.

.

Rubrik

.

Senin, 22 Mei 2017

Rusli Sunali, Menuju Pilkada Luwu 2018, Warga Bastem dan Toraja Mendukung

Bakal Calon Bupati Luwu, Rusli Sunali sedang menyampaikan harapannya di hadapan ribuan warga keturunan Bastem dan Toraja pada acara silaturahim di Padang Sappa, Kecamatan Ponrang, Kabupaten Luwu, Sabtu (20/05/2017).
Ribuan Warga Bastem dan Toraja Tumpah Ruah di Padang Sappa

LUWU, Tabloid SAR- Adapun filosofi leluhur orang Basse Sangtempe (Bastem) yang berbunyi “Basse Sangtempe Padang Sangwaian Sangtirodoan Tinting Santirimbakan Pajo-Pajo Sanginnonian La'pa-La’pa, Mesa' Kada di Potuo Pantan Kada di Pomate.” Sepertinya kembali menggema nyaring untuk berupaya menembus atmosfir alam demokrasi menjelang Pilkada Luwu 2018 mendatang.

Hal tersebut, sehingga dijadikan pula sebagai sumber spirit dan motivasi bagi kurang lebih tiga ribuan warga dari rumpun keturunan Bastem dan Toraja, untuk menyikapi perhelatan politik Pilkada Serentak 2018 nantinya. Pada gilirannya, berkumpul untuk menjalin tali silaturahim, pada Sabtu (20/05/2017) di Padang Sappa, Kecamatan Ponrang, Kabupaten Luwu, Sulawsi Selatan (Sulsel).

Di mana acara silaturahim yang digelar oleh warga dari kedua rumpun tersebut di Padang Sappa, tak lain untuk mengapresiasi salah satu tokoh pemudanya yang bernama Rusli Sunali. Selama ini, Rusli Sunali telah di kenal malang melintang sebagai politisi Partai Persatuan Pembangunan (P3) dan juga tampil menjadi anggota DPRD Kabupaten Luwu dua periode hingga saat ini.

Jadi melalui acara silaturahim ini, tentunya pula sangat diharapkan untuk dapat menjadi lokomotif politik yang mampu meraih simpatisan yang semakin signifikan dari ruang publik. Sekaligus dijadikan sebagai dukungan aspirasi, dan juga diharapkan menjadi sebuah kekuatan untuk “Bergerak Bersama Rakyat” menuju Pilkada Luwu 2018 mendatang.

Pasalnya, bahwa warga atau rumpun keturunan masyarakat Bastem dan Toraja di Kabupaten Luwu ini, merupakan sebuah komunitas yang memiliki potensi politik yang sangat patut diandalkan untuk dapat menentukan arah mengenai angin perpolitikan pada tampuk kepemimpinan di daerah yang dijuluki Bumi Saweringading ini.

Jadi adanya ribuan warga yang tumpah ruah di Padang Sappa tersebut, tampak dihadiri sejumlah tokoh adat Banua A’pa’ Tongkonan Annan Pulona (para To Parengnge’- red), tokoh agama Islam dan Kristen, tokoh masyarakat, tokoh pemuda, tokoh wanita, aktivis LSM dan para mahasiswa keturunan Bastem, termasuk tokoh-tokoh dari warga rumpun Toraja.

Mereka hadir dengan komitmen yang sama untuk mengangkat derajat, martabat dan harga diri Bastem dan Toraja pada umumnya, melalui semangat kebersamaan untuk memberikan dukungan secara totalitas terhadap Bakal Calon (Balon) Bupati Luwu, Rusli Sunali, supaya terus maju untuk bertarung pada Pilkada Luwu 2018 mendatang.

Meskipun kiprah politik tokoh pemuda Bastem yang satu ini adalah berbasis Partai Islam, tapi justru tidak dipermasalahkan oleh warga Bastem dan Toraja yang sifatnya berlatarbelakang kemajemukan agama.

Ribuan warga keturunan Bastem dan Toraja menghadiri acara silaturahim yang digelar di Padang Sappa, Kecamatan Ponrang, Kabupaten Luwu, Sabtu (20/05/2017). Massa yang hadir meluber sampai di jalanan, sebagai bentuk antusiasme mereka dalam mendukung Rusli Sunali menuju Pilkada Luwu pada tahun 2018 mendatang.

Mengenai alasan yang paling mendasar atas berkumpulnya ribuan warga Bastem dan Toraja di Padang Sappa beberapa waktu lalu, sebab ingin melihat wilayah Bastem Raya yang masih sangat tertinggal hingga sekarang ini, supaya ke depan tidak lagi terdiskriminasi dalam ranah kebijakan pembangunan.

Mereka pun sadar bahwa untuk semakin mengakselerasi kemajuan pembangunan di wilayah Bastem Raya ke depan, hanya dapat diwujudkan jika ada orang Bastem tampil di atas tampuk kepemimpinan Kabupaten Luwu, pada periode 2018-2023 mendatang.

Olehnya itu, maka melalui silaturahim yang pertamanya di Padang Sappa, pada gilirannya mendorong warga Bastem termasuk warga Toraja, sehingga kembali memaknai filosofi warisan leluhur mereka, untuk digunakan sebagai spirit dan motivasi dalam menjalin semangat kebersamaan, demi mengantarkan salah satu putra terbaiknya untuk menuju Pilkada Luwu 2018 akan datang.

Untuk diketahui bahwa yang dimaksud wilayah Bastem Raya, meliputi Kecamatan Bastem (Induk) dan Kecamatan Bastem Utara (Bastura) serta Kecamatan Latimojong adalah juga bagian dari Suku Toraja.

Sebagaimana diketahui, bahwa di mana ketiga wilayah kecamatan ini, merupakan satu kesatuan yang tak terpisahkan dari lingkup wilayah adat Bastem, sehingah sekarang ini kerap pula disebut Bastem Raya dan sangat kental berlatarbelakang etnis sebagai suku Toraja.

Terlebih Rusli Sunali, tidak hanya memiliki garis keturunan dari Bastem, akan tetapi juga memiliki garis keturunan dari Toraja. Maka hal inilah sehingga kedua rumpun keluarga tersebut, mendukungnya untuk maju bertarung pada Pilkada Luwu 2018 mendatang.

Adapun potret tentang acara silaturahim warga Bastem yang digelar di Padang Sappa yang lalu, sebagaimana yang dikemas dalam bentuk sebuah dukungan pernyataan sikap terhadap Balon Rusli Sunali, untuk menuju Pilkada Luwu 2018. Tampak disesaki ribuan hadirin, menurut hasil liputan langsung Tabloid SAR pada kegiatan tersebut.

Penulis   : Abdul Rahman
Editor     : Ories

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

.