.

.

Rubrik

.

Sabtu, 18 Maret 2017

Walikota Palopo Resmikan Gudang Rumput Laut Milik Pemerintah

Walikota Palopo Drs. HM. Judas Amir, MH (kiri) didampingi istrinya dr.  Hj Utiasari Judas (kanan) saat menggunting pita peresmian Gudang Rumput Laut milik pemerintah di Kelurahan To' Bulung, Kecamatan Bara, Kota Palopo, Sabtu (18/3/2017) siang 

Ilham, SE, M.Si : Gudang Ini akan Dikelolah oleh Pihak Ketiga, yakni Koperasi yang Memenuhi Syarat untuk Mengelolahnya

PALOPO, Tabloid SAR- Walikota Palopo HM Judas Amir, meresmikan Gudang Rumput Laut milik pemerintah di Lorong Bata Merah, Kelurahan To’bulung, Kecamatan Bara, Kota Palopo, Sulawesi Selatan (Sulsel), Sabtu (18/3/2017) siang.

Gudang tersebut diresmikan secara simbolis oleh Judas dengan menggunting pita yang dipasang tepat di depan pintu masuk bangunan baru itu.

Usai menggunting pita, orang nomor satu di Kota Palopo itu, langsung membuka pintu gudang dan masuk melihat kondisi ruang bagian dalam gudang dan kondisi sejumlah sarana penunjang warehouse (gudang-red) tersebut.

Sarana penunjang dalam gudang yang ditinjau saat itu, antara-lain, 2 unit mesin diesel press rumput laut, 2 unit troli, 2 unit timbangan berkapasitas 150 Kg dan 1.000 pcs karung untuk mengemas rumput laut.

Sebelum meresmikan bangunan baru itu, Judas terlebih dahulu membawakan sambutannya.

Dalam sambutannya, Judas mengatakan bahwa ada tiga kepentingan yang saling bertalian dalam pemanfaatan gudang rumput laut milik pemerintah itu.

“Ada tiga kepentingan utama dalam gudang ini, yakni kepentingan masyarakat, pengusaha atau pedagang dan pemerintah,” kata Judas.

Ia menjelaskan, bahwa masyarakat berkepentingan pada gudang itu adalah para petani rumput laut, termasuk para pekerja atau buruh pada sektor tersebut.

Demikian pula dengan para pengusaha atau pedagang, mereka membutuhkan gudang untuk menampung dan mengolah rumput yang mereka beli dari para petani dan membutuhkan pula masyarakat untuk dipekerjakan guna menjemur, mengemas, serta mengangkut rumput laut.

Sedangkan pemerintah berkepentingan untuk mensejatrakan masyarakat dan para pengusaha yang bergerak pada sektor atau bidang ini.

Selain itu, Judas juga menjelaskan bahwa gudang rumput laut ini, dapat dibangun berkat kerja keras Pemerintah Kota (Pemkot) Palopo khususnya stakeholder terkait sehingga Kementrian Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia mau bekerjasama dengan Pemkot untuk membangunnya.

“Gudang ini dapat terwujud karena hasil kerja keras Pemkot Palopo khususnya instansi terkait, yang mampu berkomunikasi dengan pihak pemerintah pusat, sehingga kementrian terkait mau memberikan dana untuk pembangunan gudang, serta sarana pendukungnya,  dan Pemkot Palopo yang menyediakan lahan tempat membangun gudang yang akan kita resmikan ini,” jelas Judas dalam sambutannya.    

Sementara Kepala Dinas Perikanan Kota Palopo, Ilham dalam laporannya pada kegiatan ini, menyebutkan bahwa gudang tersebut dibangun dengan menggunakan Dana Tugas Perbantuan (DTP) dari Kementrian Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia tahun anggaran 2016 sebesar Rp 3.015.743.000.

Ilham juga menerangkan bahwa gudang yang berdaya tampung 600 ton itu, akan dikelolah oleh pihak ketiga.

“Gudang ini akan dikelolah oleh pihak ketiga, yakni koperasi yang memenuhi syarat untuk mengelolahnya. Dan kami sudah melakukan proses verifikasi koperasi yang dapat mengelolahnya,” ujar Ilhan tanpa menyebut nama koperasi yang akan mengelolah gudang tersebut.

Dalam acara ini, Walikota Palopo HM Judas Amir didampingi oleh istrinya yang juga Ketua Tim Penggerak PKK Kota Palopo dr. Hj Utiasari Judas.

Hadir pula sejumlah pejabat lingkup Pemkot Palopo dalam kegiatan tersebut, antara lain Staf Ahli Walikota Bidang Kemasyarakatan dan Sumber Daya Manusia DR. Suyuti Yusuf, M.Si, Kepala Dinas Koperasi Usaha Kecil dan Menengah Kota Palopo Karno, Kabag Humas Pemkot Palopo Maksum Runi, Camat Bara Bakhtiar, Lurah To’bulung Dewa Daud Laide, serta beberapa pejabat eselon II dan III lainnya.

Kegiatan ini, selain dihadiri para pejabat lingkup Pemkot Palopo, hadir pula sejumlah tokoh masyarakat, tokoh agama dan tokoh pemuda Kecamatan Bara, serta ratusan warga setempat.

Penulis   : Jirham
Editor     : William Marthom

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

.