.

.

.

Rabu, 10 Mei 2017

Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Lutra, Gelar Pelatihan Tata Kelola Bank Sampah

Para peserta tampak serius mengikuti Pelatihan Tata Kelola Bank Sampah yang diselenggarakan Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Lutra di Aula Dinas Pendidikan Lutra, Selasa (9/5/2017)

LUTRA, Tabloid SAR- Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Luwu Utara (Lutra), Sulawesi Selatan, menggelar Pelatihan Tata Kelola Bank Sampah di Aula Dinas Pendidikan Lutra.

Kegiatan tersebut selain di hadiri langsung oleh Ketua Asosiasi Bank Sampah Indonesia, Saharuddin Ridwan, hadir pula para Kepala SKPD, Camat dan Lurah, serta para Kepala Desa se Kabupaten Lutra, Selasa (9/5/2017).

Dalam sambutannya, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Lutra, Buramin Dannu mengatakan bahwa tujuan dari pelatihan ini adalah untuk meningkatkan komitmen dengan seluruh produsen sampah dalam menjaga kelestarian lingkungan hidup.

“Tujuan kegiatan ini adalah untuk mempertegas komitmen kita, bersama seluruh produsen sampah di Lutra. Selain itu, juga untuk menjadikan Bank Sampah sebagai suatu usaha berbasis kemasyarakatan yang bernilai ekonomis,” kata Buramin.

Sementara Plt. Asisten Pemerintahan dan Kesra Kabupaten Lutra, Andi Sarappi yang mewakili bupati membacakan sambutannya.

Dalam sambutanya, Andi Sarappi mengatakan, bahwa pengelolaan sampah di Kabupaten Lutra, secara filosopi sangat jelas dalam program Aslinya (Ambil Sampah Lingkungan Indah dan Nyaman- red).

 “Pemerintah Kabupaten Lutra telah berupaya mendorong program pengelolaan sampah berbasis masyarakat, yakni dengan mendorong potensi di masyarakat untuk mengurangi dan mengelolah sampah dengan penerapan prinsip 3R (REDUCE, REUSE, dan RECYCLE),” ujar Andi Sarapi.

Ia menegaskan bahwa, program ASLINYA diterap dalam upaya mewujudkan LUBAIK (Luwu Utara Bersih, Aman, Indah dan Kemilau- red).

Kegiatan ini dibagi dalam dua sesi. Pada sesi pertama membahas manajemen pengelolaan Bank Sampah Induk dan Bank Sampah Sektor. Sesi tersebut diikuti oleh 31 peserta dari unsur kecamatan, lurah dan desa.

Sedangkan pada sesi ke dua yang dijadwalkan hari ini, Rabu (10/5/2017) akan membahas manajemen pengelolaan Bank Sampah Unit diperkirakan bakal dihadiri sekitar 40 orang peserta dari unsur perwakilan kelompok.

Perwakilan tersebut berasal dari kelompok Bank Sampah, Perwakilan Sekolah, Tim Pengerak PKK, serta Perwakilan Darma Wanita Persatuan Luwu Utara.

Penulis   : Dedhy
Editor     : William Marthom

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

.