.

.

Rubrik

.

Selasa, 18 April 2017

Tahun Ini Kelurahan Salu Battang Verifikasi Data Penerima Raskin

Lurah Salu Battang Andi Baso Akbar, SE
Andi Baso Akbar : Tahun Ini Sebanyak 98 KK Warga Kelurahan Salu Battang yang Diusulkan untuk Mendapat Bantuan Raskin

PALOPO, Tabloid SAR- Setelah Pemerintah Kota (Pemkot) Palopo memprogramkan penggratisan beras bantuan untuk masyarakat miskin (Raskin- red) yang dibebankan pada APBD Palopo 2017.

Maka sejak itu, hampir dalam setiap kesempatan Walikota Palopo HM Judas Amir, mengingatkan setiap kelurahan supaya melakukan verifikasi data para penerima Raskin agar tepat sasaran.

Menurut HM Judas Amir, verifikasi data penerima Raskin setiap saat perlu dimutahirkan, paling tidak setiap tahunnya karena kondisi masyarakat sewaktu-waktu dapat berubah.

Misal, ada perubahan peningkatan ekonomi penerima Raskin sehingga dengan adanya perkembangan tersebut maka warga yang bersangkutan tentu tidak layak lagi menerima bantuan Raskin.

Termasuk adanya perpindahan penduduk tentu akan mempengaruhi data penerima Raskin, apa bila penerima bantuan tersebut pindah dari Kota Palopo ke daerah lain, demikian pula sebaliknya jika ada warga miskin dari daerah lain yang pindah ke Palopo.

Instruksi orang nomor satu di Kota Palopo itu, ditindak-lanjuti Kelurahan Salu Battang, Kecamatan Telluwanua, Kota Palopo, Sulawesi Selatan (Sulsel).

Menurut Lurah Salu Battang, Andi Baso Akbar bahwa sejak awal 2017 pihaknya telah memerintahkan kepada aparatnya di kelurahan untuk melakukan verifikasi data penerima Raskin.

“Sejak Januari 2017 saya sudah mengintruksikan kepada aparat kelurahan di sini, agar bekerjasama dengan para Ketua RT dan RW se Kelurahan Salu Battang untuk memverifikasi ulang data penerima Raskin,” kata Andi Baso saat ditemui di ruang kerjanya baru-baru ini.

Ia menambahkan, setelah verifikasi data dilaksanakan oleh aparatnya, maka tahun ini sebanyak 98 kepala keluarga (KK) di Salu Battang yang diusulkan ke Pemkot Palopo untuk diberikan jata Raskin.

“Intinya setelah verifikasi data kami lakukan, hasilnya dari 75 KK penerima Raskin di Salu Battang pada tahun 2016 lalu, tahun ini mengalami  penambahan sebanyak 23 KK atau menjadi 98 KK yang kami usulkan tahun ini ke Dinas Sosial Kota Palopo,” sebut Andi Baso.

Menurutnya penambahan tersebut terjadi karena beberapa factor antara-lain, adanya sejumlah penduduk pindahan dari luar kota yang secara ekonomis kurang mampu, selain itu juga karena bertambahnya kepala keluarga baru yang kurang mampu atau warga ekonomi lemah yang baru menikah, tandasnya.

Andi Baso menjelaskan pula bahwa perubahan data tersebut wajar, mengingat data yang digunakan selama ini mengacu data tahun 2011 lalu.

Tidak hanya data penerima Raskin yang bertambah di kelurahan itu, akan tetapi data Program Kesejatraan Harapan (PKH) yang mengacu pada data 2013 lalu, juga mengalami peningkatan tahun ini.

“Tahun ini setelah data PKH juga diverifikasi atau dimutahirkan, ternyata ada penambahan pula sebanyak 23 KK yang sebelumnya cuma 11 KK. Jadi total jumlah penerima bantuan PKH di Salu Battang saat ini sebanyak 34 KK,” terangnya.

Untuk diketahui di Kelurahan Salu Battang saat ini terdapat 254 KK dengan total penduduk sebanyak 1.053 jiwa, yang terdiri dari 551 laki-laki dan 502 perempuan.   

Penulis   : William Marthom
Editor     : Zottok

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

.