.

.

Saturday, 6 May 2017

Bupati Wajo Hadiri Pekan Nasional Tani Nelayan XV di Serambi Mekkah

Asisten III Bidang Administrasi Umum Setkab Wajo, Syahruddin mencoba mengoperasikan mesin pemanen padi (hardvester) yang diproduksi PT. PINDAD di Kota Serambi Mekkah, Banda Aceh, Sabtu (6/5/2017)

Pemkab Wajo Bakal Jajaki Kerjasama dengan PT. PINDAD

WAJO, Tabloid SAR- Bupati Wajo, Andi Burhanuddin Unru bersama Komisi II DPRD Kabupaten Wajo dan sejumlah pejabat eselon II lingkup Pemkab Wajo, menghadiri Pekan Nasional Tani Nelayan XV tahun 2017 yang diselenggarakan Kementerian Pertanian Republik Indonesia (Kementan RI) di Stadion Harapan Bangsa, Kota Serambi Mekkah, Banda Aceh, Sabtu (6/5/2017).

Menariknya, di sela-sela kegiatan yang dibuka secara resmi oleh Presiden Jokowi itu, digelar pameran hasil pertanian dan perikanan, serta pameran inovasi teknologi pertanian.

Dalam event yang diselenggarakan sekali dalam tiga tahun tersebut, Asisten III Bidang Administrasi Umum Sekretariat Daerah Kabupaten Wajo, Syahruddin diberi kesempatan mewakili Bupati Wajo Andi Burhanuddin untuk mencoba mengoperasikan mesin penanam biji-bijian dan mesin pemanen padi (hardvester).

Kedua mesin yang diuji-coba oleh Syahruddin saat itu, merupakan inovasi terbaru  yang produksi oleh PT. PINDAD atas kerjasama dengan Kementan RI.

Seusai mencoba mengoperasikan teknologi pertanian terbaru itu, Syahruddin menyatakan, kedepannya Pemkab Wajo akan menjajaki kerjasama dengan PT. PINDAD untuk memproduksi teknologi pertanian modern, guna memenuhi kebutuhan para petani di Wajo.

“Kabupaten Wajo adalah daerah agraris yang terkenal sebagai penghasil gabah terbanyak di Sulawesi Selatan. Petani Wajo juga sangat familiar dengan teknologi pertanian, sehingga mereka dengan mudah mengoperasikan berbagai mesin-mesin pertanian keluaran terbaru,” jelasnya.

Wacana menjalin kerjasama dengan PT. PINDAD untuk memproduksi alat-alat pertanian modern guna memacu produksi dan kesejatraan petani di Kabupaten Wajo itu, mendapat dukungan dari sejumlah anggota Komisi II DPRD Wajo yang ikut dalam rombongan tersebut.

Anggota Komisi II DPRD Wajo, yang mendukung rencana tersebut antara-lain, Asri Jaya A.Latief dan Andi Gusti Makkarodda.

Kedua legislator asal Wajo itu, menyatakan bahwa mereka sangat mendukungan jika Pemkab Wajo akan menjajaki pengadaan alat pertanian modern dengan PT. PINDAD sebagai upaya dalam mengakselerasi hasil produksi pertanian dan pendapatan perkapita petani, serta sebagai solusi peningkatan kesejatraan petani di Kabupaten Wajo.

Dalam acara tersebut, tampak pula mendampingi Bupati Wajo, Kepala Dinas (Kadis) Pertanian Wajo, Ambo Epu dan Kadis Perkebunan Wajo, Baso Cappe, serta  Kadis Pengairan Wajo, Darwin.

Editor : William Marthom

No comments:

Post a Comment

.

.