.

.

Sunday, 19 March 2017

Kadis Damkar Kota Palopo, Sosok Birokrat Pekerja dan Sangat Tampak Bersifat Familiar

Kadis Damkar Kota Palopo, Muhammad Rais SE MM (kiri), saat berdialog dengan Pimpinan Umum Tabloid SAR, Rahmat K Foxchy

PALOPO,
Tabloid SAR- Bahwa bukan Wija To Luwu, jika tidak mengenal yang empunya nama yang satu ini. Ia adalah sosok birokrat pekerja dan sangat familiar kepada siapa saja.

Tidak hanya itu, dia pun dikenal jujur dan lurus, dengan kata lain tidak neko-neko dalam mendedikasikan dirinya sebagai abdi negara. Boleh jadi hal ini, membuatnya selama ini menjadi faktor penghambat bagi dirinya dalam meniti karier birokrasi pada ranah pemerintahan.

Akibatnya, maka tidak sedikit pula juniornya sesama Pegawai Negeri Sipil (PNS), sekarang disebut dengan istilah Aparatur Sipil Negara (ASN), justru menyalipnya di tikungan.

Jadi mungkin benar juga kata pameo, bahwa “orang jujur tidak akan laku untuk mendapat promosi jabatan dalam ranah pemerintahan”. Maka itu pulalah yang dialami oleh ASN yang pernah bertugas di lingkup Pemerintah Kabupaten Luwu tersebut. Pada gilirannya, dirinya pindah tugas ke Kota Palopo.

Hal tersebut, maka boleh jadi karena pertimbangan integritas dan etos kerja yang dia miliki, sehingga dilantik oleh Walikota HM Judas Amir, untuk menjadi Kepala Badan Kesatuan Bangsa, Politik dan Perindungan Masyarakat (Kaban Kesbangpol & Linmas) di kota bertajuk “Idaman” ini.

Jadi dari sinilah, kemudian dirinya baru mengawali kiprahnya sebagai pejabat pada level eselon II. Hanya saja ia menolak perintah atasannya (bukan walikota, red) untuk melaksanakan sebuah kegiatan pameran, akibatnya dia digeser menjadi Staf Ahli Walikota Palopo, Bidang Ekonomi dan Keuangan.

Pasalnya, kegiatan pameran tersebut tidak ada mata anggarannya, sehingga dikuatirkan dapat menimbulkan potensi terjadinya penyalahgunaan wewenang atau jabatan. Untuk kemungkinannya dapat pula berujung pada bentuk perbuatan melawan hukum yang sifatnya bermodus pungutan liar (Pungli).

Sehubungan atas terbentuknya Organisasi Perangkat Daerah (OPD) baru, berdasarkan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 18 Tahun 2016. Akhirnya kembali dimutasi untuk menduduki jabatan sebagai Kepala Dinas Pemadam Kebakaran (Kadis Damkar) Kota Palopo.

Begitulah sekelumit tentang sosok Muhammad Rais SE MM ini. Meskipun, melalui perjalanan yang cukup panjang dalam meniti karier sebagai seorang birokrat pemerintahan. Pada gilirannya pula dapat berkiprah pada ranah jabatan eselon II di lingkup Pemkot Palopo.

Hal tersebut, terungkap saat Pimpinan Umum Tabloid SAR berdialog dengan Kadis Damkar Pertama Kota Palopo ini, Jumat (17/02/2017) di kantornya, tepatnya di Jalan Pong Simpin, Kota Palopo.

Gayanya yang low profil dan ditandai oleh senyumannya yang senantaiasa tersungging merekah. Maka itulah sifat-sifat keramahan yang terpotret pada dirinya, untuk mewarnai ciri khasnya dalam berbicara yang begitu tampak belak-belakan, tapi justru sangat memberikan nuansa keakraban.

Tentunya pula, merupakan salah satu birokrat pada level eselon II di lingkup Pemkot Palopo yang begitu welcome terhadap insan pers dan aktivis LSM. Untuk itu, sehingga Tabloid SAR mengucapkan selamat dan sukses, harapan dapat semakin memberikan layanan paripurna dalam mengemban tugas, sebagaimana visi dan misi Dinas Damkar Kota Palopo.

Penulis   : llyas
Editor     : Ories

No comments:

Post a Comment

.

.