.

.

Thursday, 27 April 2017

Siswa SDN Tondok Alla dan Pamenta Tidak Laksanakan USBN - UAS di Sekolahnya, Kok Bisa ?


Kepala SDN 61 Tondok Alla Jaya, Muharram, S.Pd

PALOPO, Tabloid SAR- Ujian Sekolah Berbasis Nasional (USBN) dan Ujian Akhir Sekolah (UAS) bagi seluruh siswa Kelas VI Sekolah Dasar (SD) akan dilaksanakan secara serentak pada pertengahan Mei 2017 mendatang.

Secara umum para siswa, tentunya berharap penyelenggaraan USBN maupun UAS dapat dilaksanakan di sekolah mereka. Meski demikian, pengalaman hidup telah mengajarkan kita bahwa harapan dan realitas tidak selalu berbanding lurus.

Demikian pula bagi siswa Kelas VI SDN 61 Tondok Alla Jaya yang berada di Lingkungan Tondok Alla, Kelurahan Jaya, Kecamatan Telluwanua, Kota Palopo, Sulawesi Selatan (Sulsel), mereka berharap dapat mengikuti USBN dan UAS di sekolah mereka. Namun harapan tersebut tentu tidak akan berbanding lurus dengan realitas.

Pasalnya tahun ini sebanyak 27 siswa Kelas VI SDN 61 Tondok Alla Jaya, akan mengikuti USBN dan UAS di SDN 45 Padang Alipan yang jaraknya sekitar 1,5 Km hingga 2 Km dari sekolah mereka.

Hal tersebut diungkapkan Kepala SDN 61 Tondok Alla Jaya, Muharram, S.Pd, saat dikonfirmasi di ruang kerjanya, Rabu (26/4/2017) siang.

Menurutnya, tahun ini sebanyak 27 siswa Kelas VI SDN 61 Tondok Alla Jaya akan mengikuti pelaksanaan USBN dan UAS di SDN 45 Padang Alipan yang berada di Lingkungan Padang Alipan, Kelurahan Jaya.

“Pelaksanaan USBN dan UAS masih seperti tahun lalu, tidak di sini tapi akan diselenggarakan  di SDN 45 Padang Alipan,” kata Muharram.

Muharram menerangkan pula bahwa selain siswanya, siswa Kelas VI SDN 62 Pamenta juga akan megikuti USBN dan UAS bersama siswa SDN 45 Padang Alipan di sekolah itu.

“Sekolah ini mulai beroperasi pada tahun 2008 yang lalu, bersamaan dengan SDN 62 Pamenta. Jadi sudah tujuh kali menammatkan siswa. Ratusan alumni kami, semuanya mengikuti ujian di SDN 45 Padang Alipan selaku sekolah inti,” jelasnya.

Selain itu, Muharram juga menjelaskan bahwa USBN akan dilaksanakan selama tiga  hari, demikian pula dengan UAS.

“USBN akan di gelar mulai tanggal 15 hingga 17 Mei 2017 mendatang, sedangkan UAS diselenggarakan setelah pelaksanaan USBN, yakni mulai tanggal 18 sampai 20 Mei 2017,” tandasnya.

Dalam rangka mempersiapkan siswanya untuk mengikuti USBN dan UAS, para guru di SDN 61 Tondok Alla Jaya memberlakukan penambahan jam belajar pada waktu sore hari, mulai pukul 14.00 Wita - 16.00 Wita.

Penambahan jam belajar atau bimbingan belajar (Bimbel) khusus jelang USBN dan UAS mulai diberlakukan sejak awal Februari hingga Apri 2017. Dengan total sebelas kali pertemuan untuk setiap mata pelajaran.

Penulis   : William Marthom
Editor     : Zottok  

No comments:

Post a Comment

.

.