.

.

.

Minggu, 19 Maret 2017

Galakkan Program Gerta Babe Pemkab Wajo Siapkan 84 Ribu Bibit Pohon Cabe

Bupati Wajo Drs. H. Andi Burhanuddin Unru, MM, bersama jajarannya dan unsur Forkopimda Kabupaten Wajo, foto bersama di lokasi kebun percontohan tanaman cabe

WAJO,
Tabloid SAR- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Wajo, Sulawesi Selatan (Sulsel) melalui Dinas Tanaman Pangan Holtikultura dan Peternakan (TPHP) Wajo terus menggalakkan program Gerakan Tanam Bawang dan Cabe (Gerta Babe).

Tidak main-main, tahun ini, Dinas TPHP Kabupaten Wajo selaku Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) terkait, menyiapkan sekitar 84 ribu pohon cabe siap tanam.

Hal itu, diungkapkan Plt. Kepala TPHP Wajo, H. Ambo Efu saat mengikuti acara pencanangan Gerta Babe yang dirangkaikan dengan Musyawarah Tani musim tanam 2017 di Kecamatan Sabbangparu, Kabupaten Wajo,  Sabtu (18/3/ 2017).

Dalam kesempatan tersebut, Ambo Efu menjelaskan bahwa program Gerta Babe yang dicanangkan Pemkab Wajo pada tahun ini, secara umum menggunakan dua pola, yakni pola pemanfaatan pekarangan dan pola polibek.

“Ada dua pola yang kita gunakan dalam pelaksanaan program Gerta Babe, yaitu dengan pola pemanfaatan pekarangan dan pola polibek,” ujarnya.
  
Ia menambahkan, bahwa masyarakat Wajo yang ingin membudidayakan tanaman jenis bawang atau cabe, tidak usah kwatir soal penanganan hamanya.

“Kalau soal pengendalian hama tanaman bawang atau cabe, masyarakat tidak usah kwatir karena kami telah berkoordinasi dengan Dinas Pertanian Sulsel. Dan Alhamdulillah mereka siap mengirim tim pengendali hama dan penyakit tanaman bawang dan cabe di daerah kita ini,” jelas Ambo Efu meyakinkan.

Sementara, Bupati Wajo Andi Burhanuddin Unru dalam berbagai kesempatan ketika tatap muka dengan masyarakat dan jajarannya, terus berupaya mengajak mereka untuk dapat memotivasi para petani agar berkontribusi secara maksimal dalam mensukseskan program Gerta Babe.

“Semua pihak kita ajak untuk terlibat aktif dalam mensukseskan program Gerta Babe di daerah kita ini. Dengan harapan masyarakat sedapat mungkin memanfaatkan pekarangan rumah dan lahan mereka untuk membudidayakan tanaman bawang dan cabe,” kata Andi Burhanuddin.

Editor : William Marthom

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

.