.

.

Rubrik

.

Kamis, 20 April 2017

Jelang Penyelesaian Study Siswa SD Kelas VI Wajib Ujian Praktek

Kepala SDN 279 Tabah, Rahayu, S.Pd
Rahayu : Akhir April Siswa Kelas VI SDN 279 Tabah Ujian Praktek

LUWU, Tabloid SAR- Woow ternyata bukan hanya siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) yang wajib mengikuti ujian praktek, sebagai salah satu syarat untuk penyelesaian study-nya saat hendak melanjutkan pendidikan pada jenjang lebih tinggi, tapi siswa Sekolah Dasar (SD) juga demikian.

Seperti itulah yang terbesit dalam benak wartawan media ini, ketika melakukan wawancara dengan Kepala SDN 279 Tabah, Rahayudi, SPd, saat ditemui di kantornya, Kamis (20/4/2017).

Pasalnya, Rahayu  menyatakan kalau siswa Kelas VI SDN Tabah akan mengikuti tiga  tahapan ujian sebagai pra syarat penyelesaian study untuk menammatkan pendidikannya di sekolah itu .

“Sebagai syarat penyelesaian study di sekolah ini, siswa Kelas VI wajib mengikuti tiga tahapan ujian, yakni Ujian Praktek dan Ujian Akhir Nasional (UAN), serta Ujian Akhir Sekolah (UAS),” kata Rahayu.

Ia menerangkan, tahun ini sebanyak 33 siswa Kelas VI SDN Tabah akan mengikuti Ujian Praktek pada Selasa (25/4/2017) mendatang.

“Ujian praktek akan diselenggarakan akhir bulan ini (Selasa, 25 April 2017- red), setelah itu mereka mengikuti UAN dan terakhir UAS,” terangnya.

Mantan guru SDN 347 Lamasi Pantai tersebut juga menjelaskan, jika dalam ujian praktek itu nantinya para siswa akan mempraktekkan tata cara Shalat bagi yang beragama Islam dan bagi siswa Kristen mereka mempraktekkan doa ‘Bapa Kami’ serta menghafal 10 firman (10 Hukum Taurat- red) untuk mata pelajaran Agama.

Sedangkan, untuk mata pelajaran Seni Budaya Ketrampilan (SBK) para siswa praktek memasak makanan 4 sehat 5 sempurna. Dan pada mata pelajaran Pendidikan Jasmani Olaraga dan Kesehatan (PJOK) siswa mempraktekkan sejumlah cabang olahraga dan atletik, jelas Rahayu.

Pahlawan tanpa tanda jasa yang menahkodai SDN Tabah itu, menerangkan pula bahwa setelah siswanya mengikuti ujian praktek tersebut, mereka selanjutnya akan mengikuti UAN pada 15 Mei 2017 mendatang dan terakhir mengikuti UAS.

Menurut Rahayu, guna mempersiapkan para siswanya untuk menghadapi tiga tahapan ujian tersebut, pihaknya bersama para tenaga pengajar di sekolah itu mengadakan bimbingan belajar (Bimbel) pada sore hari sebanyak 3 kali seminggu.

“Bimbelnya kita adakan pada sore hari, mulai pukul 14.00 hingga pukul 16.30 Wita, setiap hari Senin, Kamis dan Sabtu,” tandasnya.

Sekolah tersebut memiliki siswa sebanyak 185 orang, dengan jumlah tenaga pengajar 13 orang, 8 diantaranya sudah berstatus Pegawai Negeri Sipil (PNS) dan 5 guru sukarela.

Pihak sekolah berharap Dinas Pendidikan Kabupaten Luwu mau menambah 3 orang guru yang sudah berstatus PNS di sekolah itu, untuk memaksimalkan proses belajar mengajar.

“Selaku pihak pengelolah, tentu kami berharap stakeholder terkait mau menambah 3 orang guru untuk mengajar di sini dan kalau bisa guru itu laki-laki karena di sekolah ini baru satu orang guru laki-laki,” harap Rahayu.

Untuk diketahui, SDN 279 Tabah yang berada di Desa Tabah, Kecamatan Walenrang Timur, Kabupaten Luwu, Sulsel, jaraknya sekitar 90 kilo meter dari Ibukota Kabupaten.

Penulis   : William Marthom
Editor     : Zottok   


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

.