.

.

Wednesday, 15 March 2017

Tahun Ini Pemkab Wajo Optimis Raih Piala Adipura

Camat Tempe Andi Baso Iqbal (kanan) memantau Tim Satgas Kebersihan Kecamatan yang sedang menjalankan tugasnya

Andi Ramawaty Paturusi : Wajo Mendapat Nilai Rata-Rata Diatas 75 Persen untuk Seluruh Aspek Penilaian

WAJO, Tabloid SAR- Pemerintah Kabupaten Wajo, Sulawesi Selatan (Sulsel) optimis akan kembali meraih piala adipura tahun ini. Pasalnya, pada penilaian pertama tim adipura awal tahun ini, daerah yang berjuluk Bumi Lammadukelleng tersebut berada di posisi tiga besar untuk kategori kota kecil.

Hal tersebut diungkapkan Kepala Dinas Lingkungan Hidup Daerah (LHD) Kabupaten Wajo, Andi Ratnawaty Paturusi.

“Tahun ini kita optimis bisa kembali meraih piala adipura karena pada penilaian tahap pertama tim adipura, Kabupaten Wajo berada pada urutan tiga besar setelah Kabupaten Bantaeng dan Maros,” ujar Andi Ratnawaty, sembari mengatakan Wajo mendapat nilai rata-rata diatas 75 persen untuk seluruh aspek penilaian.

Selain itu, sinergitas antara Dinas (LHD) Kabupaten Wajo dengan Pemerintah Kecamatan Tempe dalam menangani masalah kebersihan juga sangat berkontribusi dalam membuat Kota Sengkang menjadi semakin bersih.

Kepala LHD Andi Ratnawati, juga menyebutkan bahwa kebersihan Kota Sengkang saat saat ini yang dari waktu kewaktu terus meningkat, tidak lepas dari peran-serta Pemerintah Kecamatan Tempe.

“Camat Tempe bersama seluruh jajarannya tidak henti-hentinya melakukan program menjaga kebersihan kota pada semua lingkungan dalam wilayah Kota Sengkang,” terangnya.

Ia menambahkan bahwa Tim Satgas kebersihan Kecamatan Tempe sangat antusias membantu dalam menjaga kebersihan Kota Sengkang, sebut Andi Rahmawaty.

Sementara, Camat Tempe Andi Baso Iqbal yang ditemui di tempat terpisah mengatakan, pihaknya bersama seluruh jajaran Pemerintah Kecamatan Tempe menggalakkan program “Lorong Mapaccing” dalam menjaga kebersihan Kota Sengkang.

“Dalam rangka menjaga kebersihan Kota Sengkang, kami galakkan program Lorong Mapaccing, jadi seluruh lorong-lorong akan dibenahi dan dipercantik, serta dibersihkan,” jelasnya.

Mantan Camat Penrang itu, menyatakan bahwa di Kecamatan Tempe ada tiga tim yang dibentuk khusus untuk menanggulangi masalah kebersihan dan sampah.

“Tim tersebut terdiri dari tim sapu jalanan dan tim satgas kebersihan, serta tim pengontrol dan pengangkut sampah pada daerah pemukiman warga,” urainya.

Untuk diketahui, penanganan sampah dan kebersihan Kota Sengkang yang merupakan Ibukota Kabupaten Wajo, tahun ini dianggarkan  sebesar Rp1,2 miliar.

Anggaran tersebut untuk kendaraan sampah, pengadaan mesin pembabat rumput, dan membayar honor, serta tunjangan petugas kebersihan.

Editor : William Marthom

No comments:

Post a Comment

.

.