair, dengan dihadiri, sejumlah Kepala atau staf SKPD lingkup Pemkab Lutra, anggota Polsek Malangke Muhammad Aras yang mewakili Kapolsek Malangke, para Kades beserta aparatnya dan BPD se Kecamatan Malangke, para Kepala Sekolah, tokoh agama, tokoh pemuda dan tokoh masyarakat Malangke.

Camat Malangke Sofyan Zubair dalam sambutannya menyampaikan rasa terima kasih atas adanya kegiatan reses ini, dan berharap agar apa yang menjadi aspirasi masyarakat Kecamatan Malangke dapat diakomodir nantinya oleh DPRD dan Pemkab Lutra saat pembahasan KUA dan PPAS APBD-Perubahan Tahun Anggaran (TA) 2017 mendatang.

Sementara anggota DPRD Lutra Amir Mahmud dalam sambutannya menyebutkan bahwa reses, bertujuan untuk mendengarkan aspirasi masyarakat apa bila masih ada yang terlupakan atau belum dilaksanakan sesuai dengan hasil Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrembang) baik pada tingkat desa, maupun tingkat kecamatan atau kabupaten, serta untuk mendengarkan aspirasi yang harus diprioritaskan dalam pembahasan anggaran mendatang.

Pernyataan politisi partai Golkar itu, ditimpali oleh Abdul Muis dari fraksi PKS DPRD Lutra.

Menurut politisi PKS itu, bahwa peserta reses harus mengklarifikasi ulang program-program yang telah diusulkan sebelumnya, karena tidak menutup kemungkinan masih ada yang terlupakan atau belum dikerjakan.

Sedangkan, H. Rusli Hamid dari fraksi Demokrat DPRD Lutra dalam reses itu, menegaskan agar para Kades, jangan coba-coba meletakkan suatu anggaran dana desa dalam kegiatan yang telah ditanggung APBD Kabupaten.

Politisi partai Demokrat itu, juga mengingatkan Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Kabupaten Lutra agar tidak memberi rekomendasi pencairan dana desa, jika para Kades tidak melaksanakan programnya sesuai dengan aturan yang berlaku.

Berbeda dengan pernyataan Muhammad Ibrahim, legislator PAN ini, justru menyampaikan permohonan maafnya kepada masyarakat Kecamatan Malangke karena masih ada beberapa program yang diusulkan belum tuntas dikerjakan seperti jalan lingkar pesisir.

Legislator PAN ini, juga meminta para Kades se Kecamatan Malangke agar bersurat supaya penuntasan proyek jalan lingkar pesisir tersebut dapat diangkat kembali dalam pembahasan mendatang.

Sementara Wakil Ketua II DPRD Lutra Andi Sukma menyampaikan bahwa yang diprioritaskan dalam reses kali ini adalah usulan rehabilatsi Kantor Camat Malangke, karena kantor tersebut sudah nyaris rubuh.

Selain itu, politisi partai Hanura ini juga menyebutkan bahwa proyek pengaspalan jalan poros yang menghubungkan Kecamatan Malangke dan Malangke Barat, harus diprioritas nantinya dalam pembahasan anggaran.

Sedangkan Kepala Puskesmas Malangke, Darsalam dalam reses kali ini, meminta kepada anggota DPRD Lutra dan SKPD terkait untuk menganggarkan pembangunan Gudang Alkes dan Farmasi dalam pembahasan mendatang.

Dalam kesempatan ini pula, Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Lutra, Maharwan mengatakan bahwa pada tahun 2017 ini, cukup banyak program khusus sektor perikanan yang masuk di wilayah Kecamatan Malangke

Menurutnya, dari 58 program perikanan tangkap, 24 diantaranya masuk di Kecamatan Malangke dan untuk pembudidayaan ikan, dari 35 kelompok yang ada di Kabupaten Lutra, 8 diantaranya masuk kelompok di Kecamatan Malangke.

Penulis   : Dedhy
Editor     : William Marthom

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

.