.

.

.

Sabtu, 29 April 2017

Desa Balutan Wakili Kabupaten Luwu pada Lomba Desa Tingkat Sulsel

Wabup Luwu Amru Saher (tengah) bersama Kepala Dinas PMD Sulsel Mustari Soba berbincang santai dalam acara penyambutan Tim Penilai Lomba Desa tingkat Sulsel di Desa Balutan, Kabupaten Luwu, Sulsel, Jumat (28/4/2017)

LUWU, Tabloid SAR- Tim penilai Lomba Desa tingkat Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel) berkunjung ke Desa Balutan, Kecamatan Bupon, Kabupaten Luwu, Jumat (28/4/2017).

Tim yang terdiri dari sekitar 20 personil itu, dipimpin langsung oleh Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Sulsel, Mustari Soba saat melakukan peninjauan dan penilaian di Desa Balutan yang merupakan desa yang mewakili Kabupaten Luwu pada Lomba Desa tingkat Sulsel.

Wakil Bupati (Wabup) Luwu, Amru Saher bersama Kepala Dinas PMD Luwu, Masling Malik ikut mendampingi tim penilai tersebut saat bertandang ke Desa Balutan.

Pada kesempatan itu, Amru Saher menyatakan pihaknya mengapresiasi semangat Pemerintah Desa (Pemdes) Balutan bersama warganya, yang tak perna surut dalam mengikuti lomba tersebut sehingga mampu mengungguli lebih dari 200 desa yang ada di Kabupaten Luwu.

“Kami salut dan bangga melihat semangat Pemdes Balutan bersama warganya yang tak surut sedikitpun dalam mengikuti lomba ini, meski baru saja dilanda bencana banjir dan tanah longsor,” kata Amru Saher.

Selain itu, Wabup Luwu juga menyatakan terpilihnya Desa Balutan untuk mewakili Kabupaten Luwu pada Lomba Desa tingkat Sulsel merupakan sebuah prestasi yang sangat luar biasa.

“Terpilihnya Desa Balutan mewakili Kabupaten Luwu pada ajang ini adalah sebuah prestasi yang luar biasa, karena proses seleksi dalam lomba tersebut sangat ketat,” ujar Wabup.

Sementara, Kepala Dinas PMD Sulsel, Mustari Soba dalam kesempatan tersebut, menyatakan jika pihaknya salut kepada Pemdes Balutan dan warganya yang mampu mengalahkan 200an desa di Kabupaten Luwu dalam seleksi ini untuk tampil mewakili kabupatennya.

Mustari Soba mengatakan bahwa dalam lomba itu, proses seleksinya sangat ketat dengan mengacu pada beberapa kriteria sebagai indikator yang menjadi barometer penilaian.

“Kriteria yang harus dipenuhi untuk menjadi pemenang dalam lomba ini antara-lain, kebersihan desa, kerapian tata kota desa, administrasi desa, keuangan desa, kelembagaan desa dan kesehatan, serta pendidikan,” sebut Mustari Soba sembari menyatakan jika semua kriteria itu terpenuhi, maka tentu Desa Balutan akan menjadi juara pada tingkat Sulsel.

Dalam kesempatan ini pula, Kepala Desa Balutan Rusli Paembe mengucapkan terima kasih kepada seluruh jajaran Pemdes Balutan dan warganya yang bekerja keras dan bahu-membahu dalam membangun desanya sehingga dapat terpilih menjadi desa yang mewakili Kabupaten Luwu pada ajang bergengsi ini.

“Terpilihnya Desa Balutan sebagai desa yang mewakili Kabupaten Luwu pada Lomba Desa tingkat Sulsel adalah sebuah kebanggaan bagi kami. Dan tentunya keberhasilan untuk bisa sampai pada titik ini , merupakan hasil kerja-sama semua pihak, baik oleh jajaran Pemdes Balutan maupun oleh segenap warganya,” ujar Rusli Paembe.

Turut hadir dalam acara tersebut, antara-lain Ketua TP PKK Luwu Andi Tenri Karta, istri Wabup Luwu Baderia Amru, sejumlah Kepala SKPD lingkup Pemkab Luwu dan Kapolsek Noling IPTU Hasdin, serta puluhan warga setempat.

Penulis   : Abdul Rahman
Editor     : William Marthom

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

.